Rifda Irfanaluthfi Tahan Sakit demi Tampil di Olimpiade 2024

Terima kasih, Rifda

Jakarta, IDN Times - Atlet senam Indonesia, Rifda Irafanluthfi menuntaskan tugasnya tampil di Olimpiade 2024 Paris. Sayang, Rifda harus tampil dalam kondisi cedera di nomor all around pada Minggu (28/7/2024).

Perjalanan Rifda tak mudah. Dia harus berlaga menahan sakit akibat cedera di bagian meniskus dan ACL. Namun, semuanya dilakukan Rifda demi menuntaskan tugas sebagai pesenam putri Indonesia pertama yang mentas di Olimpiade.

Rifda yang sejatinya tampil di nomor All Around hanya mampu memainkan satu dari empat alat yang wajib dicobanya. Rifda main di palang bertingkat dan mencatatkan 9,166 poin.

1. Sempat jalani operasi meniskus

Rifda Irfanaluthfi Tahan Sakit demi Tampil di Olimpiade 2024Rifda Irfanaluthfi tampil di Olimpiade 2024 Paris (Instagram.com/figymnastics)

Rifda mengalami cedera usai tampil di World Championship lalu. Dari ajang itu pula, Rifda mendapat kesempatan lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

Rifda mengaku sudah menjalani operasi di bagian meniskus. Namun, cedera ACL-nya belum dilakukan tindakan operasi demi tampil di Olimpiade.

Rifda kemudian menjalani rehabilitasi, terapi, penguatan, latihan seperti biasa, bulan lalu ia bisa memainkan semua gerakan di semua alat.

Baca Juga: [QUIZ] Berdasar Karakter di SpongeBob SquarePants, Ini Cabor di Olimpiade Paris 2024 yang Bakal Kamu Ikuti

2. Jalan tak mudah untuk Rifda

Rifda Irfanaluthfi Tahan Sakit demi Tampil di Olimpiade 2024Atlet senam Indonesia, Rifda Irfanaluthfi (dok.NOC Indonesia)

Mimpi buruk menimpa Rifda. Tiga minggu jelang keberangkatannya ke Paris, Rifda kembali cedera. Lututnya bengkak dan kondisi ini membuat Rifda sempat stres.

Disebutkan, tiga hari jelang keberangkatannya, kondisi Rifda membaik. Dia bahkan sempat mampu bermain di empat alat, sesuai dengan rencana pelatih.

Lagi-lagi, cedera menimpa Rifda. Saat menjalani latihan kedua, Rifda mengalami cedera.

Tiga hari jelang keberangkatan, kondisinya sudah bagus, bahkan bisa main di empat alat sesuai rencana pelatih. Namun, sampai di Paris, tepatnya di sesi latihan kedua ia kembali mengalami cedera.

Bahkan, saat turun bertanding hari ini pun, Rifda harus dibantu pelatihnya, Eva Novalina saat posisi naik dan mendarat di palang bertingkat.

"Rasanya berat banget karena untuk bisa sampai di Olimpiade ini perjalanannya tidak mudah dan panjang sekali. Latihan keras dengan menahan rasa sakit, up and downs rasanya berat banget. Saya berharap bisa tampil di empat alat, tapi cedera lagi, dari nol lagi, bisa tiga alat lagi cedera lagi, sampai tampil di palang bertingkat saja tadi," kata Rifda mengutip keterangan tertulis.

3. Belum menentukan langkah selanjutnya

Rifda Irfanaluthfi Tahan Sakit demi Tampil di Olimpiade 2024Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari, Atlet senam Indonesia, Rifda Irfanaluthfi dan Ketum PB Persani Ita Yuliati (dok.NOC Indonesia)

Rifda belum menentukan langkah selanjutnya. Termasuk soal kemungkinan pensiun sebagai atlet akibat cedera yang dialaminya.

"Saya mau merasakan vibes Olimpiade dulu. Mungkin saya operasi, mungkin juga tidak. Apa saya mau pensiun atau mau lanjut jadi atlet," kata Rifda.

Rifda mengaku merasa sedikit lebih lega setelah menuntaskan tugasnya tampil di Olimpiade 2024 Paris.

"Sekarang rasanya lebih tenang, saya sudah bisa membuktikan bisa tampil di Olimpiade. Saya senang bisa menahan rasa sakit sampai kompetisi selesai," kata Rifda.

Baca Juga: Rifda Irfanaluthfi, Pesenam Penuh Prestasi yang Tembus Olimpiade 2024

Baca Juga: Pesenam Indonesia Rifda Irfanaluthfi Lolos Olimpiade 2024

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya