Kegugupan Rinov/Pitha Jelang Debut di Olimpiade 2024 Paris

Tak terbeban target tinggi

Jakarta, IDN Times - Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, akan menjalani debutnya dalam Olimpiade pada edisi 2024 di Paris. Bisa dibilang, sebagai debutan, Rinov/Pitha merupakan pasangan yang tak diunggulkan dalam persaingan di ganda campuran.

Bukan tanpa alasan, karena jalur Rinov/Pitha di Olimpiade 2024 begitu terjal. Sejak penyisihan grup, mereka sudah jumpa dengan raja terakhir ganda campuran di Grup A, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China). Selain itu, mereka juga harus jumpa dengan Kim Won Ho/Jeong Na Eun (Korea Selatan), dan Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis).

Catatan Rinov/Pitha dengan Kim/Jeong dan Thom/Delphine terbilang bagus, terlihat dari rekor head to head. Tapi, Si Wei/Ya Qiong adalah lawan yang selalu memberikan mimpi buruk buat Rinov/Pitha.

Baca Juga: Lebih Santai, Chen/Jia Sudah Siap Secara Mental di Olimpiade 2024

1. Akui gugup

Kegugupan Rinov/Pitha Jelang Debut di Olimpiade 2024 ParisRinov Rivaldy dalam pemusatan latihan (TC) jelang Olimpiade 2024 Paris (dok. PP PBSI)

Rinov mengakui status debutan memang membuatnya bersama Pitha agak sedikit gugup. Namun, dia berusaha untuk mencari celah agar bisa menikmati kondisi yang berkembang dan tak terbebani dengan situasi apapun.

"Saya mencoba menikmati semuanya menjelang Olimpiade. Tapi, setiap orang pasti ada rasa gugup, begitu juga dengan saya," kata Rinov dalam keterangan tertulis.

2. Mengubahnya jadi motivasi

Kegugupan Rinov/Pitha Jelang Debut di Olimpiade 2024 ParisPitha Haningtyas Mentari dalam pemusatan latihan (TC) jelang Olimpiade 2024 Paris (dok. PP PBSI)

Pitha juga merasakan kegugupan dalam debutnya di Olimpiade. Namun, atlet 25 tahun tersebut mencoba mengubah kegugupannya menjadi motivasi. Ada keinginan darinya untuk membuktikan diri, layak bersaing di Olimpiade 2024.

"Semakin dekat dengan hari Olimpiade, ada rasa gugup karena belum tahu rasanya seperti apa. Tapi, saya antusias, mau menjadikan hal ini sebagai motivasi," ujar Pitha.

3. Dapat arahan dari pasangan legendaris

Kegugupan Rinov/Pitha Jelang Debut di Olimpiade 2024 ParisRinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dalam pemusatan latihan (TC) jelang Olimpiade 2024 Paris (dok. PP PBSI)

Rasa gugup dan tegang yang dialami oleh Rinov/Pitha, coba diredam selama pemusatan latihan terakhir di Chambly. Beruntung, karena Rinov/Pitha diarahkan oleh ganda campuran legendaris Indonesia yang meraih medali emas di Olimpiade 206 Rio de Janeiro, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Fase ini dianggap berbeda dengan Pitha. Sebab, di bawah arahan Owi/Butet, ada sebuah atmosfer kompetisi yang membuatnya semakin terpancing motivasinya

"Persiapannya benar-benar berbeda dari turnamen biasanya, training camp dan sebagainya. Ada perjuangan tersendiri," kata Pitha.

Baca Juga: Dua Pesan Penting Owi/Butet untuk Rinov/Pitha Jelang Olimpiade Paris

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya