Daftar Juara Bertahan Bulu Tangkis Asian Games, Ada Wakil Indonesia!

Ada yang absen di Asian Games 2022

Ajang Asian Games 2022 sudah resmi dibuka sejak, Sabtu (23/9/2023) lalu. Meski begitu, cabang olahraga bulu tangkis baru bergulir pada, Kamis (28/9/2023). Sama seperti edisi sebelumnya, pada Asian Games 2022 ini cabor bulu tangkis akan memperebutkan 7 medali emas dari 5 sektor yang berbeda ditambah dengan 2 nomor beregu. 

Pada edisi sebelumnya, China berhasil menjadi juara umum bulu tangkis Asian Games dengan menggondol 3 medali emas, disusul Indonesia dengan 2 medali emas, serta Taiwan dan Jepang dengan 1 medali emas. Intip juara bertahan bulu tangkis Asian Games melalui ulasan berikut!

1. Beregu putra: China

Daftar Juara Bertahan Bulu Tangkis Asian Games, Ada Wakil Indonesia!tim beregu putra China di Asian Games 2018 (bwfbadminton.com)

Pada nomor beregu putra, tim China yang diunggulkan di posisi pertama sukses menggondol medali emas. Mereka tampil perkasa sejak babak awal dengan kehilangan 2 poin saja. Pada partai final, mereka menumbangkan Indonesia yang merupakan unggulan kedua dengan skor 3-1. Pada Asian Games 2022, tim beregu putra China akan turun sebagai unggulan kedua di bawah Indonesia.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-24 Incar Podium di Asian Games 2022

2. Beregu putri: Jepang

Daftar Juara Bertahan Bulu Tangkis Asian Games, Ada Wakil Indonesia!tim beregu putri Jepang di Asian Games 2018 (bwfbadminton.com)

Pada nomor beregu putri, titel juara bertahan juga disandang oleh tim yang saat itu diunggulkan di posisi pertama, yakni Jepang. Mereka memastikan menyabet medali emas usai menaklukkan China pada babak final dengan skor 3-1. Tahun ini, tim putri Jepang kembali terjun di Asian Games 2022 sebagai juara bertahan sekaligus unggulan ketiga.

3. Tunggal putra: Jonatan Christie (Indonesia)

Daftar Juara Bertahan Bulu Tangkis Asian Games, Ada Wakil Indonesia!Jonatan Christie (twitter.com/INABadminton)

Jonatan Christie, sang wakil tuan rumah sukses merengkuh medali emas Asian Games 2018. Kemenangannya kala itu begitu fenomenal karena ia merupakan salah satu pemain nonunggulan. Jojo menyabet medali emas selepas menumpas unggulan keempat asal Taiwan, Chou Tien Chen, pada babak final dengan skor 21-18, 20-22, dan 21-15. Pada Asian Games 2022 Jojo akan kembali menjadi wakil tunggal putra Indonesia baik di nomor beregu maupun individu.

4. Tunggal putri: Tai Tzu Ying (Taiwan)

Daftar Juara Bertahan Bulu Tangkis Asian Games, Ada Wakil Indonesia!Tai Tzu Ying (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Taiwan rebut satu medali emas cabor bulu tangkis Asian Games 2018 lewat tunggal putri andalannya, Tai Tzu Ying. Ia saat itu memang menjadi salah satu favorit untuk meraih medali emas karena diunggulkan di posisi pertama. Tai Tzu Ying memastikan medali emas Asian Games pertamanya setelah memenangkan laga final kontra wakil India, Pusarla Venkata Sindhu, dengan skor 21-13 dan 21-16. Tai Tzu Ying masih menjadi andalan Taiwan untuk mendulang emas di Asian Games 2022. Ia akan turun di nomor beregu dan individu. 

Baca Juga: Sejarah Kurash, Olahraga Tradisional yang Masuk Asian Games

5. Ganda putra: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Indonesia)

Daftar Juara Bertahan Bulu Tangkis Asian Games, Ada Wakil Indonesia!Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (twitter.com/INABadminton)

Selain dari sektor tunggal putra, Indonesia sebagai tuan rumah juga sukses menyabet medali emas dari sektor ganda putra. Medali emas tersebut dipersembahkan oleh Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang saat itu diunggulkan di posisi pertama. Marcus/Kevin memastikan medali emas usai memenangkan laga sengit atas kompatriotnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, pada babak final dengan skor 13-21, 21-18 dan 24-22. Sayangnya, mereka harus absen di Asian Games 2022. Kali ini, ganda putra Indonesia akan diwakili oleh Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

6. Ganda putri: Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China)

Daftar Juara Bertahan Bulu Tangkis Asian Games, Ada Wakil Indonesia!Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Sektor ganda putri dikuasai oleh wakil China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Meski hanya diunggulkan di posisi ketiga, Chen/Jia mampu melaju jauh hingga menyabet medali emas. Chen/Jia naik podium tertinggi usai memenangkan laga final kontra Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi dengan skor tipis 22-20 dan 22-20. Chen/Jia siap mempertahankan gelar juaranya di Asian Games 2022. Mereka akan turun di nomor beregu dan individu. 

7. Ganda campuran: Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China)

Daftar Juara Bertahan Bulu Tangkis Asian Games, Ada Wakil Indonesia!Zheng Si Wei dan Huang Ya Qiong (bwfworldchampionships.bwfbadminton.com)

Tak berhenti di nomor beregu putra dan ganda putri saja, China juga sukses memenangkan medali emas di nomor ganda campuran. Medali emas tersebut disumbangkan oleh Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong yang mengalahkan wakil Hong Kong pada babak final. Mereka menang dengan skor 21-8 dan 21-15 atas Tang Chun Man/Tse Ying Suet. Pada Asian Games 2022, Zheng/Huang akan kembali menjadi andalan China untuk merebut medali emas.

Juara bertahan sektor ganda putra menjadi satu-satunya juara bertahan yang absen di Asian Games 2022. Sementara itu, juara bertahan lainnya akan kembali berjuang mempertahankan medali emasnya.

Baca Juga: 5 Perbedaan Asian Games dan SEA Games, Jangan Terbalik

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya