Jakarta Jadi Bagian Sejarah Debut Latvia di Piala Dunia Basket

Kok bisa?

Jakarta, IDN Times - Timnas basket Latvia memetik kemenangan perdana di debut mereka dalam ajang Piala Dunia Basket 2023. Timnas Latvia menang dengan skor 109-70 melawan timnas Lebanon di Indonesia Arena pada Jumat (25/8/2023).

Kemenangan ini dianggap timnas Latvia sebagai kemenangan bersejarah. Setelah ini, timnas Latvia akan dinanti dua tim tangguh untuk berebut tiket lolos dari fase grup H.

1. Kemenangan perama di debut piala dunia

Jakarta Jadi Bagian Sejarah Debut Latvia di Piala Dunia BasketTimnas Latvia vs Timnas Lebanon di Piala Dunia Basket 2023 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Lebanon sejatinya memulai pertandingan dengan keunggulan 7-3. Namun, Lebanon kecolongan mulai tertinggal jauh hingga 9-22.

Main agresif dan produktif mencetak three point, timnas Latvia unggul 55-30 di pertengahan waktu. Setelahnya, timnas Latvia mendominasi. Anzejs Pasecniks mencetak dua angka dan membawa poin Latvia melewati 100 poin dengan kedudukan 101-58.

Dairis Bertans menjadi top skor hari ini dengan mencetak 20 poin sepanjang jalannya pertandingan.

Baca Juga: Indonesia Arena Buat Juara Bertahan FIBA World Cup Takjub!

2. Jadi kemenangan bersejarah

Jakarta Jadi Bagian Sejarah Debut Latvia di Piala Dunia BasketPelatih timnas basket Latvia, Luca Banchi (IDN TImes/Margith Juita Damanik)

Bagi timnas Latvia, kemenangan kali ini menjadi sejarah manis. Hal ini diutarakan pelatih timnas Latvia, Luca Banchi, usai pertandingan.

"Pertama, saya ingin mengucapkan selamat kepada pemain saya, staf saya yang telah berhasil mencapai turnamen ini. Ini piala dunia pertama, pertandingan pertama, dan kemenangan pertama kami. Ini menjadi sejarah," kata Luca dalam konferensi pers.

Tak hanya itu, pemain Latvia, Rolands Smits bahkan merasa Jakarta ikut menjadi kota bersejarah bagi Latvia.

"Tentu saja Jakarta juga menjadi kota bersejarah untuk kami setelah kemenangan ini," ujar Smits dalam kesempatan yang sama.

3. Akan jumpa pesaing ketat

Jakarta Jadi Bagian Sejarah Debut Latvia di Piala Dunia BasketDavis Bertans dan Dairis Bertans (instagram.com/dbertans_42)

Setelah ini, timnas Latvia akan jumpa dengan dua timnas kuat lainnya di fase grup H. Latvia masih akan berlaga melawan timnas Kanada dan timnas Prancis.

Terlepas dari itu, Luca mengaku gembira lantaran banyak pendukung Latvia jauh-jauh datang menonton langsung di Indonesia Arena.

"Mereka menjadi booster kami hari ini. Kami punya kesempatan untuk bermain. Kami bermain dengan baik. Dan mereka berperan penting jadi penyemangat kami," ujar Luca.

Baca Juga: Spanyol Merendah di Piala Dunia Basket 2023

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya