BWF Cabut Skorsing Atlet Belarus dan Rusia

Mulai tampil 26 Februari 2024

Jakarta, IDN Times - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengizinkan atlet Rusia dan Belarus untuk kembali tampil di ajang turnamen dunia BWF mulai 26 Februari 2024. Atlet Rusia dan Belarus yang ikut berkompetisi akan bertanding dengan status 'atlet netral perorangan.'

Keputusan ini diambil setelah dewan BWF memilih mengizinkan atlet dengan paspor Belarus dan Rusia untuk bisa berlaga secara netral. Beberapa aturan tentang keputusan ini masih terus dikembangkan oleh BWF.

Baca Juga: Herry IP Ucapkan Terima Kasih, Pisah dengan Ganda Putra?

1. BWF tetap dukung Ukraina

BWF Cabut Skorsing Atlet Belarus dan Rusiapotret bendera Ukraina dan Uni Eropa (europa.eu)

Presiden BWF, Poul-Erik Hoyer, mengatakan keputusan ini merupakan keputusan penting dalam dunia olahraga. Dia memastikan, dukungan BWF kepada Ukraina tidak akan terpengaruh dengan adanya keputusan ini.

"BWF terus menunjukkan dukungan penuh terhadap warga Ukraina dan komunitas bulu tangkis Ukraina. Kami sangat mengutuk invasi yang dilakukan ke Ukraina yang bertentangan dengan nilai dasar BWF dan tujuan perdamaian," ujar Poul.

Baca Juga: 9 Perubahan Peringkat BWF Pemain Indonesia Usai Kejuaraan Dunia 2023

2. Selaraskan diri dengan prinsip-prinsip IOC

BWF Cabut Skorsing Atlet Belarus dan RusiaIlustrasi Bulu Tangkis (Instagram.com/bwf.official)

Dewan BWF juga menyelaraskan diri dengan prinsip-prinsip Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan gerakan olahraga global tentang partisipasi terbuka atlet dalam kompetisi internasional.

"Kami merasa keputusan untuk mencabut skorsing terhadap atlet Rusia dan Belarusia yang memenuhi kriteria untuk berpartisipasi sebagai atlet netral individu merupakan langkah maju yang positif sebagai bagian dari upaya kami untuk mempromosikan perdamaian dan solidaritas," ujar Poul.

BWF mengatakan, sudah banyak hal yang dilakukan untuk menciptakan ruang yang aman guna mendukung keputusan ini.

Baca Juga: 7 Ganda Putri Dunia Naik Peringkat BWF usai Kejuaraan Dunia 2023

3. Implementasi praktis dilakukan dengan anggota tuan rumah

BWF Cabut Skorsing Atlet Belarus dan RusiaIlustrasi Bulu Tangkis (Instagram.com/bwf.official)

BWF mengatakan, implementasi praktis dari kerangka kerja dan partisipasi atlet netral perorangan dalam kalender BWF dilakukan dengan anggota tuan rumah tiap kejuaraan.

"BWF telah bekerja sama secara erat dan konstruktif dengan IOC mengenai masalah ini untuk memastikan proses pengambilan keputusan yang kredibel, dapat diandalkan, dan holistik," kata Sekretaris Jenderal BWF, Thomas Lund.

BWF beranggapan, transparansi kerangka kerja penting agar BWF bisa fokus pada langkah ke depan menciptakan olahraga yang aman dan adil bagi seluruh atlet.

Baca Juga: 5 Kekalahan Apriyani/Fadia atas Chen/Jia di Turnamen BWF

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya