Sejarah, China Kunci Emas e-Sports Pertama di Asian Games

E-Sports baru resmi dipertandingkan dalam perebutan medali

Jakarta, IDN Times - Sejarah tercipta di Asian Games 2022, Hangzhou. Untuk pertama kalinya, medali emas keluar dari cabang olahraga e-Sports.

Adalah China yang berhasil menggondol emas pertama dari e-Sports. Itu setelah kontingen Negeri Tirai Bambu mengalahkan Malaysia dengan skor 2-0 dalam nomor Arena of Valor versi Asian Games 2022, Selasa (26/9/2023).

1. Bikin sensasi di Asian Games 2022

Sejarah, China Kunci Emas e-Sports Pertama di Asian GamesIlustrasi. Replika medali Asian Games (ANTARA FOTO/INASGOC/Widodo S Jusuf)

Kehadiran e-Sports memang membuat sensasi di China. Sebab, anak-anak muda berduyun-duyun datang demi menonton para pro player beraksi.

"Ini adalah medali emas pertama Esports di Asian Games dan datang dari nomoe Arena of Valor Asian Games version yang membuat kemenangan ini sangat bermakna," ujar salah satu anggota tim China yang meraih emas,Luo Siyuan, mengutip Inside the Games.

2. Sempat dipertandingkan di Indonesia

Sejarah, China Kunci Emas e-Sports Pertama di Asian Gameswww.arenaofvalor.com

Sebenarnya, e-Sports sempat dipertandingkan sebagai ajang eksibisi di edisi 2018 silam. Baru kali ini, e-Sports dipertandingkan secara resmi dan memperebutkan medali.

Karena semakin diminati, akhirnya cabor satu ini diangkat secara resmi. Tak hanya pada level regional seperti Asian Games, cabor e-Sports bahkan punya mimpi bisa menjadi bagian dalam perhelatan Olimpiade nantinya.

3. Posisi China di klasemen Asian Games 2022

Sejarah, China Kunci Emas e-Sports Pertama di Asian GamesAtlet tenis meja China, Sun Yingsha di Asian Games 2022 Hangzhou (https://hangzhou2022.cn/)

China tampil dominan di kandang sendiri pada Asian Games 2022 Hangzhou. China menempati peringkat satu klasemen medali Asian Games 2022 dengan total 99 medali per Rabu (27/9/2023) pukul 09.45 WIB.

China mengantongi 56 medali emas, 30 perak, dan 13 perunggu. Posisi China dikejar Korea Selatan di peringkat dua yang mengantongi 51 medali (15 emas, 16 perak, dan 20 perunggu).

Baca Juga: Proyeksi Medali Indonesia di Asian Games 2022, dari Mana Nih?

Baca Juga: Target Wushu Indonesia Tercapai di Asian Games 2022, Tradisi Terjaga

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya