5 Ganda Putri yang Tumbangkan Pemain Unggulan di Kejuaraan Asia 2023

Banyak kejutan terjadi dari sektor ganda putri

Semifinal Kejuaraan Asia 2023 bergulir hari ini, Sabtu (29/4/2023), di Dubai, Uni Emirat Arab. Kejutan besar terjadi pada sektor ganda putri.

Pasalnya, hanya ada satu unggulan dari ganda putri yang berhasil melaju ke babak empat besar ini. Mereka adalah Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, unggulan ketujuh asal Jepang.

Persaingan yang ketat membuat banyak pemain nonunggulan sukses mengalahkan para pemain unggulan di turnamen BWF Super 1000 ini. Berikut sederet pebulu tangkis ganda putri yang tumbangkan para pemain unggulan di Kejuaraan Asia 2023.

1. Baek Ha Na/Lee So Hee (Korea Selatan)

5 Ganda Putri yang Tumbangkan Pemain Unggulan di Kejuaraan Asia 2023Baek Ha Na/Lee So Hee (instagram.com/bwf.official)

Ganda putri nonunggulan pertama yang tumbangkan pemain unggulan adalah Baek Ha Na/Lee So Hee. Pasangan dari Korea Selatan ini menumbangkan unggulan kedua asal Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida.

Nami/Shida tumbang di babak pertama dalam waktu 37 menit. Baek/Lee sukses mengalahkan pasangan Jepang tersebut dengan skor 21-9 dan 21-11.

Baca Juga: 5 Unggulan Tunggal Putra Gagal Melaju ke Semifinal Kejuaraan Asia 2023

2. Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand)

5 Ganda Putri yang Tumbangkan Pemain Unggulan di Kejuaraan Asia 2023Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (instagram.com/badthai.official)

Unggulan kelima dari Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva, juga takluk pada babak pertama. Wakil Thailand, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard, berhasil membuat Ganda putri andalan Indonesia ini angkat koper lebih awal di Kejuaraan Asia 2023.

Lewat pertandingan berdurasi 35 menit, Apriyani/Fadia tumbang dalam dua gim langsung. Aimsaard bersaudara membukukan kemenangan atas Apriyani/Fadia dengan skor 21-18 dan 21-11.

3. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (Indonesia)

5 Ganda Putri yang Tumbangkan Pemain Unggulan di Kejuaraan Asia 2023Febriana Dwi/Amalia Pratiwi (instagram.com/badminton.ina)

Kali ini, ada ganda putri unggulan dari Korea Selatan. Kim So Yeong/Kong Hee Yong yang menempati unggulan ketiga terpaksa gugur di babak kedua karena takluk di tangan ganda putri nonunggulan dari Indonesia.

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menumbangkan Kim/Kong dalam waktu pertandingan 45 menit. Febriana/Amalia mengalahkan Kim/Kong dengan skor kembar 21-16 dan 21-16.

4. Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang)

5 Ganda Putri yang Tumbangkan Pemain Unggulan di Kejuaraan Asia 2023Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (instagram.com/bwf.official)

Pada babak kedua Kejuaraan Asia 2023, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara menaklukkan unggulan keempat dari China, Zhang Shu Xian/Zheng Yu. Ganda putri Jepang ini mengalahkan Zhang/Zheng melalui pertandingan lebih dari satu jam dengan skor akhir 21-17, 20-22, dan 21-14.

Hal yang sama juga terjadi pada perempat final Kejuaraan Asia 2023. Kala itu, Mayu/Wakana kembali menumbangkan pemain unggulan. Mereka mengalahkan unggulan keenam dari Korea Selatan, Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong. Jeong/Kim takluk dengan skor 18-21 dan 13-21 dari Mayu/Wakana.

5. Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang)

5 Ganda Putri yang Tumbangkan Pemain Unggulan di Kejuaraan Asia 2023Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (instagram.com/bwf.official)

Pertarungan sesama ganda putri unggulan terjadi pada perempat final Kejuaraan Asia 2023. Duel itu mempertemukan unggulan pertama, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dengan unggulan ketujuh, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Dalam durasi pertandingan 55 menit, Yuki/Sayaka berhasil menaklukkan Chen/Jia melalui pertandingan dua set langsung. Chen/Jia takluk atas Yuki/Sayaka dengan skor 20-22 dan 15-21.

Di sisi lain, tiga ganda putri yang melaju ke semifinal Kejuaraan Asia 2023 merupakan pemain nonunggulan. Mereka adalah Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand), Baek Ha Na/Lee So Hee (Korea Selatan), dan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang). Sementara unggulan kedelapan dari Malaysia, Pearly Tan/Muralitharan Thinaah, memilih mundur lantaran cedera.

Baca Juga: 5 Unggulan Ganda Putra Gagal Melaju ke Semifinal Kejuaraan Asia 2023

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya