Cita-cita Mohammad Ahsan Selagi Masih di Pelatnas PBSI

Tak mau ada penyesalan selama jadi bagian pelatnas

Jakarta, IDN Times - Atlet ganda putra dunia asal Indonesia, Mohammad Ahsan, punya satu cita-cita selagi masih tergabung dalam skuad pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur.

Ya, meski hanya berstatus sparing partner, Ahsan dan pasangannya, Hendra Setiawan, masih masuk dalam skuad PBSI.

"Saya juga punya cita-cita, saya selesai dari pelatnas ini gak mau ada penyesalan. Jadi saya mau berusaha walaupun misalnya suatu saat nanti gagal, saya sudah maksimal," kata Ahsan dalam wawancara di akun YouTube pbdjarum.

1. Keluar dari pelatnas demi ganda putra

Cita-cita Mohammad Ahsan Selagi Masih di Pelatnas PBSIHendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di semifinal Singapore Open 2022 (YouTube.com/BWF TV)

Bukan informasi baru bahwa Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan bukan lagi penghuni pelatnas PBSI Jakarta. Namun, keduanya masih masuk dalam daftar pasangan sparing yang berlatih rutin di Pelatnas Cipayung.

Memutuskan mundur sebagai penghuni pelatnas dan jadi pemain sparing, Hendra/Ahsan resmi jadi pemain profesional. Keputusan ini diambil juga demi ganda putra Indonesia.

"Biasanya kuota untuk memberangkatkan atlet itu maksimal 4 pasang. Kalau saya ada di sana, 4 jadi 3. Kalaus saya mundur bisa naik satu," kata Ahsan.

Baca Juga: Kronologi Insiden Papan Skor Rusak di Duel Hendra/Ahsan Vs Leo/Daniel

2. Tempati ranking tiga dunia

Cita-cita Mohammad Ahsan Selagi Masih di Pelatnas PBSIHendra Setiawan/Mohammad Ahsan bersama asisten pelatih Aryono Miranat di perempat final Singapore Open 2022 (Dok. PP PBSI)

Hendra/Ahsan bisa dibilang bukan lagi pasangan muda untuk ganda putra. Hendra kini sudah berusia 37 tahun, sementara Ahsan 34 tahun.

Tidak muda bukan berarti mereka tidak bisa bersaing di kancah dunia. Lama menempati ranking dua dunia, Hendra/Ahsan kini bertengger di peringkat tiga dunia ganda putra.

Hendra/Ahsan masih menunjukkan konsistensi keapikan bermainnya di tengah persaingan kontra pasangan muda.

3. Mimpi Olimpiade Hendra/Ahsan

Cita-cita Mohammad Ahsan Selagi Masih di Pelatnas PBSIGanda putra Indonesia Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan di Olimpiade Tokyo 2020. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Hendra/Ahsan bisa dibilang nyaris sempurna. Sederet gelar juara sudah diamankan pasangan yang akrab disapa The Daddies ini.

Hanya medali Olimpiade yang masih menjadi mimpi besar keduanya. Meskipun, Hendra Setiawan sudah mengoleksi emas Olimpiade saat masih berpasangan dengan almarhum Markis Kido.

Mewakili Merah Putih di ajang Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar tahun lalu, Hendra/Ahsan masih belum berhasil pulang dengan medali.

Keduanya gugur di babak perebutan perunggu melawan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Baca Juga: Piala Thomas: Mohammad Ahsan Berikan Jersey Kepada Suporter Cilik

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya