Sesal Mathias Christiansen Terpaksa Mundur dari Olimpiade 2024

Mundur karena keteledoran sendiri

Intinya Sih...

  • Mathias Christiansen mundur dari Olimpiade 2024 karena kesalahan dalam mengisi whereabout terkait doping sebanyak tiga kali.
  • Keteledoran Christiansen juga membuat pasangan mainnya, Alexandra Boje, terpaksa mundur dari ajang bergengsi tersebut.
  • Christiansen mengaku tidak mau menimbulkan keributan dan memilih mundur untuk tidak mengganggu tim nasional Denmark dan atlet Olimpiade lainnya.

Jakarta, IDN Times - Mathias Christiansen mengambil keputusan besar jelang Olimpiade 2024. Dia memutuskan mundur dari perhelatan olahraga akbar empat tahunan tersebut.

Keputusan ini otomatis membuat status Mathias Christiansen/Alexandra Boje mundur dari turnamen. Keputusan ini diambil lantaran keteledoran Christiansen melakukan kesalahan dalam mengisi whereabouts terkait doping sebanyak tiga kali.

"Saya terpukul karena kecerobohan dan keteledoran saya menyebabkan kami harus melewatkan apa yang semestinya menjadi momen penting dalam karier kami," kata Christiansen mengutip Badminton Europe pada Rabu (17/7/2024).

Baca Juga: Gegara Teledor, Mathias Christiansen Mundur dari Olimpiade

1. Merasa bersalah pada Alexandra Boje

Sesal Mathias Christiansen Terpaksa Mundur dari Olimpiade 2024Mathias Christiansen/Alexandra Boje (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Tak hanya terpukul karena tak jadi tampil di Paris 2024, Christiansen juga menyesal karena perbuatannya berdampak buruk bagi orang lain. Ya, keteledoran Christiansen membuat pasangan mainnya, Alexandra Boje juga terpaksa mundur dari ajang paling bergengsi tersebut.

"Saya lebih terpukul lagi karena itu artinya Alexandra tidak bisa bermain di Olimpiade. Kami sudah berlatih intensif dan sangat menantikan untuk berkompetisi di Paris," kata Christiansen.

Baca Juga: Jelang Olimpiade, Jonatan Christie dan Ginting Matangkan Strategi

2. Christiansen tak mau timbulkan keributan

Sesal Mathias Christiansen Terpaksa Mundur dari Olimpiade 2024Mathias Christiansen/Alexandra Boje (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Keteledoran Christiansen membuatnya berpotensi mendapat sanksi berat dari lembaga antidoping. Dia bisa diskors dan harus melakukan karantina.

Christiansen tak mau menimbulkan keributan bagi timnya dan olahraga bulu tangkis di panggung Olimpiade.

"Saya tidak mau mengambil risiko keikutsertaan saya menimbulkan keributan yang tidak perlu dan juga mengganggu tim nasional (Denmark) dan atlet Olimpiade lainnya, karena itu saya memilih mundur," kata Christiansen.

Whereabouts sejatinya harus diisi dengan baik oleh seluruh atlet untuk keperluan doping. Dengan data tersebut, petugas dapat datang sewaktu-waktu untuk melakukan tes doping kepada para atlet.

Baca Juga: Fajar/Rian Diingatkan Tak Remehkan Lawan di Olimpiade 2024

3. Berharap bisa comeback stronger

Sesal Mathias Christiansen Terpaksa Mundur dari Olimpiade 2024Ganda campuran Denmark, Mathias Christiansen/Alexandra Boje. (bwfbadminton.com)

Christiansen mengaku hanya bisa menunggu soal apa yang akan terjadi dengan kasusnya. Dia berharap masih punya jalan yang panjang di bulu tangkis.

"Selama ini berlanjut, saya hanya ingin punya kedamaian dan ketenangan untuk mencari cara menciptakan fondasi baik untuk karier bulu tangkis saya kedepannya," kata Christiansen.

Mundurnya Christiansen/Boje memastikan hanya akan ada 15 ganda campuran dunia yang berlaga di Olimpiade 2024 Paris.

Baca Juga: PBSI: Kami Siap Jadi Pahlawan Olimpiade, Bukan Memburu Bonus

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya