Persiapan PON XXI, Ribuan Atlet Sepatu Roda Tanding di Meikarta Bekasi

Terdapat 69 klub dari Indonesia mengikuti GWIS Open 2024

Intinya Sih...

  • Ribuan atlet sepatu roda dari seluruh Indonesia mengikuti kejuaraan GWIS Open 2024 di Central Park Meikarta dan International Skating Arena Grand Wisata, Kabupaten Bekasi.
  • Kejuaraan diikuti oleh lebih dari 1.100 atlet dari 69 klub di Indonesia, serta perwakilan dari Australia dan India, dengan berbagai kategori perlombaan.
  • Kejuaraan ini menjadi persiapan atlet untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, serta menjadi ajang untuk menjaring bibit-bibit muda atlet sepatu roda.

Bekasi, IDN Times - Ribuan atlet sepatu roda yang berasal dari seluruh Indonesia mengikuti kejuaraan Grand Wisata Inline Skate (GWIS) Open 2024, yang digelar di arena Central Park (CP) Meikarta, Cikarang dan di International Skating Arena Grand Wisata, Kabupaten Bekasi. 

Kejuaraan itu telah berlangsung selama tiga hari, dari Jumat (28/6/2024) hingga Minggu (30/6/2024). Kejuaraan itu juga diikuti oleh perwakilan negara Australia dan India. 

Presiden Direktur Meikarta Indra Azwar mengatakan, pihaknya mendukung penuh kejuaraan yang dapat memunculkan atlet kebanggaan Indonesia. Dia juga merasa senang, sebab Meikarta semakin menjadi tempat favorit berbagai kejuaraan olahraga, baik berskala regional, nasional, bahkan internasional.

"Kami mendukung penuh event internasional ini, demi melahirkan bibit-bibit atlet handal Indonesia," katanya melalui keterangan tertulis, dikutip Selasa (2/7/2024). 

Baca Juga: Atlet Sepatu Roda Sumut Berlatih di Luar Daerah Jelang PON 2024

1. Terdapat 69 klub dari Indonesia

Persiapan PON XXI, Ribuan Atlet Sepatu Roda Tanding di Meikarta BekasiRibuan Atlet Sepatu Roda Ikuti Kejuaraan Nasional di Meikarta. (Dokumen Meikarta)

Diketahui, kategori sepatu roda yang diperlombakan yakni Speed Dual TT 200 Meter, Speed 500 Meter, standard 1000 Meter, Standard 500 M, Relay Standard, Relay Speed 3000 M, Marathon, Pemula 100 M, dan Pemula 200 M. 

Indra juga mengatakan, kejuaraan GWIS Open 2024 diikuti lebih dari 1.100 atlet yang berasal dari 69 klub yang ada di seluruh Indonesia. 

"Ini karena Central Park Meikarta juga dapat menampung 20 ribu pengunjung, dan pada bulan ini akan terselenggara event 'D1 Grand Prix Indonesia' (D1 GP Indonesia) dan 'Meikarta Run 2024' yang bakal diikuti juga ratusan peserta," jelas Indra. 

2. GWIS Open juga sebagai sarana persiapan PON

Persiapan PON XXI, Ribuan Atlet Sepatu Roda Tanding di Meikarta BekasiRibuan Atlet Sepatu Roda Ikuti Kejuaraan Nasional di Meikarta. (Dokumen Meikarta)

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana GWIS Open 2024, Budi Nur Yaenudin mengatakan, kejuaraan itu juga dapat dimanfaatkan oleh atlet untuk mempersiapkan dirinya mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

"Kejuaraan sepatu roda tingkat nasional ini diikuti 69 klub dari seluruh provinsi di Indonesia, lalu ada juga dari luar negeri Australia dan India. Jadi sebelum ada PON persiapan dan evaluasi di sini," kata Budi. 

3. Menjaring atlet muda

Persiapan PON XXI, Ribuan Atlet Sepatu Roda Tanding di Meikarta BekasiRibuan Atlet Sepatu Roda Ikuti Kejuaraan Nasional di Meikarta. (Dokumen Meikarta)

Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Poserosi) Jawa Barat, Abdul Haris Sugondo menambahkan, kejuaraan ini dapat menjaring bibit-bibit muda atlet sepatu roda, sekaligus latihan bersama seluruh pengurus provinsi menjelang PON XXI.

"Saya sangat berbahagia penyelenggaraan sepatu roda GWIS Open 2024 ini mendapat antusiasme luar biasa dari peserta. Kita mengharapkan dari hasil kejuaraan bisa mendapat generasi-generasi muda penerus yang punya mental prestasi dan juara yang luar biasa," jelas Haris.

"Jadi, di sini melatih mental dan fisik serta persiapan lainnya. Sehingga semoga kita meraih hasil yang luar biasa nanti," tambah Haris.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya