Saingan Jonatan Christie di Olimpiade 2024 Berkurang, Cordon Mundur

Kevin Cordon alami cedera

Intinya Sih...

  • Kevin Cordon mundur dari Olimpiade 2024 Paris akibat cedera pada siku kirinya setelah kalah melawan Lakshya Sen.
  • Mundurnya Kevin Cordon mempengaruhi peluang Jonatan Christie untuk lolos dari fase grup karena saingannya berkurang.
  • Dengan mundurnya Cordon, Jojo hanya butuh satu kemenangan lagi untuk lolos dari fase grup tunggal putra di Olimpiade 2024 Paris.

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra Guatemala, Kevin Cordon, memutuskan mundur dari Olimpiade 2024 Paris. Dia mundur akibat cedera yang dialami dan tak mungkin melanjutkan turnamen di Paris.

Keputusan Cordon berpengaruh langsung kepada tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. Sebab, mundurnya Kevin memastikan saingan Jonatan di fase Grup L berkurang.

1. Siku kiri Cordon bermasalah

Saingan Jonatan Christie di Olimpiade 2024 Berkurang, Cordon MundurKevin Cordon di Olimpiade 2020 Tokyo (https://bwfbadminton.com)

Cordon mengalami cedera pada siku kirinya. Diduga, cedera itu muncul usai duel melawan tunggal India, Lakshya Sen.

Memang, performa Cordon saat melawan Lakshya tak terlalu prima. Dalam duel yang digelar pada Sabtu (27/7/2024) Cordon kalah 8-21, 20-22. Sialnya buat Lakshya, poin pertandingan ini dihapuskan karena sesuai dengan aturan BWF.

"Sesuai Peraturan Kompetisi Umum BWF untuk penyisihan grup, hasil seluruh pertandingan yang telah dimainkan, atau belum dimainkan, melibatkan Cordon di Grup L kini dihapus," tulis BWF dalam pernyataan resminya.

Baca Juga: Mark Lamsfuss Mundur dari Olimpiade, Poin Kemenangan Fajar/Rian Hangus

2. Jonatan butuh satu kemenangan lagi

Saingan Jonatan Christie di Olimpiade 2024 Berkurang, Cordon MundurJonatan Christie di Olimpiade 2024 Paris (dok.NOC Indonesia/Naif Muhammad Al’as/Canon Indonesia)

Dengan mundurnya Cordon, peluang Jojo untuk lolos dari fase grup kian besar. Sebab, pesaingnya kini berkurang satu.

Jojo sudah menang atas tunggal Belgia, Julien Carraggi dengan skor 18-21, 21-11, 21-16. Kini, Jojo tinggal butuh satu kemenangan lagi yakni atas Lakshya.

3. Kevin Cordon dan kenangan Olimpiade

Saingan Jonatan Christie di Olimpiade 2024 Berkurang, Cordon MundurKevin Cordon di Olimpiade 2020 Tokyo (https://bwfbadminton.com)

Cordon punya cerita panjang dengan Olimpiade. Dia tercatat jadi atlet Guatemala yang sudah turun dalam lima edisi Olimpiade yakni 2008 Beijing, 2012 London, 2016 Rio de Janeiro, 2020 Tokyo, dan 2024 Paris.

Salah satu capaian terbaiknya adalah pada edisi 2020 Tokyo lalu, karena Cordon melaju hingga semifinal. Saat itu, Cordon gugur karena kalah dari Viktor Axelsen (Denmark) dengan skor 18-21, 11-21. Cordon kemudian berduel melawan wakil Indonesia Anthony Sinisuka Ginting di perebutan perunggu dan kalah 11-21, 13-21.

Baca Juga: Jonatan Christie Kunci Kemenangan Pertama di Olimpiade

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya