Sosok Kuat Zhang Zhi Jie di Mata Fans Indonesia

Zhang Zhi Jie wafat di Yogyakarta

Jakarta, IDN Times - Wafatnya Zhang Zhi Jie tidak hanya menjadi duka untuk penggemar bulu tangkis China, tapi juga Indonesia. Talenta muda Negeri Tirai Bambu itu diketahui memiliki sejumlah penggemar di Indonesia.

Salah seorang penggemar Zhang Zhi Jie mengungkapkan duka citanya di X. Akun berinisial N bahkan sempat berniat memberikan surat dukungan semangat untuk Zhi Jie.

1. Kesan baik yang ditinggalkan Zhi Jie

Sosok Kuat Zhang Zhi Jie di Mata Fans IndonesiaIlustrasi Bulu Tangkis (Instagram.com/bwf.official)

N sejatinya akan menonton langsung penampilan Zhi Jie di lapangan. Di mata N, sosok Zhi Jie merupakan atlet muda yang kuat. Beragam capaian Zhi Jie, utamanya dua tahun terakhir, ikut dibanggakan penggemarnya.

"Zhijie anak hebat yang selalu jadi kebanggaan jiejie. Masih banyak yang pengen aku ceritain tentang anak hebat ini," tulis sang penggemar.

Penggemar Zhi Jie asal Indonesia tersebut sebenarnya sudah menyiapkan bingkisan untuk idolanya. Dalam unggahannya, hand banner wajah Zhi Jie dan sejumlah gantungan kunci, boneka, juga pigura bergambar karakter Zhi Jie yang dikartunkan sudah disiapkan.

Tak lupa sepucuk surat dituliskan untuk idolanya. Dalam suratnya, penggemar mengatakan kerap ikut berhabagia atas capaian Zhi Jie dan akan selalu mendukung Zhi Jie.

2. Catatan capaian apik Zhang Zhi Jie

Sosok Kuat Zhang Zhi Jie di Mata Fans IndonesiaIlustrasi Bulu Tangkis (Instagram.com/bwf.official)

Zhi Jie merupakan salah satu talenta bulu tangkis terbaik yang dimiliki China. Ini terlihat dari sederet capaian yang sudah ditorehkannya beberapa tahun terakhir.

Zhi Jie berhasil keluar sebagai runner up di German Junior 2024 usai kalah 13-21, 21-16, 16-21 melawan rekan senegaranya, Wang Zi Jun.

Sebelumnya, Zhi Jie menjadi juara di Dutch Junior International 2024 setelah menangkan laga rubber game dengan skor 21-10, 11-21, 21-13 atas Hu Zhe An (China).

Salah satu capaian terbaik Zhi Jie dalam kariernya adalah saat menjuarai Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Junior U-17 pada 2023 lalu.

3. Zhang Zhi Jie wafat di Yogyakarta

Sosok Kuat Zhang Zhi Jie di Mata Fans IndonesiaTunggal putra muda China, Zhang Zhi Jie (X.com/OmaGillClarck)

Zhang Zhi Jie meninggal dunia saat mengikuti Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Junior (BAJC) 2024 yang berlangsung di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Zhi Jie masuk dalam skuad China melawan Jepang kala itu.

Kejadian bermula saat Zhi Jie turun di partai ketiga kontra tunggal putra Jepang, Kazuma Kawano. Jepang dan China dalam posisi imbang 1-1.

Zhi Jie menjalani pertandingan hingga kedudukan imbang 11-11. Lalu, Zhi Jie tiba-tiba mengalami kejang dan tak lama ambruk di lapangan.

Zhi Jie mendapat pertolongan dari tim medis dan dilarikan ke rumah sakit. Sementara itu, laga berakhir dengan status Zhi Jie retired dari pertandingan.
Dalam keterangan resmi, Zhi Jie dinyatakan meninggal dunia pada pukul 23.20 waktu setempat pada Minggu, 30 Juni 2024.

Baca Juga: Kronologi Pebulu Tangkis China Zhang Zhi Jie Meninggal

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya