Jokowi Hadiri Pembukaan PON 2024 Aceh-Sumatra Utara

Pembukaan PON bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional

Intinya Sih...

  • PON XXIV Aceh-Sumut 2024 dibuka pada Senin (9/9/2024) malam WIB, bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional.
  • Menteri Pemuda dan Olahraga memastikan persiapan pembukaan dan penyelenggaraan berjalan lancar, akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.
  • PON melibatkan hampir 13 ribu atlet dari seluruh Indonesia, sejumlah cabang olahraga sudah dimainkan sejak 28 Agustus 2024 lalu.

Jakarta, IDN Times - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXIV Aceh-Sumut 2024 akan dibuka secara resmi pada Senin (9/9/2024) malam WIB. Ini bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh setiap tahunnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan seluruh persiapan pembukaan dan penyelenggaraan berjalan dengan baik. Rencananya, dilanjutkan Dito, PON Aceh-Sumut 2024 akan dibuka langsung oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Kami melakukan gladi bersih final untuk memastikan kesiapan acara opening ceremony yang akan dihadiri dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Persiapan berjalan lancar, semua sesuai target," kata Dito mengutip keterangan tertulis.

1. Tidak ada kendala berarti

Jokowi Hadiri Pembukaan PON 2024 Aceh-Sumatra UtaraAtlet hoki indoor putra Sumatera Utara (Sumut) melakukan Latihan sebelum bertanding melawan Jawa Timur (Jatim) pada babak penyisihan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, Deliserdang, Sumatera Utara, Minggu (8/9/24). (PB PON Sumut/Kadri Boy Tarigan)

Menurut Dito, tidak ada kendala berarti yang tampak selama masa persiapan PON Aceh-Sumut 2024. Baik dari segi teknis maupun logistik.

"Semua persiapan telah mencapai tahap final, bahkan beberapa pertandingan cabang olahraga sudah mulai dilaksanakan,” kata Dito.

PON Aceh-Sumut menjadi kali pertama perhelatan olahraga nasional ini berlangsung di dua provinsi sekaligus. Oleh sebab itu, Dito mengingatkan pentingnya kolaborasi dalam memastikan PON terselenggara dengan baik.

"Kolaborasi dan komunikasi yang baik telah membuat semua tantangan teratasi. Persiapan berjalan mulus, sesuai target," kata Dito.

Baca Juga: Tim Futsal Putra Kaltim Raih Medali Emas PON XXI Aceh-Sumut

2. Kesiapan mencapai 100 persen

Jokowi Hadiri Pembukaan PON 2024 Aceh-Sumatra UtaraPeboling putri Sumatra Utara Aldila Indryati melempar bola pada pertandingan babak penyisihan grup - 1 single putri di Gor Dispora Sumut, Deli Serdang, Sumatra Utara, Sabtu (7/9/2024). (PB PON Sumut/Saddam Husein)

PON akan digelar secara resmi pada 9-20 September 2024, akan melibatkan hampir 13 ribu atlet dari seluruh Indonesia. Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman, memastikan kesiapan venue sudah mencapai 100 persen.

"Kesiapan venue sudah 100 persen. Panitia pelaksana siap, dan semua peralatan pertandingan sudah lengkap. Baik di Aceh maupun Sumatra Utara, kami optimis pelaksanaan PON XXI akan berjalan sukses," kata Marciano.

3. Klasemen medali sementara

Jokowi Hadiri Pembukaan PON 2024 Aceh-Sumatra UtaraIDN Times/Muhammad Saifullah

Meski baru resmi dibuka pada 9 September 2024, sejumlah cabang olahraga sudah mulai dimainkan sejak 28 Agustus 2024 lalu di PON Aceh-Sumut.

Hingga saat ini, Jawa Timur berada di puncak klasemen medali dengan capaian total 47 medali (23 emas, 12 perak, 12 perunggu). Menyusul pada posisi kedua Jawa Barat (12 emas, 18 perak, 19 perunggu) dan Sumatera Utara pada posisi ketiga (12 emas, satu perak, lima perunggu)

Baca Juga: Tim Futsal Putra Kaltim Raih Medali Emas PON XXI Aceh-Sumut

Baca Juga: PON Aceh Sumut 2024: Perolehan Medali, Siapa yang Sementara Unggul?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya