Taufik Hidayat Buka Kans Melenggang ke Senayan

Taufik meraih suara kedua terbanyak di Gerindra

Jakarta, IDN Times - Legenda hidup bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat meraup suara besar dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Mencalon diri jadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat II, dia menempati posisi kedua capaian suara tertinggi di Partai Gerindra saat ini.

Peraih medali emas Olimpiade Athena itu berpeluang besar menembus Senayan pada periode 2024-2029.

Taufik sendiri menjadi satu dari tiga legenda bulu tangkis yang ikut berkontestasi dalam Pemilu 2024 sebagai calon anggota DPR RI.

1. Taufik nomor dua di Gerindra Jawa Barat II

Taufik Hidayat Buka Kans Melenggang ke SenayanJadi Caleg DPR RI, Taufik Hidayat Siap Menangkan Prabowo-Gibran (IDN Times/istimewa)

Berdasarkan data KPU pada 20 Februari 2024 pukul 12.00 WIB, Taufik Hidayat menempati posisi kedua caleg dengan raihan suara terbanyak Partai Gerindra di dapil Jawa Barat II. Dapil itu meliputi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Taufik mengantongi 25.080 suara sampai saat ini. Perolehan suaranya hanya kalah dari Rachel Maryam Saydina yang ada di posisi pertama dengan raihan 30.566 suara.

Suara yang masuk di KPU sampai saat ini baru sekitar 39,99 persen, dengan rincian berasal dari 6.447 dari 16.122 TPS.

Baca Juga: Nyaleg DPR RI, Taufik Hidayat Minta Restu Masyarakat Pangalengan

2. Bukan satu-satunya legenda bulu tangkis yang nyaleg

Taufik Hidayat Buka Kans Melenggang ke SenayanHariyanto Arbi di GOR Djarum Jati, Kudus (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Taufik Hidayat bukan satu-satunya legenda bulu tangkis Indonesia yang ikut nyaleg. Hariyanto Arbi dan Icuk Sugiarto juga turut mencoba peruntungan untuk melenggang ke Senayan.

Hariyanto Arbi mendaftar sebagai caleg DPR RI dapil DKI Jakarta III melalui PSI. Arbi mengantongi 2.354 suara hingga saat ini.

Dia masuk di empat besar peraih suara terbanyak di PSI untuk DKI Jakarta III. Sementara, posisi pertama diisi Grace Natalie Louisa dengan 38.021 suara.

Satu lagi legenda tunggal putra yang ikut nyaleg adalah Icuk Sugiarto. Juara Dunia 1983 ini mengincar kursi di DPR RI dari dapil DKI Jakarta II. Icuk mengantongi 2.726 suara dari partai Hanura.

3. Ada sedikitnya 20 mantan atlet yang nyaleg

Taufik Hidayat Buka Kans Melenggang ke SenayanTaufik Hidayat (kiri) dan Lee Chong Wei (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Pemilu 2024 jadi kontestasi politik yang cukup diminati mantan atlet Indonesia. Setidaknya ada 20 mantan pahlawan olahraga tanah air yang ikut menjadi calon anggota legislatif (caleg), baik di tingkat DPRD Kota/Kabupaten, DPRD Provinsi, hingga DPR RI. 

Eks pesepak bola tercatat jadi yang terbanyak dari daftar atlet yang ikut nyaleg kali ini. Sementara itu, di cabang olahraga bulu tangkis juga ada legenda Indonesia yang ikut kontestasi politik ini juga.

Baca Juga: Daftar Mantan Atlet yang Nyaleg di Pemilu 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya