5 Tunggal Putri Dunia Naik Peringkat usai Hong Kong Open 2024

Termasuk Putri Kusuma Wardani

Gelaran turnamen bulu tangkis Hong Kong Open 2024 telah sukses digelar pada 10—15 September 2024 di Hong Kong Coliseum, Kowloon. Para pebulu tangkis yang bertanding pada salah satu rangkaian turnamen BWF Super 500 tersebut telah menampilkan penampilan terbaik.

Tercatat, ada lima pebulu tangkis tunggal putri dunia yang naik peringkat pekan ini. Cek update peringkat BWF terkini sederet tunggal putri dunia setelah Hong Kong Open 2024 melalui ulasan berikut.

1. Keluar sebagai juara, Han Yue (China) kini semakin mendekati top 5 tunggal putri dunia

5 Tunggal Putri Dunia Naik Peringkat usai Hong Kong Open 2024Han Yue (instagram.com/badthai.official)

Tunggal putri pertama yang berhasil naik peringkat adalah wakil dari China, Han Yue. Pada turnamen Hong Kong Open edisi kali ini, tunggal putri lapis ketiga Negeri Tirai Bambu tersebut sukses keluar sebagai juara. Dari kemenangan ini, Han Yue naik dua peringkat.

Kini ia semakin mendekati top 5 peringkat tunggal putri dunia. Han Yue yang sebelumnya menempati peringkat ke-8, kini telah mengamankan peringkat ke-6. Ia berhasil menggeser peringkat tunggal putri andalan Jepang, Akane Yamaguchi.

2. Yeo Jia Min (Singapura) jadi tunggal putri Asia Tenggara pertama yang berhasil naik peringkat

5 Tunggal Putri Dunia Naik Peringkat usai Hong Kong Open 2024Yeo Jia Min (instagram.com/yeo_jiaminn)

Selanjutnya ada tunggal putri dari Asia Tenggara yang juga naik peringkat usai Hong Kong Open 2024. Ia adalah tunggal putri nomor satu Singapura, Yeo Jia Min. Tampil cukup baik pada turnamen BWF Super 500 tersebut, Yeo Jia Min melaju sampai babak 16 besar.

Hasil ini membuat ia naik satu tingkat pada update peringkat BWF pekan ini. Yeo Jia Min kini ada di urutan ke-17 dunia. Minggu lalu, ia menghuni peringkat 16 tunggal putri dunia.

Baca Juga: 8 Update Peringkat Pemain Indonesia setelah Taipei Open 2024

3. Line Højmark Kjaersfeldt (Denmark) satu-satunya tunggal putri dari Eropa yang naik peringkat

5 Tunggal Putri Dunia Naik Peringkat usai Hong Kong Open 2024Line Højmark Kjaersfeldt (instagram.com/linekjaersfeldt)

Tak hanya dari Asia, tunggal putri Eropa juga mulai unjuk gigi dan menunjukkan peningkatan yang impresif. Wakil dari Denmark, Line Højmark Kjaersfeldt, menjadi satu-satunya tunggal putri Eropa yang naik peringkat usai berlaga di Hong Kong Open 2024. Tampil baik, Kjaersfeldt melaju cukup jauh sampai babak perempat final.

Ia pun naik satu tingkat dan kini duduk di peringkat 18 dunia. Sebelumnya Kjaersfeldt berada di urutan ke-17. Hasil ini juga semakin mengukuhkan dirinya sebagai tunggal putri terbaik Denmark.

4. Tomoka Miyazaki (Jepang) mulai menyusul jejak para seniornya

5 Tunggal Putri Dunia Naik Peringkat usai Hong Kong Open 2024Tomoka Miyazaki (instagram.com/2525_tomoka)

Tunggal putri muda Jepang, Tomoka Miyazaki, juga berhasil naik peringkat pada pembaruan peringkat BWF pekan ini. Setelah selalu gugur pada babak pertama dalam tiga turnamen terakhir, Miyazaki mulai memperbaiki penampilannya di Hong Kong Open 2024. Ia pun sukses melaju sampai babak 4 besar.

Miyazaki kini melejit naik enam peringkat. Ia kini kian dekat dengan posisi 20 besar tunggal putri dunia dengan berada di peringkat ke-21. Miyazaki pun mulai menyusul jejak para seniornya yang telah lebih dulu bercokol di top 20, seperti Akane Yamaguchi, Aya Ohori, dan Nozomi Okuhara.

5. Putri Kusuma Wardani (Indonesia) menjadi tunggal putri tersukses yang naik peringkat usai Hong Kong Open 2024

5 Tunggal Putri Dunia Naik Peringkat usai Hong Kong Open 2024Putri Kusuma Wardani (instagram.com/badminton.ina)

Wakil dari Indonesia menjadi tunggal putri terakhir dan tersukses yang naik peringkat usai Hong Kong Open 2024. Ia adalah Putri Kusuma Wardani. Usai tampil baik di Taipei Open pekan lalu, Putri masih konsisten menjaga penampilan baiknya dan kembali menembus babak final di Hong Kong Open 2024.

Harus mengakui keunggulan dari Han Yue (China), Putri harus puas hanya keluar sebagai runner-up. Namun, hasil ini juga menjadikan peringkat Putri naik drastis hingga sembilan tingkat. Setelah sebelumnya ada di peringkat ke-31, Putri kini langsung melesat naik ke peringkat 22 dunia.

Kelima tunggal putri yang naik peringkat pada pekan ini datang dari negara yang berbeda-beda. Hal ini juga menjadi gambaran dari persaingan pada sektor tunggal putri yang semakin ketat.

Baca Juga: 9 Update Peringkat Ganda Putra Dunia setelah Hong Kong Open 2024

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya