Giliran 6 Atlet Speed Unjuk Gigi di Asian Qualifier 2023

Skuad speed siap berebut tiket ke Olimpiade

Jakarta, IDN Times - Kualifikasi Zona Asia (Asian Qualifier) IFSC 2023 untuk Olimpiade 2024 Paris masih berlanjut. Giliran nomor speed yang akan berlaga di Lot 11 GBK pada Minggu (12/11/2023).

Indonesia menurunkan enam pemanjat terbaiknya. Target tim Merah-Putih jelas untuk merebut masing-masing satu tiket Olimpiade 2024 Paris dari nomor putra dan putri.

1. Punya enam pemanjat terbaik

Giliran 6 Atlet Speed Unjuk Gigi di Asian Qualifier 2023Atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin (fpti.or.id)

Skuad Merah Putih menurunkan enam pemanjat terbaiknya untuk nomor speed di Asian Qualifier 2023. Masing-masing terdiri dari tiga di sektor putra dan putri.

Speed putra Indonesia akan diwakili Veddriq Leonardo, Kiromal Katibin dan Rahmad Adi Prasetyo. Sementara nomor putri akan menurunkan Nurul Iqoomah, Rajah Sallsabilah, dan Mutia Amanda Narda.

Deretan pemanjat Indonesia tersebut masuk dalam jajaran elite dunia. Veddriq merupakan pemegang rekor tercepat pemanjatan speed dunia saat ini, sementara Kiromal Katibin merupakan pemegang rekor kecepatan disiplin Speed sebelumnya.

Baca Juga: Ravianto-Raviandi Siap Jajal Semifinal Panjat Tebing Asia 2023

2. Target amankan tiket Olimpiade 2024

Giliran 6 Atlet Speed Unjuk Gigi di Asian Qualifier 2023logo Olimpiade Paris 2024 (olympics.com)

Para pemanjat di Asian Qualifier akan memperebutkan satu tiket untuk tampil di Olimpiade 2024 Paris dari masing-masing nomor pertandingan.

Misi Skuad Garuda adalah untuk mengantongi tiket Olimpiade kedua. Ya, tim panjat tebing Indonesia sejatinya sudah memiliki satu wakil di Olimpiade yakni Desak Made Rita Kusuma Dewi dari nomor speed putri.

Federasi Panjat Tebing Indonesia memang menargetkan punya empat wakil dari nomor speed untuk berlaga di Paris 2024 mendatang.

3. Desak Made sudah punya tiket Olimpiade

Giliran 6 Atlet Speed Unjuk Gigi di Asian Qualifier 2023Desak Made Rita Kusuma Dewi di Piala Dunia Panjat Tebing 2022 di Seoul, Korea Selatan (Twitter.com/ifsclimbing)

Indonesia sejatinya sudah mengantongi satu tiket ke Olimpiade 2024 Paris. Desak Made Rita Kusuma Dewi memastikan diri lolos di babak kualifikasi sebelumnya. Nama Rita pun tak masuk dalam daftar skuad yang diturunkan di Asian Qualifier 2023.

Rita memastikan tiket itu usai keluar sebagai yang tercepat di nomor speed putri pada turnamen Piala Dunia Panjat Tebing 2023 seri Bern, Swiss pada Jumat, 11 AGustus 2023 lalu.

Rita sukses mencatatkan waktu 6,49 detik dan mengalahkan pesaingnya. Medali perak diamankan wakil Amerika Serikat, Emma Hunt, dengan catatan waktu 6,67 detik. Sementara, medali perunggu diraih wakil Polandia, Aleksandra Miroslaw.

Baca Juga: Keren! Desak Made Rita Amakan Tiket Olimpiade Paris 2024

Baca Juga: Tim Panjat Tebing Indonesia Dominan di Asian Games 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya