Road to Final Apriyani/Fadia di Kejuaraan Dunia 2023, Basmi Unggulan!

Selangkah lebih dekat dengan medali emas

Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, melangkahkan kakinya ke babak final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023. Mereka memastikan tiket final usai meraih kemenangan atas wakil Korea Selatan pada babak semifinal yang berlangsung pada Sabtu (26/8/2023), di Copenhagen, Denmark.

Capaian Apriyani/Fadia ini mengakhiri puasa panjang sektor ganda putri Indonesia di Kejuaraan Dunia. Tercatat, sudah 28 tahun tak ada ganda putri Indonesia yang berhasil menembus final Kejuaraan Dunia. Tentunya capaian ini tak lepas dari usaha keras Apriyani/Fadia. Simak road to final Apriyani/Fadia di Kejuaraan Dunia 2023 berikut ini!

1. Menyingkirkan wakil Belanda pada babak kedua

Road to Final Apriyani/Fadia di Kejuaraan Dunia 2023, Basmi Unggulan!Debora Jille/Cheryl Seinen (instagram.com/debbyjille)

Berpredikat sebagai unggulan ke-12 membuat Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti tak bermain pada babak pertama. Mereka mendapatkan bye dan langsung melangkah ke babak kedua. Pada babak kedua ini, mereka berhadapan dengan andalan Belanda, Debora Jille/Cheryl Seinen.

Apriyani/Fadia cukup kesusahan menundukkan ganda putri tangguh di peringkat dunia ini. Mereka harus bermain 3 set selama 59 menit. Namun, mereka akhirnya menang dengan skor 19-21, 21-14, dan 21-16 setelah hampir 1 jam bertanding.

2. Revans dari unggulan kedua asal Korea Selatan pada babak ketiga

Road to Final Apriyani/Fadia di Kejuaraan Dunia 2023, Basmi Unggulan!Baek Ha Na/Lee So Hee (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Unggulan kedua asal Korea Selatan, Baek Ha Na/Lee So Hee, jadi lawan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti pada babak kedua. Pada laga yang menjadi pertemuan ketiga mereka ini, Apriyani/Fadia sukses mengemas kemenangan dengan skor telak. Mereka menang 21-12 dan 21-14 dalam durasi 41 menit.

Ini merupakan kemenangan pertama Apriyani/Fadia atas Baek/Lee. Ini juga revans dari dua kekalahan pada pertemuan mereka sebelumnya. Kekalahan itu tercipta di Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2023 dan All England 2023.

Baca Juga: Jadwal Final Kejuaraan Dunia 2023, Ada Apriyani/Fadia

3. Sikat unggulan asal Jepang pada babak perempat final

Road to Final Apriyani/Fadia di Kejuaraan Dunia 2023, Basmi Unggulan!Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Kendati sukses memulangkan unggulan kedua pada babak ketiga, langkah Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti tidaklah mudah pada babak berikutnya. Mereka harus bersua dengan unggulan lainnya, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota asal Jepang. Mereka menjadi unggulan kelima.

Apriyani/Fadia belum pernah meraih kemenangan atas Fukushima/Hirota. Mereka selalu kalah dari dua pertemuan yang sudah dilakoni. Pada laga ini, Apriyani/Fadia untuk pertama kalinya sukses meraih kemenangan atas Fukushima/Hirota dengan skor 21-18, 13-21, dan 21-10 dalam waktu 77 menit.

4. Menang atas unggulan dari Korea Selatan pada babak semifinal

Road to Final Apriyani/Fadia di Kejuaraan Dunia 2023, Basmi Unggulan!Kim So Yeong dan Kong Hee Yong (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Memasuki babak semifinal, penampilan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti makin garang. Mereka berhasil memulangkan unggulan ketiga sekaligus peraih medali perak edisi sebelumnya. Para atlet ini berasal dari Korea Selatan, yakni Kim So Yeong/Kong Hee Yong.

Apriyani/Fadia menang dua set langsung dengan skor 21-9 dan 22-20. Pertandingan berlangsung dalam waktu 52 menit. Kemenangan ini memperlebar jarak keunggulan rekor pertemuan mereka atas Kim/Kong dengan kedudukan 2-0.

5. Tantang juara bertahan sekaligus unggulan pertama pada partai final

Road to Final Apriyani/Fadia di Kejuaraan Dunia 2023, Basmi Unggulan!Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Langkah Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti kian berat pada partai puncak. Mereka akan berjumpa dengan unggulan pertama sekaligus juara bertahan, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan asal China. Laga final ini menjadi pertemuan keenam mereka di turnamen resmi.

Dari 5 pertemuan sebelumnya, Apriyani/Fadia baru 1 kali meraih kemenangan. Mereka kesulitan merebut kemenangan. Final Kejuaraan Dunia 2023 akan menjadi tantangan.

Bagi Apriyani maupun Fadia, final ini sendiri menjadi final Kejuaraan Dunia pertama. Mereka juga menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil lolos ke final Kejuaraan Dunia 2023. Akankah Apriyani/Fadia sukses mengukir sejarah pada Minggu (27/8/2023)?

Baca Juga: Apriyani/Fadia Melaju ke Final Kejuaraan Dunia 2023!

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya