6 Laga Derbi pada Babak 16 Besar French Open 2023

Didominasi oleh pasukan China dan Jepang

French Open 2023 mulai bergulir sejak, Selasa (24/10/2023) lalu. Turnamen ini berlangsung di Glaz Arena in Cesson-Sevigne, Prancis. Babak 16 besar turnamen BWF Super 750 ini sendiri akan digelar hari ini, Kamis (26/10/2023). Menariknya, akan ada beberapa atlet bulu tangkis yang mesti melakoni perang saudara pada babak kedua French Open 2023.

Siapa saja mereka? Langsung simak pada daftar derbi pada babak 16 besar French Open 2023 di bawah ini, ya!

1. Yuki Fukushima/Sayaka Hirota vs. Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto (Jepang)

6 Laga Derbi pada Babak 16 Besar French Open 2023Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (instagram.com/bwf.official)

Dari sektor ganda putri, Jepang memastikan satu wakilnya melaju ke babak perempat final. Sebab, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota akan menantang Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto pada laga 16 besar French Open 2023. Kedua ganda putri Negeri Sakura ini sudah pernah bertemu dua kali sebelumnya.

Rekor pertemuan mereka adalah 2-0 untuk keunggulan telak Fukushima/Hirota. Pada turnamen ini, Fukushima/Hirota juga berstatus sebagai unggulan keempat. Meski begitu, Miyaura/Sakuramoto tetap memiliki peluang untuk mengalahkan kompatriotnya tersebut.

Baca Juga: 5 Wakil Indonesia Jumpa Unggulan di Babak Kedua French Open 2023

2. Chen Yu Fei vs. Wang Zhi Yi (China)

6 Laga Derbi pada Babak 16 Besar French Open 2023Wang Zhi Yi (instagram.com/bwf.official)

Ada dua wakil China di sektor tunggal putri yang akan berhadapan pada babak 16 besar French Open 2023. Mereka adalah Chen Yu Fei dan Wang Zhi Yi. Keduanya melaju ke babak ini setelah melewati babak 32 besar dengan kemenangan.

Kedua tunggal putri Negeri Tirai Bambu ini sudah pernah bertemu sebanyak enam kali sebelumnya. Chen Yu Fei memimpin Head-to-head mereka dengan 6-0. Mampukah Wang Zhi Yi membalikkan keadaan pada pertandingan mereka hari ini?

3. Chen Qing Chen/Jia Yi Fan vs. Liu Sheng Shu/Tan Ning (China)

6 Laga Derbi pada Babak 16 Besar French Open 2023Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (instagram.com/bwf.official)

China kembali mengamankan satu tiket ke babak 8 besar French Open 2023 melalui sektor ganda putri. Pasalnya, Liu Sheng Shu/Tan Ning akan menantang senior mereka, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Pertandingan ini sendiri akan menjadi pertemuan pertama bagi mereka.

Kedua ganda putri Negeri Tirai Bambu ini terpaut 12 peringkat. Chen/Jia lebih unggul karena mereka adalah ganda putri nomor satu dunia. Sementara itu, Liu/Tan ada di urutan 13 dunia saat ini.

4. Pai Yu Po vs. Tai Tzu Ying (Taiwan)

6 Laga Derbi pada Babak 16 Besar French Open 2023Tai Tzu Ying (instagram.com/bwf.official)

Selanjutnya, ada dua tunggal putri Taiwan yang akan bersua pada babak 16 besar French Open 2023. Tai Tzu Ying mesti melawan rekan senegaranya, Pai Yu Po. Duel ini akan menjadi pertemuan kelima bagi Tai Tzu Ying dan Pai Yu Po. Dari empat pertemuan terakhir, Tai Tzu Ying selalu berhasil menang atas Pai Yu Po. Praktis, Tai Tzu Ying memimpin telak head-to-head mereka dengan 4-0 atas Pai Yu Po. 

5. Rui Hirokami/Yuna Kato vs. Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang)

6 Laga Derbi pada Babak 16 Besar French Open 2023Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (instagram.com/bwf.official)

Ganda putri Jepang kembali akan menyajikan laga derbi pada babak 16 besar French Open 2023. Kali ini, ada Rui Hirokami/Yuna Kato yang akan bersua dengan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara. Dua tunggal putri andalan Jepang ini akan terus berusaha untuk melaju ke babak berikutnya meski dengan mengalahkan rekan senegara.

Matsumoto/Nagahara sendiri lebih unggul dibanding Hirokami/Kato dari segi peringkat BWF. Unggulan kedelapan ini tengah duduk di peringkat 6 dunia. Hirokami/Kato, di sisi lain, ada di urutan 32 dunia. Duel ini merupakan pertemuan perdana mereka di turnamen internasional.

6. He Bing Jiao vs. Zhang Yi Man (China)

6 Laga Derbi pada Babak 16 Besar French Open 2023Zhang Yi Man (instagram.com/badthai.official)

Tunggal putri China kembali dipastikan meloloskan satu wakil ke babak perempat final French Open 2023. Pada babak kedua ini, He Bing Jiao akan melawan rekannya, Zhang Yi Man. He Bing Jiao sendiri merupakan unggulan kelima di turnamen ini.

Kedua wakil China ini sebelumnya sudah pernah bertemu tiga kali. Dari tiga pertemuan itu, Zhang Yi Man selalu takluk di tangan He Bing Jiao. Apakah He Bing Jiao akan kembali memperpanjang rekor pertemuannya atas Zhang Yi Man?

Babak 16 besar French Open 2023 bakal dimulai pukul 12.00 waktu setempat atau sekitar pukul 17.00 WIB. Babak ini bakal menggunakan empat lapangan. Jika dilihat dari daftar derbi di atas, negara China dan Jepang mendominasi laga derbi pada babak kedua ini.

Baca Juga: 4 Lawan Ganda Putra Indonesia di Babak Kedua French Open 2023

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya