Jonatan Christie Cs Dibatasi Jelang Olimpiade 2024 Paris

PBSI bakal menggelar TC di Prancis sebelum Olimpiade

Jakarta, IDN Times - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) memutuskan membatasi kegiatan skuad Olimpiade di luar Pelatnas PBSI Cipayung. Pembatasan ini dilakukan selama masa persiapan jelang Olimpiade 2024 Paris.

Enam wakil bulu tangkis Indonesia akan tampil di lima sektor yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie dari tunggal putra, Gregoria Mariska Tunjung dari tunggal putri, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dari ganda putra, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dari ganda putri, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dari ganda campuran.

Tepat sebulan jelang Olimpiade, PBSI menerapkan karantina untuk skuad Olimpiade Indonesia.

1. Hanya diizinkan pulang satu hari

Jonatan Christie Cs Dibatasi Jelang Olimpiade 2024 ParisApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di Uber Cup 2024 melawan tim beregu putri Uganda (dok. PP PBSI)

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Ricky Soebagdja mengatakan akan ada karantina yang diterapkan untuk skuad Olimpiade jelang keberangkatan. Para atlet hanya diizinkan meninggalkan Pelatnas Cipayung selama satu hari.

"Semakin dekat keberangkatan, kita ada persiapan yang lebih fokus. Atlet fokus untuk tidak meninggalkan asrama. Pada hari Sabtu mereka bisa pulanh, tapi hari Minggu sudah balik ke asrama," kata Ricky di Pelatnas PBSI Cipayung.

Baca Juga: PBSI Izinkan Sabar/Reza Latihan Bersama di Pelatnas

2. Akan jalani TC di Prancis

Jonatan Christie Cs Dibatasi Jelang Olimpiade 2024 ParisKepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI,  Ricky Soebagdja (dok. PP PBSI)

Skuad Indonesia akan lebih dulu menjalani pemusatan latihan (TC) di Chambly, Prancis. TC rencananya dilakukan sebelum para atlet masuk ke atlet village.

"Akan berangkat (ke Prancis) tanggal 13 Juli. Sembilan atlet, tim pendukung, pelatih, akan kamp sebelum ke athlete village," ujar Ricky.

3. Kondisi atlet dalam keadaan baik

Jonatan Christie Cs Dibatasi Jelang Olimpiade 2024 ParisFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menuju Kejuaraa Asia (BAC) 2024 di China (dok. PP PBSI)

Olimpiade 2024 Paris akan berlangsung pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Pertandingan cabang olahraga bulu tangkis akan digelar pada 27 Juli hingga 5 Agustus 2024.

Ricky menegaskan, skuad Indonesia dalam kondisi baik jelang perhelatan olahraga akbar empat tahunan tersebut.

"Kondisi atlet dalam kondisi yang baik. Minggu lalu sudah dilakukan tes fisik. Hasil dari sports science juga meningkat, catatan signifikan yang bikin makin PD," kata Ricky.

Baca Juga: 2 Atlet Jadi Teman Uji Coba Jojo dan Ginting di Olimpiade

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya