Meksiko Batal Ikut Bidding Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

Berkeinginan jadi tuan rumah Youth Olympic

Jakarta, IDN Times - Meksiko dikabarkan membatalkan tawaran bidding sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 mendatang. Persaingan yang sengit menjadi pertimbangan Meksiko menarik diri dari proses tersebut.

"Kami telah berbicara dengan IOC dan kami melihat bahwa persaingannya sangat ketat," ujar presdien Komite Olimpiade Meksiko, Maria Jose Alcala dikutip Sportcal.

1. Mau jadi tuan rumah Youth Olympic

Meksiko Batal Ikut  Bidding Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036Logo Olimpiade (unsplash.com/Dave Kim)

Meski batal bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, Meksiko masih mengincar satu event besar lainnya. Meksiko berharap bisa menjadi tuan rumah Youth Olympic.

"Kami berbalik untuk melihat apakah kami bisa mendapat tawaran untuk Youth Olympic Games di mana kami akan punya peluang lebih besar. Ini akan terjadi sebelum 2036. Kami sedang melakukan pembicaraan dengan IOC," kata Maria.

Baca Juga: Ayo, Dukung Atlet Indonesia Lolos Olimpiade 2024

2. Meksiko mau jadi tuan rumah Pan American Games 2027

Meksiko Batal Ikut  Bidding Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036Bendera Meksiko (unsplash.com/Chantel)

Maria menambahkan, Meksiko akan mempertimbangkan peluang untuk menjamu gelaran Pan American Games 2027 mendatang. Pertimbangan dilakukan setelah negara bagian Nuevo Leon di utara menyatakan minatnya untuk menjadi tuan rumah acara tersebut.

Melansir dari Sportcal, kota Barranquilla, Kolombia dicabut haknya menjadi tuan rumah Pan American Games 2027. Ini lantaran mereka disebut gagal mentransfer dana ke badan pengelola Organisasi PanAm Sports pada batas waktu yang ditentukan.

3. Calon tuan rumah Olimpiade 2036 lainnya

Meksiko Batal Ikut  Bidding Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036Logo Olimpiade (unsplash.com/Shinnosuke Ando)

Ada empat negara lain yang menyatakan niatnya enjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Keempat negara tersebut adalah Korea Selatan, India, Mesir, dan Qatar.

Sebelumnya, Meksiko pernah jadi tuan rumah Olimpiade musim panas edisi 1968 lalu.

Olimpiade 2024 berlangsung di Paris, Prancis. Selanjutnya, Los Angeles, Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah edisi 2028. Pada 2032 mendatang, Brisbane, Australia berkesempatan jadi tuan rumah ajang olahraga akbar empat tahunan tersebut.

Baca Juga: Termasuk Tokyo, 6 Kota di Asia Ini Pernah Jadi Tuan Rumah Olimpiade

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya