Kiromal Katibin Cedera, tapi Siap Tampil di Asian Games 2022

Tak terbebani target medali emas

Jakarta, IDN Times - Atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin, mengaku siap untuk bertanding di Asian Games 2022 Hangzhou. Mengaku belum sepenuhnya pulih dari cedera di lengan kirinya, tapi dirinya siap melakukan yang terbaik.

“Kondisi saya masih cedera, tapi saya siap untuk bertanding,” kata Katibin ditemui pada Selasa (19/9/2023).

Katibin mengatakan, tak ada tiket kualifikasi Olimpiade Paris 2024 yang perlu diperebutkannya di Asian Games nanti.

1. Ikut nomor perorangan

Kiromal Katibin Cedera, tapi Siap Tampil di Asian Games 2022Kiromal Katibin di pengukuhan kontingen Asian Games 2022 Hangzhou (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Cabang olahraga panjat tebing akan mempertandingkan tiga nomor yakni relay (beregu), perorangan, dan combine. Namun, Katibin mengatakan hanya akan turun di nomor speed perorangan.

“Saya kayaknya ikut di kecepatan. Tapi belum tahu juga yang main siapa saja,” ujar Katibin.

Menurut Katibin, sejauh ini skuad panjat tebing Indonesia masih terus menjalani latihan jelang Asian Games 2022 Hangzhou.

Baca Juga: Panjat Tebing Indonesia Incar 2 Tiket Olimpiade di Kualifikasi Asia

2. Yakin skuad Indonesia bisa bersaing

Kiromal Katibin Cedera, tapi Siap Tampil di Asian Games 2022Viddriq Leonardo, Aspar Jaelolo, Kiromal Katibin ditemui di kawasan SCBD Jakarta (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Melihat persaingan level Asia, Katibin optimistis Indonesia punya kans menjadi juara di Asian Games 2022 Hangzhou. Dari catatan waktu yang ditorehkannya selama latihan pun, Katibin yakin bisa bersaing di level Asia.

“Untuk peluang sebenarnya kita bis (juara). Jadi tinggal kita tekuni saja, latihan, dan fokus untuk bisa jadi juara,” ujar Katibin.

Menurut Katibin, untuk level Asia, empat pemanjat putra Indonesia terbilang punya catatan paling apik.

3. Tak terbebani target emas

Kiromal Katibin Cedera, tapi Siap Tampil di Asian Games 2022Atlet panjat tebing Indonesia Kiromal Katibin dalam ajang Speed and Lead World Cup di Villars, Swiss (https://gerakita.com/)

Katibin mengatakan, belum ada target khusus yang diberatkan untuk tim Indonesia. Namun, Katibin memastikan dirinya siap untuk bersaing merebut medali emas dari Asian Games 2022 Hangzhou.

Di samping itu, Katibin mengaku tak terbebani dengan target emas yang dicanangkan untuk panjat tebing. Sebab, Katibin malah punya target lebih besar lagi.

“Dan target saya di Olimpiade Paris 2024 mendapat medali emas,” kata Katibin.

Baca Juga: Profil Spiderman Indonesia: Kiromal Katibin Sang Pemecah Rekor

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya