Rizki Juniansyah Ikut Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Rizki didampingi Ketua IKOI Raja Sapta Oktohari

Jakarta, IDN Times - Atlet angkat besi Indonesia yang tengah naik daun, Rizki Juniansyah, mengikuti upacara peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu (17/8/2024). Rizki merupakan peraih medali emas untuk Indonesia dari Olimpiade 2024 Paris.

Berdasarkan pantauan IDN Times, Rizki tampak sudah berada di IKN sejak Sabtu pagi. Rizki mengenakan jaket timnas Indonesia yang sama saat dipakai ketika naik podium Olimpiade 2024 Paris.

Tampak pula hadir Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, dan Chef de Mission (Cdm) kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2024 Paris, Anindya Bakrie.

Rizki berhasil melakukan total angkatan 354kg dengan rincian 155kg snatch dan 199kg clean and jerk, sehingga dinyatakan berhak atas medali emas Olimpiade 2024 Paris nomor 73kg putra. Ini sekaligus jadi medali emas Olimpiade pertama dari angkat besi Indonesia.

Medali emas ini sejak awal dipersembahkan Rizki sebagai kado HUT Kemerdekaan RI ke-79.

"Alhamdulillah saya sangat bersyukur kepada Allah SWT bisa buat sejarah medali emas pertama untuk angkat besi di Olimpiade. Ini untuk angkat besi Indonesia. Terima kasih semua yang membantu dan memberikan support baik dari masyarakat, Pak Rosan, Joko Pramono, Pelatih, keluarga, CdM Anin, Raja Sapta Oktohari, Menpora, keluarga di Serang dan Banten, Buldog Gym, bapak angkat saya. Saya tidak bisa menyebutkan satu per satu. Terima kasih, ini untuk HUT RI ke-79," kata Rizki dalam keterangan tertulis, Jumat, 9 Agustus 2024.

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Peringatan HUT RI digelar di dua tempat, Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Kepresidenan Jakarta.

Namun, upacara peringatan HUT ke-79 RI hanya digelar di IKN. Ini merupakan kali pertama upacara 17 Agustus digelar di IKN.

Prosesi Kirab Bendera Sang Merah Putih dan Naskah Proklamasi dimulai pukul 09.15 WIB. Sedangkan upacara bendera dimulai pukul 10.00 WIB, ditandai dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi inspektur upacara di IKN. Jokowi ditemani presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri peringatan HUT RI di Istana Kepresidenan Jakarta. Ma'ruf ditemani wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: 5 Potret Penampakan Jelang Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya