Yayuk Basuki Mau PON Jadi Ajang Cari Permata di Cabang Olahraga Tenis

Yayuk menemukan atlet putri berkualitas

Jakarta, IDN Times - Kontingen Jawa Timur menggondol semua medali emas di cabang olahraga tenis PON XX Papua 2021. Cabang olahraga ini pun resmi merampungkan pertandingannya di pesta olahraga akbar terelite nasional.

Legenda hidup tenis Indonesia, Yayuk Basuki, mengaku cukup senang melihat pemain-pemain muda yang menunjukkan potensinya di cabang olahraga tenis. Menurut dia, mereka punya potensi menjadi tulang punggung Indonesia dalam ajang internasional di masa yang akan datang.

“Pertama-tama, saya ingin mengapresiasi gelaran yang luar biasa ini. PON ini betul-betul bisa dipergunakan sebagai event untuk pembinaan pemain-pemain pelapis untuk tim elite nasional,” kata perempuan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Olahraga Indonesia (KONI) Pusat itu, kepada IDN Times

1. Ingin PON melahirkan bibit unggul di tenis

Yayuk Basuki Mau PON Jadi Ajang Cari Permata di Cabang Olahraga TenisAtlet Jatim mendominasi cabang olahraga tenis di PON XX Papua 2021. (IDN Times/Tata Firza).

Menyaksikan laga final secara langsung, Yayuk antusias dengan pemain muda yang tampil cukup menjanjikan. Dia menyebut spesifik di kategori putri. Menurutnya, Aldila Sutjiadi kini sudah dapat teman yang kualitasnya bisa bersaing dengan senior-seniornya.

“Kalau secara keseluruhan memang, saya masih lihat pemain-pemain, yang maksudnya bukan angkatan berumur, yang senior ini harus ada pelapis agar bisa siap. Ini harus dihidupkan lagi secara nasional,” ujar eks Olimpian ini.

“Mudah-mudahan dari sini bisa lahir pemain baru. Beberapa sudah lihat ada kategori putri juga, seperti Priska Madelyn Nugroho, ada juga seniornya Aldila di final. Dua-duanya anak-anak muda. Jadi mereka harusnya jadi generasi selanjutnya,” lanjut dia.

Baca Juga: 8 Potret Jawa Timur Tampil Menggila di Cabor Tenis PON XX Papua

2. Tak ada atlet Jatim yang gagal meraih emas satu nomor pun

Yayuk Basuki Mau PON Jadi Ajang Cari Permata di Cabang Olahraga TenisJawa timur meraih medali emas di tujuh nomor tenis yang dipertandingkan di PON XX Papua. (IDN Times/Tata Firza).

Emas pertama cabang olahraga ini dipersembahkan petenis muda nomor tunggal putra, Rifqi Fitriadi. Lalu, ada Aldila Sutjiadi menyumbangkan emas kedua pada nomor perorangan untuk arek-arek Jawa Timur. Ia mengalahkan junironya, Priska Madelyn Nugroho, yang tampil mewakili Papua.

Emas ganda putra juga disabet Christopher Rungkat/David Susanto. Mereka juga mampu menumpas perlawanan wakil Papua Barat, Achad Imam Ma’ruf/Tio Juliandi Hutauruk dua set langsung 6-2, 6-3.

Sementara, nomor ganda putri, berhasil meraih emas lewat Beatrice Gumulya/Jessie Rompies.

3. Ganda campuran mempertandingkan all jatim final

Yayuk Basuki Mau PON Jadi Ajang Cari Permata di Cabang Olahraga TenisJawa timur meraih medali emas di tujuh nomor tenis yang dipertandingkan di PON XX Papua. (IDN Times/Tata Firza).

Pada nomor terakhir, yakni ganda campuran, All Jatim Final memastikan Jawa Timur merebut seluruh medali emas yang diperebutkan di cabang olahraga tenis PON XX. Pasangan Christopher/Aldila bentrok dengan koleganya Beatrice/Anthony.

Duel keduanya pun berakhir dengan kemenangan Christopher/Aldila. Keduanya berhasil menghentikan perlawanan Beatrice/Anthony dua set langsung, yakni 7-5, 6-2.

Hasil ini membuat Jatim tak tersentuh dalam cabang olahraga tenis PON XX Papua. Mereka berhasil menyapu bersih seluruh medali emas yang dipertandingkan di nomor beregu maupun perorangan.

Baca Juga: Sapu Bersih Emas Tenis, Jatim Posisi 2 Klasemen PON XX Papua

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya