Jonatan, Ginting, dan Gregoria Tembus World Tour Finals 2023

Indonesia pastikan tiga wakil ke World Tour Finals 2023

Jakarta, IDN Times - Indonesia sudah mengamankan tiga tiket BWF World Tour Finals 2023. Itu terdiri dari dari dua wakil tunggal putra dan satu wakil tunggal putri.

Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Gregoria Mariska Tunjung, memastikan diri bakal tampil dalam turnamen yang berlangsung pada Desember 2023 mendatang di Hangzhou, China.

Baca Juga: Tembus World Tour Finals, Fajar/Rian Masih Menanti Kawan

1. Gregoria amankan tiket ke World Tour Finals

Jonatan, Ginting, dan Gregoria Tembus World Tour Finals 2023Gregoria Mariska Tunjung menembus semifinal Kumamoto Masters Japan 2023 (dok. PP PBSI)

Gregoria merupakan wakil Indonesia kedua yang mengunci tiket dan pertama dari nomor tunggal. Kepastian ini diraih Gregoria setelah mengamankan tiket ke perempat final Kumamoto Masters Japan 2023 pada Kamis (16/11/2023).

Kemenangan atas Kim Ga Eun (Korea Selatan) membawa Gregoria lolos untuk berlaga ke World Tour Finals 2023. Kepastian lolos ke World Tour Finals tentunya akan membuat Gregoria semakin lepas saat bermain di semifinal kontra tunggal Amerika Serikat, Zhang Beiwen.

2. Jojo dan Ginting kompak lolos World Tour Finals

Jonatan, Ginting, dan Gregoria Tembus World Tour Finals 2023Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie di Kumamoto Masters Japan 2023 (dok. PP PBSI)

Selain Gregoria, Jojo dan Ginting juga memastikan diri lolos ke World Tour Finals. Jojo saat ini masih berjuang di perempat final Japan Masters 2023. Tapi, dia menempati peringkat kedua dalam ranking World Tour Finals dan dipastikan lolos.

Kemudian, Ginting mendapat durian runtuh. Tumbangnya sejumlah pemain elite dunia di babak 16 besar Japan Masters 2023, membuat pebulu tangkis kelahiran Cimahi itu dipastikan lolos dan saat ini menempati ranking empat dalam klasemen World Tour Finals 2023.

3. Sudah ada Fajar/Rian sebelumnya

Jonatan, Ginting, dan Gregoria Tembus World Tour Finals 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tumbang di perempat final Asian Games 2022 Hangzhou (dok. PP PBSI)

Indonesia kini punya empat wakil yang akan berlaga di World Tour Finals 2023. Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto jadi wakil pertama Merah-Putih yang menembus tiket World Tour Finals 2023.

Saat ini, keduanya masih menduduki posisi kedua klasemen Road To World Tour Finals dengan catatan 90.740 poin. Poin tersebut diraih Fajar/Rian dari kurang lebih 14 turnamen yang sudah dilakoni musim ini. Tahun lalu, Fajar/Rian juga lolos kualifikasi, tetapi terhenti di semifinal melawan pasangan China, Liu Yuchen/Ou Xuanyi.

Baca Juga: Menyalip di Akhir, Gregoria Mariska ke Semifinal Japan Masters 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya