Target Asian Qualifier 2023, FPTI: Yang Penting Ranking Naik

Tim combine Indonesia tak didesak tembus Paris 2024

Jakarta, IDN Times - Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid, blak-blakan soal target tim combine (bolder and lead) Indonesia di Kualifikasi Zona Asia (Asian Qualifier) 2023 untuk Olimpiade 2024 Paris mendatang.

Bagi Yenny, yang terpenting adalah para atlet bisa menaikkan peringkat mereka di ajang ini. Sebanyak dua tiket menuju Olimpiade 2024 Paris diperebutkan di Asian Qualifier untuk nomor combine, yakni masing-masing satu untuk wakil putra dan putri.

1. Yang penting naik ranking

Target Asian Qualifier 2023, FPTI: Yang Penting Ranking NaikKetua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid di Asian Qualifier 2023 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Tiga atlet putra dan tiga atlet putri nomor combine Indonesia ikut mentas di Asian Qualifer 2023. Yenny mengatakan skuadnya akan berusaha sekuat tenaga bisa menjadi juara di kandang sendiri.

Namun demikian, tugas utama skuad combine Indonesia, menurut Yenny, bukan meraih medali melainkan menaikkan ranking.

“Kalau bisa menang alhamdulilah, tapi minimal ranking mereka naik dulu,” kata Yenny ditemui di GBK pada Kamis (9/11/2023).

Baca Juga: Tim Panjat Tebing Indonesia Dominan di Asian Games 2022

2. Banyak PR untuk atlet di nomor combine

Target Asian Qualifier 2023, FPTI: Yang Penting Ranking NaikKualifikasi zona Asia (Asian Qualifier) 2023 di Jakarta, Indonesia (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Yenny menyadari Asian Qualifier akan menjadi ajang perebutan tiket Olimpiade 2024 Paris bagi sebagian besar pemanjat terbaik Asia. Tanpa mengecilkan timnya, Yenny menegaskan Olimpiade 2024 Paris bukan menjadi target utama tim combine Indonesia.

FPTI disebut Yenny menargetkan tim combine Indonesia bisa bersaing dan meraih medali di Olimpiade 2028 Los Angeles mendatang.

“Seperti yang kita tahu, untuk atlet lead dan bolder kita, PR kita masih besar nih. Masih Olimpiade 2028 LA. Sekarang fokus kita dalah menaikkan peringkat dulu,” kata Yenny.

3. Tampil di depan publik sendiri

Target Asian Qualifier 2023, FPTI: Yang Penting Ranking NaikKualifikasi zona Asian (Asian Qualifier) 2023 di Jakarta, Indonesia (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Meski demikian, Yenny mengatakan menggelar Asian Qualifier di Indonesia merupakan bagian dari strategi meningkatkan peringkat para pemanjat tanah air. Sebab, menurutnya para atlet kerap mendulang hasil terbaik saat tampil di Jakarta atau sebagai tuan rumah.

Buktinya pada Piala Dunia Panjat Tebing seri Jakarta 2023 lalu. Raharjati Sursamsa meraih emas dan Kiromal Katibin meraih medali perunggu di nomor speed putra.

Sementara di nomor speed putri, Desak Made Rita Kusuma Dewi berhasil meraih medali perak.

“Dari pengalaman kita beberapa kali sih, atlet kita selalu medali emas kalau main di Jakarta. Kita berharap itu bisa mereka ulangi lagi,” kata Yenny.

Baca Juga: Atlet Panjat Tebing Asia Berebut Tiket Olimpiade di Jakarta

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya