Gregoria Lawan Sakit saat Tembus 16 Besar Hong Kong Open 2023

Kalahkan wakil Thailand meski fisik tak maksimal

Jakarta, IDN Times - Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, mengaku harus menahan sakitnya saat berlaga di babak pertama Hong Kong Open 2023. Meski begitu, Gregoria pada akhirnya bisa tembus ke babak 16 besar usai mengalahkan tunggal Thailand, Busanan Ongbamrungphan, dalam rubber game dengan skor 21-17, 18-21, 21-17 di Hong Kong Coliseum pada Rabu (13/9/2023).

Gregoria memang belum pulih betul dari cedera lututnya. Tapi, dia memaksa buat main dan tak mau ambil pusing dengan rasa sakitnya.

1. Upaya Gregoria berlaga di tengah gangguan lutut

Gregoria Lawan Sakit saat Tembus 16 Besar Hong Kong Open 2023Gregoria Mariska Tunjung di Hong Kong Open 2023 (dok. PP PBSI)

Menumbangkan wakil Thailand, Gregoria mengaku senang dengan kemenangan pertamanya di Hong Kong Open 2023. Wajar, karena dia bisa menang meski kondisi fisiknya tak prima.

"Karena bisa dibilang dengan kondisi sekarang, saya harus bisa mempertahankan performa walaupun dengan sedikit gangguan," ujar Gregoria.

Namun, Gregoria memilih untuk tak berfokus pada gangguan di kakinya. Dia mencari cara untuk bisa menaklukkan lawan di babak pertama. Gregoria juga sadar kalau gerakan kakinya yang lambat bisa menjadi celah buat lawan

"Tadi, saya berusaha sebisa mungkin untuk tidak memikirkan itu karena dengan kondisi ini, saya harus lebih bekerja keras. Pergerakan kaki lebih lambat dan pasti lawan bisa lihat celah itu," kata Gregoria.

Baca Juga: Gregoria Akui Gak Kompetitif di China Open 2023

2. Kunci kemenangan: Adu kuat dan mental

Gregoria Lawan Sakit saat Tembus 16 Besar Hong Kong Open 2023Gregoria Mariska Tunjung di Hong Kong Open 2023 (dok. PP PBSI)

Gregoria mengatakan, fokusnya dalam pertandingan hanya untuk mendapat poin dan mengunci kemenangan. Setelah berhasil meladeni reli-reli Busanan di game pertama dan menang, Gregoria sempat kewalahan melawan Busanan di game kedua.

Saat game penentuan, adu kuat dan mental di lapangan dianggap Gregoria jadi kunci kemenangannya.

"Pada game ketiga, saya dan lawan sepertinya hanya mengadu mental dan kuat saja. Saya semaksimal mungkin untuk tidak melakukan kesalahan," ujar Gregoria.

3. Hadapi wakil Singapura di babak kedua

Gregoria Lawan Sakit saat Tembus 16 Besar Hong Kong Open 2023Tunggal putri Singapura Yeo Jia Min (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Pada babak 16 besar, Gregoria akan berduel melawan wakil Singapura, Yeo Jia Min. Laga tersebut akan jadi kali ketujuh bagi keduanya berduel di lapangan.

Gregoria terakhir bersua dengan Yeo Jia Min di Kejuaraan Dunia 2023 lalu yang dimenangkan Gregoria dengan skor 21-10, 22-24, 21-14. Head to head mencatat Gregoria unggul 4-2 melawan Yeo Jia Min.

Baca Juga: 8 Wakil Indonesia Berstatus Pemain Unggulan Hong Kong Open 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya