Loh Kean Yew, Pencetak Sejarah untuk Singapura

Mengenal Loh Kean Yew, Istora Boy kesayangan badminton lover

Jakarta, IDN Times - Karier Loh Kean Yew mendadak melesat usai menjadi juara dunia pada 2021 silam. Tak pernah ada yang menyangka, Kean Yew bisa jadi juara dunia, mengingat status Singapura yang bukan raksasa bulu tangkis.

Atas pencapaiannya, pria 25 tahun itu mencetak sejarah. Dia menjadi tunggal putra pertama asal Singapura yang jadi juara dunia bulu tangkis.

Prestasi Kean Yew tak hanya di situ. Dia juga sempat menjadi tunggal putra pertama Singapura yang masuk lima besar dunia versi BWF.

IDN Times berkesempatan melakukan wawancara dengan Loh Kean  Yew. Berikut kami rangkumkan hasil wawancara kami dengan Loh Kean Yew:

Sejak kapan Loh Kean Yew bermain bulu tangkis? Dan kenapa tertarik dengan cabang olahraga ini?

Saya pertama bermain bulu tangkis di usia empat tahun tapi baru menjalani latihan sungguhan saat usia sepuluh tahun. Ketika saya kecil, saya suka bermain basket dan berenang juga. Tapi, saya memutuskan bermain bulu tangkis karena kakak saya.

Baca Juga: Loh Kean Yew Jadi Tunggal Putra Singapura Pertama di 5 Besar Dunia

Kapan dan apa alasan kamu memutuskan untuk jadi atlet bulu tangkis?

Sejak muda saya selalu mencintai olahraga dan selalu bermimpi bisa bermain di Olimpiade. Saya rasa jika itu terjadi seluruh latihan saya akan terbayar lunas dan mimpi saya akan jadi nyata. Sekarang, saya harap saya bisa memenangkan medali olimpiade suatu saat nanti.

Loh Kean Yew, Pencetak Sejarah untuk SingapuraTunggal putra Singapura, Loh Kean Yew rebut gelar Juara Dunia 2021. (instagram.com/lohkeanyew)

Kamu pergi dari kampung halaman dan meninggalkan keluarga di usia yang sangat muda. Boleh cerita bagaimana perjalananmu saat itu?

Awalnya sangat sulit, tapi menjadi lebih mudah dengan cepat karena saya punya banyak teman dan staf dari Singapore Sports School yang menjaga dan membantu saya.

Pernah kah Loh Kean Yew menyesali keputusan menjadi seorang atlet? Pernah merasa jenuh tidak? Bagaimana mengatasinya?

Saya tidak pernah menyesalinya. Sangat membantu untuk punya waktu jeda di tengah-tengah kegiatan untuk bisa memikirkan hal-hal lain di luar bulu tangkis dan menghabiskan waktu dengan keluarga. Lalu, pelan-pelan mencoba latihan kembali setelah jeda itu.

Loh Kean Yew, Pencetak Sejarah untuk SingapuraLoh Kean Yew (Instagram.com/bwf.official)

Bagaimana seorang Loh Kean Yew menghabiskan waktu senggangnya? Apakah ada momen paling tidak bisa dilupakan untuk Loh Kean Yew di dalam dan luar lapangan?

Saya menghabiskan waktu luang dengan menggunakan ponsel untuk berkabar dengan teman-teman dan keluarga. Memenangkan gelar juara dunia menjadi paling tidak terlupakan.

Juga, bermain di depan publik sendiri pada SEA Games 2015 dan Singapore Open 2022. Bermain di Indonesia Masters dan Indonesia Open kemarin juga sangat spesial dan melekat dalam ingatan. Karena para penonton sangat bersemangat dan teriakan "Ea! Ea! Ea!" mereka sangat unik dan menyenangkan.

Loh Kean Yew, Pencetak Sejarah untuk SingapuraTunggal putra Singapura, Loh Kean Yew rebut gelar Juara Dunia 2021. (instagram.com/lohkeanyew)

Siapa yang jadi idola Loh Kean Yew dalam bermain bulu tangkis? Dan siapa orang yang paling berpengaruh untuk Loh Kean Yew sebagai pemain bulu tangkis?

Sejak muda, saya selalu mencontoh Lee Chong Wei dan Lin Dan. Setelah saya lebih besar, Hendra Setiawan dan Viktor Axelsen menjadi contoh yang sangat baik bagi saya. Karena, mereka adalah pemain dengan level yang sudah tertinggi tapi selalu tetap rendah hati dan berdedikasi.

Selain itu, kakak saya, Kena Hean, adalah orang yang paling berpengaruh. Salah satu alasan kenapa saya berlatih bulu tangkis adalah karenanya. Dia selalu menjadi inspirasi dan saya selalu belajar darinya dan mendapat masukan.

Loh Kean Yew, Pencetak Sejarah untuk SingapuraTunggal putra Singapura Loh Kean Yew bersama ganda putra Indonesia Hendra Setiawan (YouTube.com/ Hendra Setiawan)

Apakah saat memenangkan gelar Juara Dunia 2021 kemarin mempengaruhi hidup Loh Kean Yew?

Saya menjadi lebih dikenal setelah memenangkan gelar Juara Dunia. Dan tentu saja jadi ada tekanan lebih tapi itu justru menjadi motivasi saya untuk melakukan yang lebih baik lagi.

Setelah memenangkan gelar juara dunia, bagaimana Loh Kean Yew merespon ekspektasi besar dari masyarakat? Apa capaian lain yang ingin dicapai?

Saya harus berlajar untuk mengatur ekspektasi dan tekanan dengan lebih baik. Tidak ada cara kabur dari tekanan jika saya ingin menjadi pemain yang baik.

Sejak muda, saya selalu punya mimpi untuk memenangkan medali Olimpiade.

Loh Kean Yew, Pencetak Sejarah untuk SingapuraLoh Kean Yew di Olimpiade Tokyo 2020 (instagram.com/lohkeanyew)

Loh Kean Yew memiliki Viktor Axelsen, Brian Yang dan beberapa tunggal putra lain sebagai rekan sparring di Dubai? Bagaimana kamu menjalani latihan bersama mrka? Apakah itu membantumu mengembangkan diri?

Loh Kean Yew memiliki Viktor Axelsen, Brian Yang dan beberapa tunggal putra lain sebagai rekan sparring di Dubai? Bagaimana kamu menjalani latihan bersama mrka? Apakah itu membantumu mengembangkan diri?

Kami berlatih bersama di dubai dengan beberapa pemain termasuk Viktor. Sering kali saya justru berlatih di Singapura bersama timnas Singapura. 

Saya belajar banyak dari Viktor di dalam dan di luar lapangan terlebih setelah kami menjadi teman baik. Fokusnya Viktor dan kekonsistenany dalam latihan sangat saya kagumi.

Loh Kean Yew, Pencetak Sejarah untuk Singapurapotret tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen bersama tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew di Indonesia Open 2021 (instagram.com/bwf.official))

Loh Kean Yew sempat bicara soal konsistensi. Bagaimana kamu memaknai konsistensi sebagai seorang atlet?

Konsisten adalah salah satu hal penting untuk dimiliki atlet elite. Rasanya, saya sudah melakukan dengan baik di Indonesia Masters dan Open.

Tapi, saya rasa itu belum cukup. Saya perlu belajar untuk bisa lebih konsisten sehingga bisa menunjukkan penampilan yang lebih konsisten di tiap pertandingan.

Bagaimana kamu melihat persaingan di tunggal putra? Siapa yang kamu anggap jadi pesaing terberat?

Ada sangat banyak pemain kuat di tunggal putra saat ini. Setiap atlet top sudah bekerja sangat keras untuk mencapai titik ini.

Semua punya kekuatannya masing-masing. Saya tidak pernah merasa ada pertandingan yang mudah atau ada pesaing yang mudah.

Loh Kean Yew, Pencetak Sejarah untuk SingapuraTunggal putra Singapura, Loh Kean Yew rebut gelar Juara Dunia 2021. (instagram.com/lohkeanyew)

Bagaimana Loh Kean Yew mendeskripsikan dirimu saat ini? Dan bagaimana Loh Kewan Yew melihat dirimu 5 tahun kedepan? Apakah kamu punya turnamen atau negara yang kamu paling sukai?

Loh Kean Yew, Pencetak Sejarah untuk SingapuraTunggal putra Singapura, Loh Kean Yew rebut gelar Juara Dunia 2021. (instagram.com/lohkeanyew)

Untuk bulu tangkis, saya masih harus menempuh jalan panjang untuk bisa di tiga besar, saya yakin. Tapi, saya tahu ini tidak akan mudah. Saya akan melakukan yang terbaik untuk mendapatkannya.

Soal turnamen, semuanya berbeda dan saya sangat menyukai bagaimana profesi ini memberi peluang untuk bisa datang ke berbagai negara, bertemu dengan penggemar yang luar biasa. Mereka membuat turnamen terasa sangat menyenangkan dan membuat saya merasa diterima.

Apa arti penggemar untuk Loh Kean Yew? Apakah ada pesan yang ingin kamu sampaikan pada mereka?

Loh Kean Yew, Pencetak Sejarah untuk Singapurapotret Loh Kean Yew (instagram.com/lohkeanyew)

Saya merasa fans memberi banyak dukungan dan motivasi. Saya sangat bersyukur untuk dukungan mereka. Untuk para penggemar yang selalu berteriak dengan kencang saat saya menang, dan selalu ada di belakang, mendukung ketika tersandung.

Terutama, mereka yang selalu mendukung saya sejak awal karir saya. Saya sangat bersyukur bisa membagi perjalanan ini bersama mereka.

Kamu selalu terilah berpikir positif dan punya aura yang ceria. Rasanya tidak pernah melihat Loh Kean Yew tidak tersenyum. Apa rahasianya?

Loh Kean Yew, Pencetak Sejarah untuk Singapurapotret Loh Kean Yew (instagram.com/lohkeanyew)

Aku bisa melakukan sesuatu yang aku sukai setiap hari dan bisa memiliki begitu banyak dukungan dan kebaikan dari orang-orang di sekitar ku. Aku selalu berusaha memikirkan itu semua setiap ada tantangan. 

Ada banyak sekali hal menyenangkan di hidup ini jadi saya hanya ingin menikmatinya.

Baca Juga: 9 Fakta Loh Kean Yew yang Jarang Terungkap, Ngaku ke Hendra Setiawan! 

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya