Mengingat Pesan Paus Fransiskus soal Perdamaian di Olimpiade 2024

Olimpiade 2024 seharusnya jadi momen untuk berdampingan

Jakarta, IDN Times - Paus Fransiskus dijadwalkan untuk berkunjung ke Jakarta pada Selasa (3/9/2024) hingga Jumat nanti. Rencananya, Paus Fransiskus akan mendarat di Bandara Soekarno Hatta pada pukul 11.30 WIB.

Kedatangan Paus Fransiskus disambut dengan suka cita oleh seluruh elemen warga di Indonesia. Kehadirannya dianggap merupakan simbol dari adanya persamaan semangat perdamaian antara Indonesia dengan Vatikan.

Memang, Paus Fransiskus beberapa kali menyerukan adanya perdamaian di dunia. Pada Selama Olimpiade dan Paralimpiade 2024 Paris digelar, Paus Fransiskus berharap momen itu bisa digunakan dengan baik. Gencatan senjata, menurut Paus Fransiskus, sudah seharusnya dilakukan di daerah perang demi menghormati tradisi Yunani Kuno ketika turnamen multievent tersebut digelar.

"Menurut tradisi kuno, semoga Olimpiade menjadi kesempatan untuk mencapai gencatan senjata dalam perang, menunjukkan keinginan tulus untuk perdamaian," kata Paus Fransiskus, dilansir CBS News.

1. Olahraga punya kekuatan

Mengingat Pesan Paus Fransiskus soal Perdamaian di Olimpiade 2024Potret bentuk podium Olimpiade Paris 2024 (press.paris2024.org)

Olahraga, ditegaskan Paus Fransiskus, pada hakikatnya memiliki kekuatan besar untuk memengaruhi masyarakat. Paus Fransiskus meyakini olahraga mampu menyatukan orang di seluruh dunia, tanpa memandang ras, agama, negara, dan lainnya. Diharapkan, kekuatan itu muncul sepanjang Olimpiade digelar.

"Saya berharap turnamen ini dapat menjadi tanda dunia inklusif yang ingin kita bangun dan para atlet, dengan kesaksian olahraga mereka, dapat menjadi pembawa pesan perdamaian serta teladan berharga bagi generasi muda," kata Paus Fransiskus.

Baca Juga: Jelang Olimpiade 2024, Kualitas Air Sungai Seine Membaik

2. Perang adalah kekalahan

Mengingat Pesan Paus Fransiskus soal Perdamaian di Olimpiade 2024Duta Besar Republik Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan, Michael Trias Kuncahyono, menyerahkan Credential Letter (Surat Kepercayaan) dari Presiden Joko “Jokowi" Widodo kepada Paus Fransiskus (Dok. IDN Times/Istimewa)

Saat ini, konflik di sejumlah wilayah masih terjadi. Kawasan Gaza, Myanmar, Ukraina, menjadi medan perang yang masih bergejolak. Paus Fransiskus berharap masyarakat bisa menaruh perhatian lebih di sejumlah wilayah tersebut.

"Jangan kita lupakan syahidnya Ukraina, Palestina, Israel, Myanmar, dan banyak negara lain yang sedang berperang. Jangan lupa, perang adalah sebuah kekalahan," ujar Paus Fransiskus.

3. Paus Fransiskus jalani sejumlah agenda di Jakarta

Mengingat Pesan Paus Fransiskus soal Perdamaian di Olimpiade 2024Instalasi Seni Polyhedron "Hati Indonesia" dalam rangka menyambut kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September 2024 (IDN Times/Adyaning Raras)

Paus Fransiskus akan menjalani sejumlah agenda selama berada di Jakarta. Besok pagi (4/9/2024), Paus Fransiskus rencananya akan bertemu dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk berdiskusi.

Kemudian, pada Kamis (5/9/2024), Paus Fransiskus akan menggelar misa di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Tapi, sebelumnya, di hari yang sama, dia akan mengunjungi Masjid Istiqlal. Jokowi berjanji akan menemani Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Istiqlal.

Baca Juga: Kegugupan Rinov/Pitha Jelang Debut di Olimpiade 2024 Paris

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya