Pelatih Akui Performa Fajar/Rian Tak Maksimal

Evaluasi penampilan Fajar/Rian di China Open 2024

Intinya Sih...

  • Penampilan Fajar/Rian di China Open 2024 tak maksimal, terhenti di perempat final setelah kalah dari wakil Malaysia.
  • Thomas Indratjaja mengungkapkan bahwa kondisi Fajar/Rian belum kembali seperti semula setelah Olimpiade 2024 Paris.
  • Meskipun demikian, posisi Fajar/Rian masih aman untuk mengikuti BWF World Tour Finals 2024 dengan capaian poin yang cukup baik.

Jakarta, IDN Times - Asisten pelatih ganda putra Indonesia, Thomas Indratjaja, buka-bukaan soal penampilan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saat menjalani China Open 2024 pekan lalu. Thomas mengakui penampilan Fajar/Rian masih tak maksimal selama mengikuti ajang BWF Super 1000 tersebut.

Fajar/Rian terhenti di perempat final China Open 2024 karena kalah 21-14, 17-21, 14-21 melawan wakil Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Pencapaiannya tak sesuai ekspektasi, lantaran merupakan salah satu unggulan.

1. Belum kembali ke level semula

Pelatih Akui Performa Fajar/Rian Tak MaksimalFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di China Open 2024 (dok. PP PBSI)

China Open 2024 menjadi turnamen kedua Fajar/Rian setelah Olimpiade 2024 Paris. Pada Japan Open 2024 akhir Agustus 2024 lalu, Fajar/Rian juga terhenti di perempat final. Menurut Thomas, kondisi Fajar/Rian belum kembali seperti semula.

"Untuk Fajar/Rian memang saya melihat kondisinya belum maksimal," kata Thomas dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Fajar/Rian Tumbang Lawan Pasangan Malaysia di China Open 2024

2. PR masih banyak

Pelatih Akui Performa Fajar/Rian Tak MaksimalFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di China Open 2024 (dok. PP PBSI)

Rentetan kekalahan yang dialami Fajar/Rian tentu membuat publik bertanya-tanya tentang peluangnya tampil di BWF World Tour Finals pada 11-15 Desember 2024 mendatang. Thomas yakin, keduanya masih memiliki kesempatan.

Sebab, masih banyak turnamen tersisa yang bisa dimanfaatkan Fajar/Rian demi tembus ke sana. Tercatat, hingga World Tour Finals masih ada empat turnamen BWF Super 500+ yang tersisa mulai dari Artic Open, Denmark Open, Japan Open, dan China Masters 2024.

"Masih ada beberapa turnamen tersisa tahun ini, semoga mereka bisa kembali ke performa terbaik untuk bisa amankan tiket World Tour Finals," kata Thomas.

3. Gimana sih posisi FajRi sekarang?

Pelatih Akui Performa Fajar/Rian Tak MaksimalFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di China Open 2024 (dok. PP PBSI)

Melansir laman resmi BWF, posisi Fajar/Rian masih terbilang aman untuk bisa mengikuti BWF Word Tour Finals 2024. Fajar/Rian saat ini menempati peringkat kelima klasemen BWF World Tour Finals 2024 dengan capaian 55.250 poin.

Fajar/Rian menjadi satu-satunya ganda putra Indonesia di lima besar klasemen tersebut. Posisi Fajar/Rian disusul pasangan non pelatnas, Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani pada urutan kedelapan dengan capaian 53.840 poin.

Baca Juga: Malaysia Rusak Pesta Tuan Rumah di China Open 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya