5 Ganda Putra Indonesia Siap Bertanding di Indonesia Open 2024

Ada yang langsung saling bersua di babak pertama

Indonesia mengirim wakil terbanyak untuk bertanding di Indonesia Open 2024 lewat sektor ganda putra. Salah satu rangkaian turnamen BWF super 1000 ini akan segera berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, pada 4—9 Juni 2024.

Sebanyak lima pasangan ganda putra terbaik garuda akan ikut berpartisipasi pada turnamen major event tersebut. Sayangnya, dua pasang ganda putra Indonesia harus memulai langkah mereka dengan saling mengalahkan pada babak pertama. Berikut lima ganda putra Indonesia yang siap berlaga di Indonesia Open 2024.

1. Bagas Maulana/Muhamad Shohibul Fikri harus langsung jumpa unggulan di babak pertama

5 Ganda Putra Indonesia Siap Bertanding di Indonesia Open 2024Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (instagram.com/badminton.ina)

Indonesia memiliki satu wakil ganda putra yang akan langsung bersua unggulan. Mereka adalah Bagas Maulana/Muhamad Shohibul Fikri yang menantang unggulan kedelapan dari China. Lawan yang akan dihadapi Bagas/Fikri adalah Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi.

Laga ini menjadi pertemuan keempat bagi kedua pasangan. Dari tiga duel sebelumnya, rekor pertemuan mereka adalah 2-1 untuk keunggulan Liu/Ou. Pada pertemuan terakhir mereka di China Masters 2023, Bagas/Fikri harus takluk di tangan Liu/Ou lewat pertandingan dua set langsung.

2. Sabar Karyaman Gutama/Reza Pahlevi menantang ganda putra terbaik Taiwan

5 Ganda Putra Indonesia Siap Bertanding di Indonesia Open 2024Sabar Karyaman/Reza Pahlevi (instagram.com/badminton.ina)

Berikutnya ada ganda putra non-Pelatnas, Sabar Karyaman Gutama/Reza Pahlevi, yang juga akan bertanding di Indonesia Open 2024. Sabar/Reza akan menantang Lee Yang/Wang Chi Lin pada laga pertama mereka. Momen ini menjadi pertemuan perdana bagi Sabar/Reza bersua dengan ganda putra terbaik Taiwan tersebut.

Di atas kertas, Sabar/Reza tentu masih kalah jauh dibanding Lee/Wang. Pasangan yang pernah meraih Juara Olimpiade Tokyo tersebut saat ini tengah duduk di peringkat 9 dunia. Sementara itu, Sabar/Reza terpaut 20 peringkat dengan menempati urutan 29 dunia.

Baca Juga: PBSI Batal Gelar Perpisahan Minions di Indonesia Open 2024

3. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi pasangan paling senior di Indonesia Open 2024

5 Ganda Putra Indonesia Siap Bertanding di Indonesia Open 2024Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (instagram.com/badminton.ina)

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi ganda putra paling senior yang akan mengikuti Indonesia Open 2024. The Daddies pertama kali mengikuti ajang Indonesia Open pada tahun 2013 silam. Kala itu, mereka langsung sukses keluar sebagai juara setelah menaklukkan pasangan Korea Selatan di laga puncak. Sudah 11 tahun berselang, Ahsan/Hendra kini masih aktif menjadi atlet badminton dan kembali akan berlaga di Indonesia Open 2024.

Pada babak pertama, mereka akan melawan wakil Thailand, Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren. Ini adalah pertemuan kedua mereka setelah sebelumnya keduanya juga berjumpa di Indonesia Open 2023 lalu. Saat itu, Ahsan/Hendra berhasil mengalahkan Jomkoh/Kedren lewat duel straight game.

4. Fajar Alfian/Rian Ardianto langsung berhadapan dengan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

5 Ganda Putra Indonesia Siap Bertanding di Indonesia Open 2024Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (instagram.com/badminton.ina)

Sayangnya, dua ganda putra Indonesia harus langsung saling menumbangkan di babak 32 besar. Mereka adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Pasangan Fajar/Rian sendiri merupakan satu-satunya ganda putra Indonesia yang berstatus unggulan. Mereka bertengger sebagai unggulan ketujuh di turnamen ini.

Meski kalah dari segi peringkat, Leo/Daniel sejatinya memimpin dari segi rekor pertemuan. Dari lima pertemuan terakhir mereka, Leo/Daniel memimpin jauh head-to-head atas Fajar/Rian dengan catatan 4-1. Siapakah dari dua pasangan Garuda tersebut yang akan melaju ke babak selanjutnya?

Dari undian yang sudah keluar, Sabar/Reza menjadi satu-satunya pasangan Indonesia yang berada di pool atas. Sementara itu, Bagas/Fikri, Ahsan/Hendra, Fajar/Rian dan Leo/Daniel bergabung di pool bawah.

Baca Juga: 4 Lawan Ganda Campuran Indonesia di Babak Pertama Indonesia Open 2024

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya