Nurul Akmal Nyalakan Api di Pembukaan PON 2024 Aceh-Sumut

Nurul Akmal atlet kebanggaan Aceh

Jakarta, IDN Times - Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara (Sumut) 2024 akan berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh pada Senin (9/9/2024) malam nanti. Dalam momen itu, salah satu Olimpian Indonesia, Nurul Akmal, mendapatkan tugas khusus.

Amel (sapaannya) dipastikan menjadi penyulut api pada upacara pembukaan PON 2024. Pemilihannya tak sembarangan, karena Amel memang atlet kebanggaan Aceh.

1. Salah satu atlet paling berprestasi

Nurul Akmal Nyalakan Api di Pembukaan PON 2024 Aceh-SumutLifter putri Indonesia, Nurul Akmal saat berlatih, Jumat (14/6/2024). (IDN Times/Tino)

Tak hanya Amel, sejumlah atlet Aceh lainnya juga berpartisipasi dalam pawai obor jelang upacara pembukaan PON Aceh-Sumut 2024. Setidaknya, ada tiga atlet yang menemani Amel dalam pawai obor nanti, yakni Tati Ratna Ningsih (lempar lembing), Ema Susana Madjaji (anggar), dan Alkindi (Anggar).

Keempat atlet tersebut dikenal kerap memberi prestasi gemilang untuk Merah Putih baik di kancah PON, SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade.

Baca Juga: BUMN Guyur Bonus Peraih Medali Olimpiade 2024, Total Rp6 M

2. Dibuka oleh Presiden Jokowi

Nurul Akmal Nyalakan Api di Pembukaan PON 2024 Aceh-SumutPresiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan empat seksi dari proyek jalan tol Sigli-Banda Aceh pada Senin (9/9/2024). (YouTube/Sekretariat Presiden)

PON Aceh-Sumut rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo secara langsung. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo.

"Kami melakukan gladi bersih final untuk memastikan kesiapan acara opening ceremony yang akan dihadiri dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Persiapan berjalan lancar, semua sesuai target," kata Dito saat Gladi Bersih.

Dito memastikan tidak ada kendala berarti yang dihadapi pihak penyelenggara dalam persiapan Upacara Pembukaan PON Aceh-Sumut 2024.

3. Siapkan pertunjukkan yang terinspirasi dari Aceh

Nurul Akmal Nyalakan Api di Pembukaan PON 2024 Aceh-SumutPemko Medan menggelar upacara pembukaan PON 2024 di Medan (Dok. Diskominfo Medan)

Panita upacara pembukaan menegaskan, sejumlah pertunjukkan dipersiapkan untuk upacara pembukaan dengan tema besar Aceh Tegak atau Aceh Hebat dan Aceh Kuat. Upacara pembukaan akan menggambarkan yang sifatnya istimewa tentang Aceh dengan dibagi dalam empat segmen pertunjukan.

Keistimewaan tradisi sejarah Aceh ditampilkan dalam Maharaya Tradisi Sejarah, pesona budaya Aceh akan diturunkan dalam Mahakarya Pesona Budaya. Sementara, pesona alam Aceh akan ditunjukkan dalam Mahadaya Alam Semesta.

"Terpenting, mengingat ini adalah acara PON, acara olahraga yang penuh semangat. Kami akan menampilkan satu pertunjukkan terinspirasi dari semangatnya Aceh, terinspirasi dari peristiwa sejarah yaitu dengan judul Mahajaya Semangat Malahayati," ujar Ade Akbar selaku tim EO Upacara pembukaan PON Aceh-Sumut 2024 dalam konferensi pers pada Senin (9/9/2024).

Baca Juga: Lifter Nurul Akmal Bakal Turun Bersama Tim Aceh di PON 2024

Baca Juga: Resmikan Venue PON Aceh, Jokowi Ingatkan Jangan Terbengkalai

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya