3 Pebulu Tangkis Indonesia yang Jadi Unggulan di Olimpiade Paris 2024

Seluruhnya dari sektor tunggal

Bulu tangkis Indonesia meloloskan sembilan atlet ke Olimpiade Paris 2024. Sama seperti edisi sebelumnya, wakil bulu tangkis Indonesia di Olimpiade Paris 2024 lengkap dari lima sektor. Bahkan, sektor tunggal putra berhasil meloloskan dua wakil.

Beberapa pebulu tangkis Indonesia yang berlaga di ajang empat tahunan ini berstatus unggulan. Tercatat ada tiga pebulu tangkis Indonesia yang jadi unggulan di Olimpiade Paris 2024. Menariknya, seluruhnya berasal dari sektor tunggal. Siapa sajakah mereka? Berikut daftar lengkapnya.

 

1. Jonatan Christie diunggulkan di posisi ketiga sektor tunggal putra

3 Pebulu Tangkis Indonesia yang Jadi Unggulan di Olimpiade Paris 2024Jonatan Christie (pbsi.id)

Di sektor tunggal putra, ada dua pebulu tangkis Indonesia yang jadi unggulan di Olimpiade Paris 2024. Salah satunya adalah Jonatan Christie yang diunggulkan di posisi ketiga di bawah Shi Yu Qi (China) dan Viktor Axelsen (Denmark). Dengan posisi tersebut, pemain yang akrab disapa Jojo ini menjadi pebulu tangkis Indonesia dengan status unggulan tertinggi.

Bagi Jojo, ini merupakan kali keduanya menjadi unggulan di Olimpiade. Sebelumnya, ia juga berstatus unggulan saat debut di Olimpiade 2020 Tokyo. Kala itu, ia diunggulkan di posisi ketujuh. Langkahnya terhenti pada 16 besar setelah takluk dari unggulan ke-11 asal China, Shi Yu Qi.

Di Olimpiade Paris 2024 kali ini, Jojo yang tergabung dalam Grup L pada fase grup akan bersaing dengan Lakshya Sen (India), Kevin Cordon (Guatemala), dan Julien Carraggi (Belgia) untuk memperebutkan satu tempat ke fase gugur atau 16 besar. Dari ketiga lawannya tersebut, Jojo hanya pernah berhadapan dengan Lakshya Sen. Tercatat, ia sudah 5 kali bertemu tunggal putra India tersebut dan mengoleksi 4 kemenangan. Sementara itu, Jojo belum pernah bertemu dengan Kevin Cordon dan Julien Carraggi.

2. Anthony Sinisuka Ginting jadi unggulan kesembilan sektor tunggal putra

3 Pebulu Tangkis Indonesia yang Jadi Unggulan di Olimpiade Paris 2024Anthony Sinisuka Ginting (pbsi.id)

Masih dari sektor tunggal putra, pebulu tangkis Indonesia berikutnya yang jadi unggulan di Olimpiade Paris 2024 adalah Anthony Sinisuka Ginting. Pebulu tangkis kelahiran Cimahi ini akan tampil sebagai unggulan kesembilan di Olimpiade keduanya. Pada edisi sebelumnya, ia juga berstatus unggulan. Saat itu, ia menjadi unggulan kelima dan berhasil meraih medali perunggu.

Ginting sendiri pada fase grup Olimpiade Paris 2024 akan bertarung dengan Toma Junior Popov (Prancis) dan Howard Shu (Amerika Serikat) di Grup H. Ia wajib menjadi juara grup jika ingin melaju ke fase gugur. Secara rekor pertemuan, ia unggul 1-0 atas Toma Junior Popov, sedangkan dengan Howard Shu ia belum pernah bertemu.

3. Gregoria Mariska Tunjung tempati posisi sebagai unggulan ketujuh

3 Pebulu Tangkis Indonesia yang Jadi Unggulan di Olimpiade Paris 2024Gregoria Mariska Tunjung (pbsi.id)

Selanjutnya, pebulu tangkis Indonesia yang jadi unggulan di Olimpiade Paris 2024 adalah Gregoria Mariska Tunjung dari sektor tunggal putri. Gregoria tak hanya menjadi satu-satunya wakil tunggal putri Indonesia tetapi juga menjadi satu-satunya pebulu tangkis putri Indonesia yang berstatus unggulan di Olimpiade Paris 2024. Ia menempati posisi sebagai unggulan ketujuh.

Ini bukan kali pertama Gregoria menjadi unggulan di Olimpiade. Sebelumnya, saat debut di Olimpiade Tokyo 2020 ia juga menyandang predikat unggulan. Saat itu, ia menjadi unggulan ke-14 dan langsung tumbang pada babak 16 besar setelah kalah dari Ratchanok Intanon asal Thailand yang diunggulkan di urutan kelima.

Di Olimpiade Paris 2024, Gregoria akan tamipil dari fase grup dengan menghadapi Tereza Svabikova (Ceko) dan Polina Buhrova (Ukraina) di Grup G. Ia belum pernah menghadapi dua rivalnya tersebut di turnamen sebelumnya. Laga di Olimpiade Paris 2024 ini akan menjadi pertemuan pertamanya dengan Tereza Svabikova dan Polina Buhrova.

Dengan berstatus unggulan, target dan beban tiga pebulu tangkis Indonesia di atas tentu lebih berat. Semoga mereka meraih hasil yang maksimal, ya!

Baca Juga: Soal Target Olimpiade, Gregoria Mariska: Fokus Satu-Satu

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya