Eko Yuli Kunci Tiket Olimpiade 2024, Cetak Sejarah

Eko Yuli tampil di lima Olimpiade beruntun

Jakarta, IDN Times - Lifter senior Indonesia, Eko Yuli Irawan dipastikan lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Kepastian ini didapat setelah Eko Yuli tampil di IWF World Cup 2024 yang berlangsung di Phuket, Thailand, Selasa (2/4/2024). 

Eko Yuli meraih posisi runner up untuk snatch di nomor 61kg putra. Eko berhasil melakukan angkatan 133kg. Sementara itu, Eko mencoba melakukan angkatan 162kg untuk clean and jerk namun tak berhasil. 

Capaian Eko Yuli lebih baik ketimbang juniornya, Ricko Saputra. Ricko tak berhasil melakukan angkatan snatch sebanyak tiga kali dengan catatan percobaan angkatan 130kg, 132kg, dan 134kg. Alhasil, Ricko tidak dapat meneruskan untuk angkatan clean and jerk. 

Keberhasilan ini memastikan Eko tidak akan keluar dari daftar 10 besar nomor 61kg putra dalam klasemen Olympic Race Qualification. Terakhir, Eko tercatat berada pada ranking ketiga. 

Hasil ini memastikan Eko berhasil mengunci tiket Olimpiade kelimanya. Eko sudah mengantongi dua perunggu dari Olimpiade edisi 2008 Beijing dan 2012 London. Pria asal Lampung itu juga sudah menyabet dua medali perak saat di ajang serupa edisi 2016 Rio de Janeiro dan 2020 Tokyo. 

Rekor baru diciptakan oleh Eko pada Olimpiade 2024. Dengan begini, dia menjadi atlet Indonesia dengan penampilan terbanyak di Olimpiade, yakni lima kali.

Baca Juga: Eko Yuli Masih Cari Cara Raih Emas Olimpiade

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya