Polemik Pesenam Putri Amerika Harus Kembalikan Medali Olimpiade

Wakil Rumania disebut berhak atas perunggu

Intinya Sih...

  • Pesenam AS Jordan Chiles harus mengembalikan medali perunggu Olimpiade 2024 Paris setelah gugatan Rumania diterima oleh CAS.
  • Komite Olimpiade Rumania menilai Jordan melewati batas waktu tampil dalam pertandingan, sehingga hasil laga harus dianulir.
  • Medali perunggu akhirnya diberikan kepada wakil Rumania, Ana Barbosu.

Jakarta, IDN Times - Pesenam putri Amerika Serikat, Jordan Chiles tak bisa lama-lama menikmati keberhasilannya meraih medali perunggu di Olimpiade 2024 Paris. Jordan terpaksa harus mengembalikan medali perunggu yang diraihnya dari nomor floor exercise.

Ini sesuai dengan keputusan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) soal hasil penyelidikan terkait dalam pertandingan yang digelar sepanjang Olimpiade 2024.

1. Rumania menangkan gugatan

Polemik Pesenam Putri Amerika Harus Kembalikan Medali OlimpiadeSimone Biles dan Jordan Chiles di Olimpiade 2024 Paris (Instagram.com/teamusa)

Semua bermula ketika Komite Olimpiade Rumania melayangkan gugatan terhadap penampilan Jordan di Olimpiade 2024. Mereka menilai, Jordan sudah melewati batas waktu tampil dalam pertandingan, yakni selama empat detik.

BBC melansir, permohonan itu diterima CAS. Lewat peninjauan, CAS menilai gugatan Rumania terbukti benar dan akhirnya hasil laga harus dianulir.

Hingga, Federasi Senam Internasional (FIG) mengonfirmasi medali perunggu diberikan kepada wakil Rumania, Ana Barbosu.

2. Sudah ruwet sejak awal

Polemik Pesenam Putri Amerika Harus Kembalikan Medali OlimpiadeMedali Olimpiade Paris 2024 (olympics.com)

Pertandingan floor exersice memang sudah ruwet dari awal. Ketika berlaga, Jordan sebenarnya sudah tertinggal dari Barbosu dalam urusan poin.

Awalnya, Jordan cuma meraih 13.666 poin, sementara Barbosu mengunggulinya hingga 34 angka dan sempat berada di posisi ketiga.

Kondisi ini membuat pelatih Jordan, Cecile Landi, protes dan meminta juri meninjau ulang hasil sesuai dengan tingkat kesulitan. Hingga, Jordan diberikan tambahan nilai oleh juri menjadi 13.766.

Di sinilah awal dari kekesalan staf Rumania. Mereka akhirnya mengajukan banding ke CAS dan membuat Jordan harus kehilangan perunggu karena terbukti melewati batas waktu tampil. 

3. Simpati dari rekan setim

Polemik Pesenam Putri Amerika Harus Kembalikan Medali OlimpiadeBagian belakang Medali Olimpiade Paris 2024 (olympics.com)

Insiden ini membuat rekan-rekan satu tim Jordan, Simone Biles, Jade Carey, Sunisa Lee, dan Hezly Rivera, yang sempat meraih emas di nomor beregu putri, melayangkan simpatinya. Menurut mereka, Jordan tak salah. Semua, menurut rekan-rekan Jordan, terjadi karena adanya kesalahan dalam sistem dalam proses penilaian.

"Mengirim banyak cinta untukmu, Jordan. Pertahankan semangatmu, juara Olimpiade. Kami mencintaimu," ujar Simone mengutip BBC.

"Semua membicarakan atlet, bagaimana dengan juri? Benar-benar tidak dapat diterima, ini buruk sekali dan saya sedih untuk Jordan," timpal Sunisa.

Baca Juga: Amerika Serikat Juara Umum Olimpiade 2024, Indonesia di Mana?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya