Dibuka dengan Manis, Paralimpiade 2024 Paris Dimulai

Upacara pembukaan selesai digelar

Jakarta, IDN Times - Paralimpiade 2024 Paris resmi dibuka. Upacara pembukaan berlangsung di Palace de la Concorde pada Kamis (29/8/2024) dini hari WIB.

Sama seperti Olimpiade, untuk pertama kali upacara pembukaan Paralimpiade dilakukan di tempat terbuka.

Sebanyak empat ribu atlet dari 184 kontingen akan bertanding dalam 22 cabang olahraga. Tercatat, ada 549 medali emas yang diperebutkan di Paris.

1. Dilakukan di tempat yang monumental

Dibuka dengan Manis, Paralimpiade 2024 Paris DimulaiUpacara pembukaan Paralimpiade 2024 Paris (https://olympics.com/)

Upacara pembukaan Paralimpiade 2024 Paris dilakukan di tempat yang monumental.

Para atlet menyusuri Champs-Elysees dari Arc de Triomphe. Melansir ANTARA, ini dilakukan laksana parade kemenangan tentara sekutu 80 tahun silam pada perang Dunia II.

Setelahnya, para atlet berakhir di Place de la Cincirde yang merupakan salah satu ruang publik paling megah di jantung kota Paris.

Baca Juga: Tim Indonesia Pamer Budaya Nusantara di Opening Paralimpiade Paris

2. Soal isu inklusi

Dibuka dengan Manis, Paralimpiade 2024 Paris DimulaiUpacara pembukaan Paralimpiade 2024 Paris (Instagram.com/paralympics)

Bukan tanpa alasan pembukaan Paralimpiade 2024 Paris dilakukan di jantung kota Paris. Presiden Paris 2024, Tony Estanguet mengatakan, ini jadi simbol pentingnya isu inklusi di Paralimpiade 2024 Paris.

"Upacara di jantung kota ini merupakan simbol kuat yang menggambarkan ambisi kami untuk memanfaatkan negara kita yang menjadi tuan rumah Paralimpiade pertama untuk menempatkan isu inklusi bagi para penyandang disabilitas di pusat masyarakat kita," kata Tony Estanguet mengutip laman Olimpaide.

3. Indonesia pamer kebudayaan

Dibuka dengan Manis, Paralimpiade 2024 Paris DimulaiKontingen Indonesia dalam upacara pembukaan Paralimpaide 2024 Paris (YouTube.com/Paralympic Games)

Kontingen Indonesia ikut ambil bagian dalam upacara pembukaan Paralimpiade 2024 Paris. Skuad Merah Putih dengan bangga memamerkan budaya Nusantara.

Wakil Sekjen National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto, mengatakan tim Indonesia mempersiapkan budaya Nusantara untuk dipertunjukkan di upacara pembukaan

"Untuk konsep bajunya, kita akan menunjukkan keberagaman nusantara. Ada tenun batik, tenun ikat, tenun lurik, serta ada parade baju adat Indonesia dari seluruh wilayah Indonesia," kata Rima Ferdianto dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Jackie Chan Jadi Pembawa Obor Paralimpiade 2024 Paris

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya