3 Pemain Indonesia yang Berstatus Unggulan di China Open 2024

Salah satunya Gregoria Mariska Tunjung

China Open 2024 menjadi turnamen BWF World Tour ketiga yang digelar pada September 2024 setelah Taipei Open 2024 dan Hong Kong Open 2024. Turnamen ini juga menjadi turnamen World Tour Super 1000 terakhir yang digelar tahun ini.

China Open 2024 sendiri akan bergulir mulai 17 hingga 22 September 2024 di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, China. Total hadiah yang diperebutkan di turnamen ini fantastis, yakni mencapai Rp30 miliar.

Indonesia tentu tak mau melewatkan kesempatan untuk tampil di turnamen bergengsi ini. Ada sepuluh wakil yang dikirimkan Indonesia ke turnamen ini. Sebagian besar wakil Indonesia itu merupakan pemain nonunggulan. Hanya ada tiga pebulu tangkis Indonesia yang berstatus unggulan di China Open 2024.

Siapa saja mereka? Berikut daftar lengkap pemain Indonesia yang berstatus unggulan di China Open 2024.

1. Jonatan Christie menjadi unggulan ketujuh sektor tunggal putra

3 Pemain Indonesia yang Berstatus Unggulan di China Open 2024Jonatan Christie (pbsi.id)

Jonatan Christie dari sektor tunggal putra berstatus unggulan ketujuh di China Open 2024. Pemain yang akrab disapa Jojo itu menjadi satu-satunya yang bertatus unggulan dari tiga tunggal putra Indonesia yang turun di turnamen ini. Adapun dua tunggal putra Indonesia lainnya yang tak termasuk unggulan adalah Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Langkah Jojo sebagai unggulan ketujuh akan dimulai pada babak pertama dengan menghadapi tunggal putra Denmark, Rasmus Gemke. Ini akan menjadi pertemuan keenamnya dengan tunggal putra peringkat 26 dunia tersebut. Secara rekor pertemuan, Jojo unggul telak 4-1. Pada pertemuan terakhir yang berlangsung pekan lalu di Hong Kong Open 2024, ia juga berhasil membukukan kemenangan. Ia menang dua set langsung dengan skor 21-12 dan 21-19.

Baca Juga: Daftar 10 Wakil Indonesia di China Open 2024, Ada Fajar/Rian

2. Gregoria Mariska Tunjung diunggulkan di urutan kelima sektor tunggal putri

3 Pemain Indonesia yang Berstatus Unggulan di China Open 2024Gregoria Mariska Tunjung (pbsi.id)

Indonesia mempunyai satu unggulan dari sektor tunggal putri di China Open 2024. Gregoria Mariska Tunjung adalah tunggal putri tersebut. Ia akan tampil di turnamen ini sebagai unggulan kelima. Tak hanya menjadi satu-satunya tunggal putri Indonesia yang berstatus unggulan, ia juga menjadi satu-satunya wakil tunggal putri Indonesia.

Pada babak pertama, Gregoria akan bersua Malvika Bansod dari India. Ini akan menjadi pertemuan keduanya dengan tunggal putri peringkat 41 dunia tersebut. Sebelumnya, ia mengalahkan Malvika Bansod saat berjumpa untuk pertama kalinya di perempat final Hylo Open 2022. Saat itu, ia menang 2 set langsung dengan skor 21-17 dan 21-10 dalam durasi 35 menit.

3. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tampil sebagai unggulan keempat sektor ganda putra

3 Pemain Indonesia yang Berstatus Unggulan di China Open 2024Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Indonesia memboyong lima ganda putra ke China Open 2024. Dari jumlah itu, hanya satu yang berstatus unggulan, yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Juara All England 2024 itu diunggulkan di urutan keempat di bawah Liang Wei Keng/Wang Chang (China), Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark), dan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Korea Selatan) yang masing-masing berstatus unggulan pertama, kedua, dan ketiga. Dengan posisi itu, mereka menjadi wakil Indonesia dengan tingkat unggulan tertinggi.

Pada babak pertama, Fajar/Rian akan dihadapkan dengan ganda putra Korea Selatan, Choi Sol Gyu/Heo Kwang Hee. Belum ada rekor pertemuan yang tercatat. Ini akan menjadi pertemuan pertama mereka dengan ganda putra yang menduduki peringkat 200 dunia tersebut.

Tiga pebulu tangkis unggulan Indonesia di atas sama-sama baru beraksi pada hari kedua yang berlangsung pada Rabu (18/9/2024). Dari segi peringkat dan rekor pertemuan, mereka lebih unggul dibandingkan lawan. Mungkinkah mereka menang?

Baca Juga: China Open 2024 Hari Ini, Indonesia Perang Saudara di Babak 32 Besar

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya