LeBron James Jadi Pembawa Bendera AS di Olimpiade 2024 Paris

LeBron James kebangaan Amerika Serikat

Jakarta, IDN Times - Pebasket kenamaan dunia, LeBron James menjadi pembawa bendera Amerika Serikat dalam upacara pembukaan Olimpiade 2024 Paris. Dia dipilih berdasarkan suara sesama atlet Olimpiade Tim Amerika Serikat.

"Kami sangat senang mengumumkan LeBron James sebagai salah satu dari dua pembawa bendera yang akan memimpin Tim Amerika Serikat dalam Upacara Pembukaan, dan secara resmi membuka Olimpiade Paris 2024," kata CEO USOPC Sarah Hirshland mengutip USA Basketball.

1. Kebanggaan Amerika Serikat

LeBron James Jadi Pembawa Bendera AS di Olimpiade 2024 ParisLeBron James (instagram.com/kingjames)

LeBron James tercatat sudah dua kali juara Olimpiade bersama Amerika Serikat. Kedua medali emas itu diraih pada edisi 2008 Beijing dan 2012 London.

James berkompetisi di Olimpiade pertamanya pada edisi 2004 Athena lalu. Kala itu, James yang berusia 19 tahun, memenangkan medali perunggu bersama skuad Amerika Serikat.

Dua dekade kemudian, James menjadi salah satu atlet paling berprestasi sepanjang sejarah. James 20 kali mentas bersama NBA All-Star, menjadi pencetak poin terbanyak NBA sepanjang masa pada tahun 2023, memiliki empat gelar NBA dan telah dihormati sebagai MVP empat kali.

Baca Juga: Sejarah Baru NBA, LeBron James Setim dengan Anak di Lakers

2. Kata James setelah ditunjuk jadi pembawa bendera

LeBron James Jadi Pembawa Bendera AS di Olimpiade 2024 ParisLeBron James (nba.com)

Bagi LeBron James, kesempatan menjadi pembawa bendera di Olimpiade ini dianggapnya sebagai kehormatan luar biasa. Dia senang bisa mewakili Amerika Serikat di panggung olahraga terakbar dunia.

“Untuk seorang anak dari Akron, tanggung jawab ini berarti segalanya tidak hanya untuk diri saya sendiri, tetapi untuk keluarga saya, semua anak di kampung halaman saya, rekan satu tim saya, sesama Olympians dan begitu banyak orang di seluruh negeri dengan aspirasi besar,” kata James dikutip The Athletic.

James meyakini, olahraga memiliki kekuatan untuk menyatukan semua pihak.

3. Rekan James akan diumumkan segera

LeBron James Jadi Pembawa Bendera AS di Olimpiade 2024 ParisLeBron James. (nba.com)

James tidak akan bertugas sendirian sebagai pembawa bendera Amerika Serikat. Satu atlet putri juga akan menjalankan tugas yang sama.

Atlet putri yang akan jadi rekan James, akan diumumkan dalam waktu dekat.

Pada Olimpiade 2020 Tokyo lalu, petugas pembawa bendera dari Amerika Serikat dipercayakan kepada atlet baseball Eddy Alvarez.

Baca Juga: Mengapa Yunani Selalu Jadi Pembuka Parade of Nations Olimpiade?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya