Drawing Ganda Putra Olimpiade Dilakukan Hari Ini

Jadi masalah karena salah hitung poin

Jakarta, IDN Times - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) tetapkan jadwal baru drawing ganda putra Olimpiade 2024 Paris. Undian akan berlangsung pada Senin (15/7/2024) pukul 15.00 WIB.

Keputusan ini diambil BWF setelah kisruh soal salah hitung poin rampung. Mereka memastikan akan ada 17 pasangan yang bertanding di Olimpiade.

1. Berawal dari salah hitung poin

Drawing Ganda Putra Olimpiade Dilakukan Hari IniPengumuman BWF soal drawing ganda putra untuk Olimpiade 2024 Paris (https://olympics.bwfbadminton.com/)

Semua bermula kala ada salah perhitungan poin dari ganda putra Prancis, Ronan Labar/Lucas Corvee dan Christo Popov/Toma Popov, dalam kualifikasi Olimpiade 2024. Dari perhitungan awal, poin Popov Bersaudara yang dinyatakan sesuai kualifikasi karena finis di peringkat 37.

Sementara, Labar/Corvee ada satu tingkat di bawah Popov bersaudara. Jadilah, Labar/Corvee marah dan mengajukan banding ke Arbitrase Olahraga Internasional (CAS).

Ternyata, banding tersebut dikabulkan dan membuat keduanya bisa main di Olimpiade 2024.

Baca Juga: Bagas/Fikri Kalah, Wakil Pelatnas PBSI Habis di Indonesia Open 2024

2. BWF pastikan 17 pasangan bertanding

Drawing Ganda Putra Olimpiade Dilakukan Hari IniFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Thomas Cup 2024 saat laga melawan tim beregu putra Inggris (dok. PP PBSI)

Sesuai dengan keputusan CAS, BWF memastikan akan ada 17 pasangan yang berlaga di ganda putra untuk Olimpiade 2024 Paris.

"IOC menyambut positif rekomendasi BWF yang dihasilkan dari perintah CAS dan melanjutkan dengan mengonfirmasi keikutsertaan Corvee/Labar sebagai pasangan ganda putra Prancis kedua," tulis BWF dalam laman resminya.

Berdasarkan aturan yang berlaku, dua ganda putra Prancis tidak akan dimasukan dalam satu grup yang sama.

3. Bisa merugikan Fajar/Rian

Drawing Ganda Putra Olimpiade Dilakukan Hari IniFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Thomas Cup 2024 (dok. PP PBSI)

Dengan adanya 17 pasangan yang akan mendapat undian, dipastikan salah satu dari empat grup yang disiapkan akan diisi oleh lima pasangan.

Hal ini bisa merugikan bagi penghuni grup tersebut. Sebab, mereka jadi harus berlaga satu pertandingan lebih banyak dibandingkan penghuni grup lain.

Seluruh wakil ganda putra dunia, berpeluang mendapat drawing pahit tersebut. Termasuk wakil Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Baca Juga: Kisruh Undian Ganda Putra Olimpiade, Jadi 17 Pasangan yang Main

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya