Mengheningkan Cipta untuk Zhang Zhi Jie di BAJC

Tim China pakai pita hitam

Intinya Sih...

  • Seluruh negara peserta BAJC 2024 mengheningkan cipta untuk Zhang Zhi Jie, pemain tunggal putra China yang meninggal dunia pada Minggu (30/6/2024) malam WIB.
  • Skuad China memakai jaket putih dan bawahan hitam serta pita hitam di lengan kiri sebagai tanda berkabung untuk menghargai Zhi Jie.
  • Seluruh panitia, staf, wasit, hakim garis, dan ofisial lainnya ikut berdiri dan melakukan hening cipta tanpa doa untuk Zhang Zhi Jie.

Jakarta, IDN Times - Seluruh negara peserta Badminton Asia Junior Championship (BAJC) 2024 mengheningkan cipta di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Senin (1/7/2024) WIB. Hening cipta dilakukan untuk memberi penghormatan kepada tunggal putra China, Zhang Zhi Jie, yang meninggal dunia pada Minggu (30/6/2024) malam WIB.

"Mengheningkan cipta dilakukan sebelum dimulainya perempat final pagi ini sebagai penghormatan untuk wafatnya pemain China, Zhang Zhi Jie, kemarin," tulis Badminton Asia dalam akun Instagramnya, @badmintonasia.offcial.

Baca Juga: Gregoria Kritisi Aturan BWF Usai Zhang Zhi Jie Meninggal

1. Tim China pakai pita hitam

Mengheningkan Cipta untuk Zhang Zhi Jie di BAJCTim China pakai pita hitam dalam hening cipta untuk menghormati Zhang Zhi Jie (Instagram.com/badmintonasia.official)

Skuad China menjadi sorotan sepanjang hari ini. Mereka terlihat begitu terpukul dengan meninggalnya Zhi Jie.

Demi menghargai Zhi Jie, seluruh rekan sejawatnya menggunakan jaket putih dan bawahan hitam. Ban hitam juga disematkan di lengan kiri sebagai tanda berkabung.

2. Seluruh ofisial ikut hening cipta

Mengheningkan Cipta untuk Zhang Zhi Jie di BAJCHening cipta untuk menghormati Zhang Zhi Jie (Instagram.com/badmintonasia.official)

Tak hanya para pemain, seluruh panitia, staf, wasit, hakim garis, dan ofisial lainnya, ikut berdiri dan melakukan hening cipta.

"Tadi tidak ada yang memimpin doa, hanya Minutes of Silence dan mendoakan secara masing-masing untuk Zhang," kata Humas PBSI, Deri Destan, kepada wartawan.

3. Zhi Jie wafat saat bela China

Mengheningkan Cipta untuk Zhang Zhi Jie di BAJCIlustrasi Bulu Tangkis (Instagram.com/bwf.official)

Zhi Jie meninggal dunia ketika mengikuti Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Junior (BAJC) 2024 yang berlangsung di GOR Amongrogo, Yogyakarta saat membela timnas China melawan Jepang.

Kejadian bermula saat Zhi Jie turun di partai ketiga kontra Jepang dalam BAJC 2024 melawan tunggal putra Jepang, Kazuma Kawano. Posisi laga kala itu imbang, 1-1. Saat kedudukan imbang 11-11, Zhi Jie tiba-tiba kejang di lapangan.

Tak lama, Zhi Jie ambruk di lapangan. Mendapat pertolongan dari tim medis, laga tersebut berakhir dengan status Zhie Jie retired dari pertandingan.

Usai insiden terjadi, Zhi Jie dibawa dengan ambulans siaga dan dilarikan ke rumah sakit dalam waktu kurang dari dua menit. Nahas, Zhi Jie dinyatakan meninggal dunia pada pukul 23.20 waktu setempat pada Minggu (30/6/2024).

"Badminton Asia, PBSI, dan Panitia Penyelenggara, turut berduka cita dan menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada orang tua Zhang, keluarga, serta Asosiasi Bulutangkis China (CBA). Dunia bulu tangkis kehilangan pemain berbakat," tulis Badminton Asia dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Kronologi Pebulu Tangkis China Zhang Zhi Jie Meninggal

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya