4 Pencapaian Terakhir Fajar/Rian di Turnamen China Open

Selalu gagal meraih gelar

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto baru saja menelan kekalahan pada babak perempat final China Open 2024. Hasil ini menjadi yang keempat kalinya bagi Fajar/Rian gagal meraih gelar juara di turnamen BWF Super 1000 tersebut.

Pasangan yang berjuluk duo FajRi ini telah ikut serta dalam turnamen China Open sejak tahun 2018. Namun, mereka belum pernah sekali pun berhasil mencicipi laga puncak dari turnamen bergengsi tersebut. Berikut ini, pencapaian terakhir Fajar/Rian di turnamen China Open.

1. Takluk di babak 16 besar pada debut mereka di China Open 2018

4 Pencapaian Terakhir Fajar/Rian di Turnamen China OpenFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Fajar/Rian pertama kali ikut serta dalam China Open pada tahun 2018. Kala itu, mereka masih tampil sebagai pasangan nonunggulan. Pada penampilan debutnya ini, Fajar/Rian hanya mampu melangkah sampai babak 16 besar China Open 2018.

Lawan yang harus mereka hadapi saat itu adalah ganda putra tuan rumah, He Ji Ting/Tan Qiang. Kedua pasangan sama-sama berstatus nonunggulan. Dalam waktu pertandingan 42 menit, Fajar/Rian harus mengakui keunggulan dari He/Tan. Mereka pun takluk dengan skor 17-21, 21-12, dan 17-21.

2. Melangkah sampai babak semifinal di China Open 2019

4 Pencapaian Terakhir Fajar/Rian di Turnamen China OpenFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Setelah mendapat hasil kurang baik di laga debut mereka, Fajar/Rian tampil berbeda di China Open 2019. Setahun berselang, kini mereka telah bertengger sebagai ganda putra unggulan ketujuh di China Open 2019. Memiliki kualitas permainan yang telah meningkat, Fajar/Rian berhasil melaju jauh sampai menembus babak semifinal dan berhadapan dengan rekan kompatriot, yaitu Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Pasangan berjuluk The Minions itu tampil sebagai juara bertahan dan duduk sebagai sang unggulan pertama di China Open 2019. Kalah dari segi peringkat dan rekor pertemuan, Fajar/Rian pun harus takluk di tangan Kevin/Marcus. Tanpa hambatan, Kevin/Marcus menang telak dua set langsung hanya dalam waktu 26 menit dengan skor akhir 21-8 dan 21-16.

Baca Juga: Dejan/Gloria Tersingkir di Semifinal China Open 2024

3. Langsung gugur di babak 32 besar meski berstatus sebagai unggulan pertama

4 Pencapaian Terakhir Fajar/Rian di Turnamen China OpenFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Sempat tak diadakan selama 3 tahun karena pandemi, China Open kembali digelar pada tahun 2023. Saat itu Fajar/Rian adalah ganda putra terbaik dunia dan tampil sebagai unggulan pertama di China Open 2023. Mereka pun ditargetkan mampu melaju ke laga puncak dan meraih gelar juara di turnamen Super 1000 tersebut.

Namun, hasil mengejutkan harus menghampiri Fajar/Rian. Meski diunggulkan pada posisi pertama, mereka langsung angkat koper pada babak 32 besar. Tak mampu keluar dari tekanan, Fajar/Rian takluk di tangan wakil nonunggulan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen lewat duel straight game. Lewat skor kembar, 19-21 dan 19-21, Fajar/Rian kalah setelah bertanding selama 50 menit.

4. Kembali gagal melaju jauh di China Open 2024

4 Pencapaian Terakhir Fajar/Rian di Turnamen China OpenFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

China Open 2024 menjadi kali keempat bagi Fajar/Rian mengikuti ajang tersebut. Tampil sebagai unggulan keempat, Fajar/Rian lagi-lagi belum berhasil melaju jauh dan menembus laga puncak. Mereka harus puas hanya melaju sampai babak perempat final.

Pada babak 8 besar China Open 2024 yang digelar, Jumat (20/9/2024), Fajar/Rian dibekuk oleh ganda putra nonunggulan dari Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Mereka menelan kekalahan setelah melewati duel sengit tiga set yang berdurasi 58 menit. Ong/Teo membukukan kemenangan atas Fajar/Rian dengan skor 14-21, 21-17, dan 21-14.

Dari hasil pertandingan di China Open 2024, Fajar/Rian kembali gagal meraih gelar di turnamen tersebut. Sejauh ini, hasil terbaik mereka adalah melaju sampai babak 4 besar di China Open 2019. Sementara itu, hasil terburuk mereka justru di China Open 2023 saat mereka menjadi unggulan pertama dan langsung tumbang di babak 32 besar.

Baca Juga: Fajar/Rian Tumbang Lawan Pasangan Malaysia di China Open 2024

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya