Kiprah Indonesia dalam 5 Edisi Terakhir Hong Kong Open

Hampir selalu membawa pulang gelar juara

Intinya Sih...

  • Indonesia konsisten meraih gelar juara di Hong Kong Open sejak 2016
  • Beberapa wakil Indonesia yang berhasil meraih gelar juara antara lain Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Jonatan Christie, dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.
  • Pada 2019, Indonesia gagal meraih gelar juara di Hong Kong Open setelah Anthony Sinisuka Ginting dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kalah di final. Namun pada 2023, Indonesia kembali menjadi juara umum dengan dua gelar juara.

Hong Kong Open 2024 sudah berlangsung sejak Selasa (10/9/2024) di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Hong Kong. Ada 12 wakil Indonesia yang turun di BWF World Tour Super 500 dengan total hadiah Rp6,4 miliar ini.

Indonesia sendiri punya prestasi yang cukup mentereng di Hong Kong Open. Sudah ada puluhan gelar juara yang berhasil direbut wakil Indonesia di turnamen BWF ini. Dalam beberapa edisi terakhir, Indonesia juga konsisten menyabet gelar juara.

Berikut kiprah Indonesia dalam lima edisi terakhir Hong Kong Open.

1. Menyabet satu gelar juara di Hong Kong Open 2016

Kiprah Indonesia dalam 5 Edisi Terakhir Hong Kong OpenTontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjuarai Hong Kong Open 2016. (x.com/bwfmedia)

Indonesia mengantongi satu gelar juara di Hong Kong Open 2016. Saat itu, yang menjadi peraih gelar juara adalah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dari sektor ganda campuran. Mereka yang diunggulkan di urutan ketujuh keluar sebagai kampiun setelah memenangkan perang saudara kontra Praveen Jordan/Debby Susanto yang diunggulkan di urutan kedua. Dalam laga yang berlangsung selama 42 menit, mereka meraih kemenangan dengan skor 21-19 dan 21-17.

2. Meraih satu gelar juara di Hong Kong Open 2017

Kiprah Indonesia dalam 5 Edisi Terakhir Hong Kong OpenMarcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menjuarai Hong Kong Open 2017. (x.com/bwfmedia)

Satu gelar juara kembali dibawa pulang Indonesia dari Hong Kong Open 2017. Pada edisi ini, giliran ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, yang menyumbangkan gelar juara. Kemenangan mereka memang sudah banyak diduga karena merupakan unggulan pertama. Pada partai final, mereka memastikan gelar juara setelah menaklukkan unggulan keenam asal Denmark, Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding, dengan skor 21-12 dan 21-18 dalam durasi 37 menit.

Baca Juga: Jonatan Christie Susul Ginting ke Perempat Final Hong Kong Open 2024

3. Kembali membawa pulang satu gelar juara dari Hong Kong Open 2018

Kiprah Indonesia dalam 5 Edisi Terakhir Hong Kong OpenMarcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menjuarai Hong Kong Open 2018. (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Di Hong Kong Open 2018, Indonesia juga membawa pulang gelar juara. Sama seperti edisi sebelumnya, gelar juara Indonesia pada edisi ini disumbangkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dari sektor ganda putra. Kembali tampil sebagai unggulan pertama, Marcus/Kevin memastikan gelar juara setelah menyingkirkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda asal Jepang yang diunggulkan di posisi keempat dalam laga final. Mereka menang dalam duel yang berjalan selama 35 menit dengan skor 21-13 dan 21-12.

4. Berakhir tanpa gelar juara di Hong Kong Open 2019

Kiprah Indonesia dalam 5 Edisi Terakhir Hong Kong OpenAnthony Sinisuka Ginting berlaga di final Hong Kong Open 2019. (hkopenbadminton.org)

Rentetan gelar juara yang diraih Indonesia harus putus di Hong Kong Open 2019. Pada edisi ini, Indonesia gagal mengamankan gelar juara. Sejatinya, ada dua wakil Indonesia yang menembus final. Dua wakil tersebut adalah tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting, dan ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Anthony Sinisuka Ginting finis sebagai runner-up setelah kalah dari wakil nonunggulan tuan rumah, Lee Cheuk Yiu. Ia kalah 3 set dengan skor tipis 21-16, 10-21, dan 20-22 dalam durasi 77 menit. Sementara itu, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan gagal menjadi juara setelah menelan kekalahan pada laga final dari Choi Sol Gyu/Seo Seung Jae asal Korea Selatan. Kekalahan mereka dapatkan dalam laga yang berjalan selama 50 menit dengan skor 21-13, 12-21, dan 13-21.

5. Menjadi juara umum di Hong Kong Open 2023

Kiprah Indonesia dalam 5 Edisi Terakhir Hong Kong OpenJonatan Christie menjuarai Hong Kong Open 2023. (pbsi.id)

Setelah gagal total di Hong Kong Open 2019, Indonesia bangkit di Hong Kong Open 2023 dengan menjadi juara umum. Pada edisi ini, dua gelar juara sukses diraih Indonesia. Jonatan Christie dari sektor tunggal putra dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dari sektor ganda putri adalah wakil Indonesia yang meraih gelar juara tersebut.

Kemenangan diraih Jonatan Christie dengan menumbangkan wakil Jepang pada laga final. Ia menang dengan skor 12-21, 22-20, dan 21-18 dalam waktu 84 menit dari Kenta Nishimoto. Di sisi lain, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menyabet gelar juara setelah menumpas wakil Malaysia unggulan keenam, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan, pada laga final dengan skor 14-21, 24-22, dan 21-9 dalam waktu 73 menit.

Sangat disayangkan, rentetan gelar juara Indonesia di Hong Kong Open sempat terputus pada 2019. Hal serupa tentu tidak boleh terjadi pada 2024. Mungkinkah wakil bulu tangkis Indonesia mendapatkan gelar juara seperti biasanya?

Baca Juga: Gregoria Tumbang Lawan Ratchanok di Hong Kong Open 2024

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya