Alasan PBSI Tarik Mundur Jonatan dan Ginting dari Australia Open 2024

Sudah perhitungkan soal ranking jelang Olimpiade

Intinya Sih...

  • PBSI tarik mundur Jonatan Christie dan Anthony Ginting dari Australia Open 2024.
  • PBSI ingin evaluasi kondisi fisik atlet dan fokus memperbaiki penampilan Jojo dan Ginting.

Jakarta, IDN Times - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menarik mundur dua tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting dari Australia Open 2024 yang akan berlangsung pada 11-16 Juni 2024 mendatang.

"Kami sudah menjadwalkan ke Australia, ada beberapa yang ikut olimpiade kami tarik seperti Jojo (Jonatan Christie), dan (Anthony Sinisuka) Ginting, dan juga yang lainnya tidak jadi turun di Australia," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Ricky Soebagdja.

Baca Juga: Daftar Juara Bertahan Australian Open, Tidak Ada Wakil Indonesia!

1. Alasan Jonatan dan Ginting ditarik

Alasan PBSI Tarik Mundur Jonatan dan Ginting dari Australia Open 2024Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI,  Ricky Soebagdja (dok. PP PBSI)

Ricky menegaskan, PBSI tak ingin para atlet turun dalam kondisi fisik yang tidak fit di Australia Open 2024. PBSI juga akan segera mengevaluasi penampilan skuad Indonesia terutama Jojo, sapaan akrab Jonatan, dan Ginting.

Maklum, Jojo dan Ginting tampil buruk di Indonesia Open 2024. Dua andalan Indonesia ini tumbang di putaran pertama turnamen Super 1000 tersebut pekan lalu.

"Kami akan lebih fokus untuk memperbaiki apa sebetulnya yang terjadi dari atlet-atlet ini, terutama Jojo dan Ginting," ujar Ricky.

Baca Juga: Daftar Juara Indonesia Open dari Tahun ke Tahun Sejak 1982

2. Sadar Ginting masih perlu kejar poin

Alasan PBSI Tarik Mundur Jonatan dan Ginting dari Australia Open 2024Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting melaju ke final All England 2024 (dok. PP PBSI)

Mundurnya Anthony Ginting dari Australia Open 2024 akan semakin menjauhkannya dari posisi delapan besar untuk Olimpiade 2024 Paris mendatang. Ricky mengaku sudah berdiskusi dengan pelatih dan Ginting terkait hal tersebut.

"Itu risiko yang kami hadapi terutama untuk Ginting yang terlempar dari ranking lima hingga delapan. Pastinya akan ke mana saja dalam drawing Olimpiade," ujar Rikcy.

3. Posisi Jonatan relatif aman

Alasan PBSI Tarik Mundur Jonatan dan Ginting dari Australia Open 2024Jonatan Christie di final Thomas Cup 2024 (dok. PP PBSI)

Sementara itu, PBSI sudah berhitung bahwa posisi Jonatan Christie masih akan aman di Olimpiade 2024 Paris mendatang. Sebab, Jojo yang kini menempati ranking tiga dunia diperkirakan tidak akan turun dari empat besar dunia di Paris mendatang.

"Kami sudah berhitung juga, betul bahwa Jojo secara hitungan kemungkinan masih ada di (ranking) satu sampai empat dan itu pun sudah didiskusikan dengan pelatih," ujar Ricky.

Baca Juga: Ambisi Ranking 2 Dunia Buat Jonatan Christie Tumbang di Indonesia Open

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya