5 Ganda Putra Indonesia yang Pernah Duduki Peringkat Satu Dunia

Yang terbaru ada pasangan Fajar/Rian!

Ganda putra menjadi salah satu sektor tulang punggung untuk bulu tangkis Indonesia. Banyak gelar juara dan raihan prestasi luar biasa yang telah dipersembahkan oleh ganda putra Indonesia.

Selalu ada pasangan ganda putra dari Indonesia yang mampu menjadi pasangan terbaik dunia di setiap era. Menjadi sektor yang regenerasinya berjalan paling baik, berikut lima pasang ganda putra terbaik Indonesia yang pernah duduki peringkat satu dunia.

1. Ricky Subagja/Rexy Mainaky

5 Ganda Putra Indonesia yang Pernah Duduki Peringkat Satu DuniaRicky Subagja/Rexy Mainaky (instagram.com/rickysoebagdja)

Ricky Subagja/Rexy Mainaky adalah ganda putra Indonesia yang berjaya di era tahun '90-an. Mereka sukses menjadi salah satu ganda putra yang paling ditakuti pada saat itu.

Prestasi yang mereka torehkan juga sangat luar biasa. Ricky/Rexy sukses meraih medali emas World Championship pada tahun 1995 dan emas Olimpiade tahun 1996.

2. Markis Kido/Hendra Setiawan

5 Ganda Putra Indonesia yang Pernah Duduki Peringkat Satu DuniaMarkis Kido/Hendra Setiawan (instagram.com/bwf.official)

Setelah era Ricky/Rexy di tahun '90-an, ganda putra Indonesia kembali mendominasi di tahun 2000-an. Kali ini ada pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan yang sukses mencuri perhatian.

Kido/Hendra sukses melanjutkan tongkat estafet kejayaan ganda putra Indonesia sebelumnya. Mereka berhasil meraih medali emas World Championship 2007 dan Olimpiade 2008.

Baca Juga: 7 Prestasi Luar Biasa Hendra Setiawan yang Genap Berusia 38 Tahun

3. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

5 Ganda Putra Indonesia yang Pernah Duduki Peringkat Satu DuniaMohammad Ahsan/Hendra Setiawan (instagram.com/badminton.ina)

Setelah sukses menorehkan prestasi luar biasa bersama Markis Kido, Hendra Setiawan memutuskan berpisah dengan Kido dan mulai dipasangkan dengan Mohammad Ahsan. Mereka mulai dipasangkan tahun 2012 dan langsung berhasil menunjukkan dominasi luar biasa di tahun 2013.

Hendra kembali berhasil menorehkan prestasi luar biasa bersama dengan Ahsan. Mereka sukses menjadi ganda putra Indonesia tersukses di ajang World Championship dengan total tiga kali juara, yaitu pada tahun 2013, 2015, dan 2019.

Pasangan berjuluk The Daddies ini juga berhasil meraih dua kali juara All England pada tahun 2014 dan 2019. Bahkan, hingga saat ini mereka tetap konsisten dan berhasil duduk di peringkat tiga dunia.

4. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

5 Ganda Putra Indonesia yang Pernah Duduki Peringkat Satu DuniaKevin Sanjaya/Marcus Gideon (instagram.com/badminton.ina)

Selanjutnya ada Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang juga sukses menjadi ganda putra terbaik dunia. Marcus/Kevin mulai mendominasi pada tahun 2017 hingga tahun 2021 kemarin.

Sejak dipasangkan pada tahun 2015, ganda putra yang sering disapa The Minions ini sudah pernah menjuarai All England dua kali berturut-turut di tahun 2017 dan 2018. Bahkan, mereka juga menjadi ganda putra terlama yang menduduki peringkat satu dunia.

5. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

5 Ganda Putra Indonesia yang Pernah Duduki Peringkat Satu DuniaFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi pasangan ganda putra Indonesia terbaru yang berhasil menduduki peringkat satu dunia. Pada update ranking BWF 27 Desember 2022 kemarin, Fajar/Rian resmi menjadi peringkat satu dunia sektor ganda putra.

Penampilan luar biasa mereka di tahun 2022 ini sukses mengantarkan mereka menjadi ganda putra paling mendominasi di tahun ini. Fajar/Rian masuk delapan final pada tahun 2022 dan berhasil meraih empat gelar juara.

 

Di Indonesia, ganda putra memang menjadi sektor yang paling sukses dalam hal regenerasi. Deretan lima ganda putra terbaik Indonesia di atas sudah membuktikan bahwa sektor ganda putra selalu berhasil melahirkan pasangan terbaik di setiap tahunnya.

Baca Juga: 9 Pertemanan Fajar Alfian dengan Pemain dan Mantan Pemain Persib

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya