5 Pebulu Tangkis Indonesia Terakhir yang Menjuarai French Open

Terbaru Jonatan Christie yang sukses jadi juara French Open 2023

Ajang French Open 2023 usai pada, Minggu (29/10/2023), di Glaz Arena, Rennes, Prancis. Pada turnamen BWF super 750 ini, titel juara umum berhasil diraih China yang memboyong tiga gelar juara dari sektor tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran. Sementara itu, dua gelar juara lainnya diraih oleh Indonesia di sektor tunggal putra dan Denmark di sektor ganda putra.

Indonesia merebut satu gelar juara di sektor tunggal putra lewat unggulan kelima, Jonatan Christie. Jojo sendiri bukanlah pemain Indonesia pertama yang menjadi juara di turnamen ini. Sebelumnya, sudah banyak wakil Indonesia yang berjaya di turnamen bulu tangkis terbesar di Prancis ini. Berikut lima pebulu tangkis Indonesia terakhir yang menjuarai French Open.

1. Greysia Polii/Apriyani Rahayu (2017)

5 Pebulu Tangkis Indonesia Terakhir yang Menjuarai French OpenGreysia Polii dan Apriyani Rahayu (pbsi.id)

Ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil menjadi kampiun di French Open 2017. Kemenangan mereka cukup mengejutkan kala itu sebab mereka tidak termasuk dalam pemain unggulan. Selain itu, dalam perjalanannya merebut gelar juara, mereka sukses membekuk tiga ganda putri unggulan. Pada partai final, mereka mengandaskan wakil Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan, dengan skor 21-17 dan 21-15 dalam waktu 54 menit.

Baca Juga: Road to Final Bagas/Fikri di French Open 2023, Final Keempat pada 2023

2. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (2017)

5 Pebulu Tangkis Indonesia Terakhir yang Menjuarai French OpenTontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (instagram.com/tontowiahmad_)

Selain lewat Greysia/Apriyani, Indonesia juga merebut satu gelar lainnya di French Open 2017 lewat ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Mereka yang saat itu diunggulkan di posisi keempat sukses merengkuh gelar juara usai menaklukkan Zheng Si Wei/Chen Qing Chen dari China yang diunggulkan di posisi pertama. Mereka menang dengan skor 22-20 dan 21-15 dalam durasi 44 menit. Bagi Tontowi/Liliyana, ini bukanlah gelar French Open pertama mereka. Sebelumnya, mereka sudah pernah meraihnya pada edisi 2014.

3. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (2019)

5 Pebulu Tangkis Indonesia Terakhir yang Menjuarai French OpenMarcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (pbsi.id)

Indonesia berakhir tanpa gelar juara pada French Open 2018. Baru pada edisi 2019 Indonesia kembali meraih dua gelar juara. Salah satu gelar juara Indonesia disumbangkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dari sektor ganda putra. Mereka yang merupakan unggulan pertama kala itu berhasil keluar sebagai juara usai mengalahkan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty asal India dengan skor 21-18 dan 21-16 dalam durasi 35 menit. 

4. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (2019)

5 Pebulu Tangkis Indonesia Terakhir yang Menjuarai French OpenPraveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti (instagram.com/melatidaeva)

Satu gelar lainnya yang diraih Indonesia di French Open 2019 datang dari sektor ganda campuran lewat pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Unggulan keenam ini berhasil menyabet gelar juara setelah menundukkan unggulan pertama asal China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Mereka menang lewat duel sengit tiga set yang berlangsung selama 63 menit dengan skor 22-24, 21-16, dan 21-12. 

5. Jonatan Christie (2023)

5 Pebulu Tangkis Indonesia Terakhir yang Menjuarai French OpenJonatan Christie di podium French Open 2023(pbsi.id)

Terbaru, wakil Indonesia yang berhasil menaiki podium tertinggi French Open adalah Jonatan Christie. Jojo menjadi yang terbaik di sektor tunggal putra French Open 2023. Ia dipastikan menjadi juara usai membantai wakil China, Li Shi Feng, yang diunggulkan di posisi kedelapan. Ia menang tiga set dengan skor 16-21, 21-15, dan 21-14 dalam waktu 80 menit. Bagi Jojo, gelar ini merupakan gelar perdananya di turnamen BWF World Tour Super 750. Sebelumnya, gelar terbaiknya hanya menjuarai level turnamen BWF Super 500. 

Para pebulu tangkis Indonesia cukup sering menaiki podium tertinggi di turnamen ini meski tak rutin pada setiap edisi. Semoga pada edisi French Open berikutnya Indonesia mampu meraih gelar lebih banyak, ya!

Baca Juga: Road to Final Jonatan Christie di French Open 2023, Momen Comeback!

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya