CEK FAKTA: Viral Video Veddriq Leonardo Raih Emas Olimpiade 2024

Panjat tebing belum mulai dipertandingkan

Jakarta, IDN Times - Video atlet panjat tebing nomor speed putra Indonesia, Veddriq Leonardo mendadak viral. Dalam video tersebut, Veddriq tampak memenangkan sebuah pertandingan dan meraih medali emas.

Video yang beredar di masyarakat lewat pesan berantai tersebut banyak disalahartikan. Banyak yang mengira, video tersebut menunjukkan Veddriq meraih medali emas di Olimpiade 2024 Paris.

1. Kondisi dalam video

CEK FAKTA: Viral Video Veddriq Leonardo Raih Emas Olimpiade 2024Atlet panjat tebing nomor speed putra Indonesia, Veddriq Leonardo (dok.NOC Indonesia/Naif Muhammad Al’as/Canon Indonesia)

Video tersebut merupakan potongan aksi Veddriq Leonardo saat mengikuti Olympic Qualifier Series Shanghai 2024 beberapa bulan lalu.

Dalam video tersebut, Veddriq beradu di laga final melawan wakil China, Wu Peng. Veddriq menyelesaikan laga dan keluar sebagai juara dengan catatan waktu 4,83 detik atau 0,05 detik dibanding Wu Peng yang menorehkan catatan waktu 4,88 detik.

Atas capaiannya, Veddriq dinyatakan berhak atas emas. Selain Veddriq, pemanjat Indonesia lain yang juga tampil apik di ajang tersebut adalah Rajiah Salsabillah yang meraih perak di nomor speed putri.

Baca Juga: Atlet Panjat Tebing Asal Jatim Songsong Olimpiade Paris 2024 

2. Banyak yang salah paham

CEK FAKTA: Viral Video Veddriq Leonardo Raih Emas Olimpiade 2024Veddriq Leonardo dan Rajiah Salsabillah mengunci tiket ke Olimpiade 2024 Paris (Instagram.com/fpti_official)

Dalam video viral tersebut sebenarnya disebutkan laga yang dijalani Veddriq adalah babak final panjat tebing kualifikasi Olimpaide Paris 2024.

Namun, banyak yang menyalahartikan karena video ini menjadi viral di tengah berlangsungnya Olimpiade 2024 Paris.

"Emas pertama untuk Indonesia... super keren," tulis caption yang ikut serta tersebar bersama video.

Banyak orang malah berspekulasi medali emas yang dimaksud adalah dari Olimpiade 2024. Padahal, emas Veddriq dalam video tersebut berasal dari ajang kualifikasi ke Olimpiade.

Veddriq lantas mengunci tiket ke Olimpiade 2024 Paris pada akhir Juni 2024 lalu setelah menyelesaikan Olympic Qualifier Series Budapest 2024. Poin dari kedua ajang kualifikasi dijumlahkan dan Veddriq dinyatakan layak tampil di Olimpiade 2024 Paris.

3. Pertandingan panjat tebing di Olimpiade 2024 belum dimulai

CEK FAKTA: Viral Video Veddriq Leonardo Raih Emas Olimpiade 2024Veddriq Leonardo dan Rajiah Salsabillah mengunci tiket ke Olimpiade 2024 Paris (Instagram.com/fpti_official)

Cabang olahraga panjat tebing sendiri belum dipertandingkan di Olimpiade 2024 Paris. Cabor ini akan mulai bergulir di Paris 2024 pada 5-7 Agustus 2024.

Bahkan, tim Indonesia belum masuk ke Perkampungan Atlet Olimpiade 2024. Skuad panjat tebing rencananya masuk ke Perkampungan Atlet pada 2 Agustus.

Indonesia diperkuat empat pemanjat terbaiknya yakni Veddriq Leonardo dan Rahmad Adi Mulyono dari speed putra serta Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Sallsabillah Rajiah dari nomor speed putri.

Baca Juga: Desak Made dan Mimpinya Raih Emas Panjat Tebing di Olimpiade 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya