Kiprah Rinov/Phita di Turnamen BWF Eropa Tour 2024, Momen Bangkit!

Sukses akhiri puasa gelar setelah 3 tahun

Sepanjang Maret 2024, BWF telah menggelar rangkaian turnamen tur Eropa bergengsi, mulai dari German Open, French Open, All England, Orléans Masters, Swiss Open, hingga Spain Masters. Salah satu pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari, berhasil meraih satu gelar juara dari rangkaian tur Eropa BWF 2024 tersebut.

Setelah mengalami penurunan performa dalam beberapa bulan terakhir, Rinov/Phita akhirnya mulai bangkit dan mencoba menemukan kembali kepercayaan diri mereka di sepanjang tur Eropa. Akhirnya capai momen bangkit, simak rekap hasil yang diraih Rinov/Phita selama turnamen BWF Eropa tour 2024.

1. Mendapat hasil kurang baik di German Open 2024

Kiprah Rinov/Phita di Turnamen BWF Eropa Tour 2024, Momen Bangkit!Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari (instagram.com/badminton.ina)

Rinov/Phita memulai langkah mereka di tur Eropa dengan mengikuti German Open 2024. Pada turnamen BWF Super 300 ini, Rinov/Phita bertengger sebagai unggulan kedelapan. Masih belum mampu memberikan penampilan terbaik mereka, Rinov/Phita harus menerima kekalahan pada babak kedua.

Kala itu, mereka berhadapan dengan pasangan nonunggulan dari Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing. Lewat duel dua set langsung yang berdurasi 37 menit, Rinov/Phita gagal menembus babak perempat final German Open 2024. Mereka takluk atas Tan/Lai dengan skor 21-17 dan 21-19.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Laju Rinov/Pitha ke Final Spain Masters 2024

2. Menerima hasil lebih buruk di French Open 2024

Kiprah Rinov/Phita di Turnamen BWF Eropa Tour 2024, Momen Bangkit!Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari (instagram.com/badminton.ina)

Turnamen tur Eropa berikutnya yang diikuti Rinov/Phita adalah French Open 2024. Namun, hasil yang lebih buruk harus diterima Rinov/Phita pada turnamen BWF Super 750 tersebut. Setelah sebelumnya mereka gugur di babak kedua, kali ini mereka langsung tumbang pada babak pertama.

Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo adalah lawan yang mereka hadapi di babak 32 besar French Open 2024. Laga sengit harus dilewati oleh Rinov/Phita saat melawan Kaneko/Matsutomo. Setelah melewati pertarungan rubber game yang memakan waktu hingga 1 jam 9 menit, Rinov/Phita harus menelan kekalahan atas wakil Negeri Sakura tersebut dengan skor 22-20, 19-21, dan 20-22.

3. Mulai bangkit di turnamen Orléans Masters 2024

Kiprah Rinov/Phita di Turnamen BWF Eropa Tour 2024, Momen Bangkit!Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari (instagram.com/badminton.ina)

Turnamen All England dan Orléans Masters 2024 digelar secara bersamaan. Meski All England memiliki level lebih tinggi, Rinov/Phita lebih memilih untuk tampil di ajang Orléans Masters. Pihak PBSI pun membeberkan bahwa keputusan Rinov/Pitha memilih level yang lebih rendah karena mereka bisa lebih mudah menambah perolehan poin Race to Olympic Paris 2024. Melihat performa Rinov/Pitha yang sedang menurun, peluang menambah poin itu lebih terbuka jika mereka tampil di Orléans Masters. Hal itu karena pemain top ganda campuran lebih banyak terjun di All England.

Tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada, Rinov/Phita pun berhasil mendapat hasil yang lebih baik di Orléans Masters 2024. Tampil sebagai unggulan pertama, Rinov/Phita sukses melaju sampai laga puncak di turnamen BWF Super 300 tersebut. Bersua ganda campuran China, Cheng Xing/Zhang Chi, Rinov/Phita harus puas menjadi runner-up di Orléans Masters 2024. Dalam waktu 1 jam 8 menit, Rinov/Phita menelan kekalahan dengan skor 21-16, 18-21, dan 15-21.

4. Kembali mendapat hasil buruk di Swiss Open 2024

Kiprah Rinov/Phita di Turnamen BWF Eropa Tour 2024, Momen Bangkit!Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari (instagram.com/badminton.ina)

Setelah menjadi finalis di Orléans Masters, Rinov/Phita harus kembali mendapat hasil buruk di Swiss Open 2024. Jalan cukup terjal memang harus dilewati Rinov/Phita di turnamen BWF Super 300 ini. Pada babak pertama, mereka harus langsung berhadapan dengan pemain unggulan.

Wakil Taiwan yang menempati unggulan keenam, Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin, adalah lawan yang dihadapi Rinov/Phita. Ye/Lee mengalahkan Rinov/Phita lewat pertandingan tiga set yang berdurasi 45 menit. Rinov/Phita harus mengakui keunggulan Ye/Lee dengan skor 21-19, 15-21, dan 15-21.

5. Meraih gelar juara di Spain Masters 2024 setelah revans atas wakil China

Kiprah Rinov/Phita di Turnamen BWF Eropa Tour 2024, Momen Bangkit!Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari (instagram.com/badminton.ina)

Turnamen tur Eropa terakhir yang mereka ikuti adalah Spain Masters 2024. Pada turnamen ini mereka bertengger sebagai unggulan keenam. Tampil memukau sejak babak pertama, Rinov/Phita kembali melenggang ke babak final di turnamen BWF Super 300 tersebut. Di laga puncak, Rinov/Phita berhadapan dengan wakil dari China, Cheng Xing/Zhang Chi.

Ganda campuran muda Negeri Tirai Bambu ini adalah pasangan yang mengalahkan Rinov/Phita pada final Orléans Masters 2024 lalu. Menjadi pertemuan kedua mereka di laga final, Rinov/Phita berhasil revans atas Cheng/Zhang. Setelah berduel selama 54 menit, Rinov/Phita sukses keluar sebagai juara usai mengalahkan Cheng/Zhang dengan skor 17-21, 21-12, dan 21-13.

Hasil cukup baik yang diraih Rinov/Phita dari tur Eropa yang telah mereka ikuti sepanjang Maret 2024 ini membawa angin segar. Kemenangan di Spain Masters 2024 juga suskes mengakhiri puasa gelar yang telah dialami mereka selama 3 tahun. Uniknya, gelar terakhir yang mereka raih tiga tahun lalu juga merupakan gelar juara dari ajang Spain Masters 2021, lho!

Baca Juga: Road to Glory Rinov/Pitha di Spain Masters 2024, Akhiri Puasa Gelar!

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya