Bonus Atlet Asian Games 2022 Bakal Lebih Besar Ketimbang Sebelumnya?

Yang penting veni, vidi, vici

Jakarta, IDN Times - Chief de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk Asian Games 2022 Hangzhou, Basuki Hadimuljono, angkat bicara soal bonus yang akan didapatkan atlet yang tampil dalam ajang tersebut.

Basuki memastikan, bonus pasti disediakan bagi atlet yang pulang membawa prestasi. Bahkan, menurut Basuki, bukan tak mungkin bonus yang disediakan akan lebih tinggi dibanding edisi 2018 lalu.

1. Yang penting veni, vidi, vici

Bonus Atlet Asian Games 2022 Bakal Lebih Besar Ketimbang Sebelumnya?Konferensi pers Kemenpora soal update Asian Games dan Asian Para Games 2022 Hangzhou (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Ditanya soal bonus untuk atlet di ajang Asian Games 2022, Basuki Hadimuljono belim membicarakan soal besaran bonus karena atlet belum turun bertanding.

"Kami baru mau berangkat ini, baru mau main baru mau perang. Kami yang penting veni, vidi, vici. Saya kira kalau sudah itu urusannya akan nanti selanjutnya itu urusan Pak Menpora dengan Presiden dan saya," kata Basuki di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga pada Jumat (1/9/2023).

Baca Juga: Indonesia Targetkan Tembus 12 Besar di Asian Games 2022 Hangzhou

2. Bonus bisa saja naik?

Bonus Atlet Asian Games 2022 Bakal Lebih Besar Ketimbang Sebelumnya?Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat meninjau Tol Cisumdawu, Sabtu (15/4/2023). (IDN Times/Uni Lubis)

Basuki menegaskan, melihat dari Asian Games 2018 lalu yang berlangsung di Jakarta-Palembang, bonus prestasi bagi atlet menjadi sebuah kepastian yang sudah dipikirkan presiden Joko "Joko" Widodo.

Hal serupa juga tampak dalam ajang Asian Para Games, SEA Games, SEA Para Games, Olimpiade, hingga Paralimpiade. Bahkan, bukan tak mungkin bonus kali ini akan dinaikkan.

"Dan (biasanya) jumlahnya lebih besar. Di dalam negeri saat Asian Games saja kita mendapatkan bonus yang cukup apalagi di Asia Games (kali ini)," ujar Basuki.

3. Bonus Asian Games 2018

Bonus Atlet Asian Games 2022 Bakal Lebih Besar Ketimbang Sebelumnya?Replika medali Asian Games 2018 (ANTARA FOTO/INASGOC/Widodo S Jusuf)

Pemerintah memberikan bonus besar pada para pahlawan olahraga Indonesia saat berlaga di ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Peraih medali emas perorangan mendapatkan bonus Rp1,5 miliar, perak Rp500 juta, dan peraih medali perunggu Rp250 juta.

Tak hanya itu, pemerintah juga memberikan hadiah berupa pengangkatan status sebagai Pegawai Negeri Sipil dan bonus rumah bagi setiap peraih medali dari Asian Games 2018.

Pemerintah juga memberikan bonus kepada pelatih dan asisten pelatih. Pelatih perorangan dan ganda mendapatkan Rp450 juta untuk emas, Rp150 juta bagi persih perak, dan Rp75 juta untuk perunggu.

Para pelatih beregu mendapatkan Rp600 juta untuk emas, Rp200 juta untuk perak, dan Rp100 juta untuk perunggu.

Baca Juga: Atlet Indonesia Turun di 31 Cabor Asian Games 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya