5 Rekor Michael Schumacher yang Sulit Dipecahkan

Max Verstappen berpotensi pecahkan salah satunya

Michael Schumacher merupakan salah satu pembalap terbaik dalam sejarah Formula 1. Koleksi 7 gelar juara dunia dan 91 kemenangan menjadi bukti nyata kehebatan pembalap asal Jerman tersebut.

Schumacher juga punya deretan rekor impresif yang hingga kini belum mampu dipecahkan pembalap lain. Namun, salah satu rekornya sepertinya bisa disamai atau bahkan diungguli Max Verstappen pada 2022.

Meski sudah cukup lama pensiun dari dunia balap Formula 1, Kelima rekor milik Michael Schumacher ini masih belum ada yang mampu memecahkannya.

1. Juara dunia beruntun terbanyak

5 Rekor Michael Schumacher yang Sulit DipecahkanMichael Schumacher (formula1.com)

Michael Schumacher bersanding dengan Lewis Hamilton sebagai pemegang gelar juara dunia terbanyak, yakni tujuh kali. Namun, Schumacher masih memegang rekor juara dunia beruntun terbanyak dalam sejarah Formula 1.

Ia pernah memborong lima gelar juara dunia secara beruntun pada 2000—2004 bersama Ferrari. Sementara itu, catatan terbaik Hamilton adalah empat kali juara dunia beruntun dari 2017—2020. Rekor ini sepertinya akan bertahan cukup lama, karena para pembalap harus bisa konsisten dalam waktu yang lama.

2. Kemenangan terbanyak dalam semusim

5 Rekor Michael Schumacher yang Sulit DipecahkanMichael Schumacher (formula1.com)

Musim 2004 merupakan salah satu musim terbaik Michael Schumacher. Ia menjadi juara dunia untuk ketujuh kalinya.

Dengan mobil Ferrari F2004, Schumacher berhasil meraih 13 kemenangan sepanjang musim tersebut. Bahkan, Schumacher berhasil naik podium sebanyak 15 kali dari 18 seri musim itu.

Sebenarnya, rekor ini sudah berhasil disamai oleh Sebastian Vettel yang melakukannya pada 2013. Kala itu Vettel sanggup meraih 13 kemenangan dari 19 seri, termasuk 9 kemenangan secara beruntun.

Meskipun kedengarannya cukup sulit untuk dilewati, rekor ini berpotensi dipecahkan oleh Max Verstappen pada 2022. Ia saat ini sudah punya 12 kemenangan di tangan dengan sisa 4 balapan.

Baca Juga: 5 Kemenangan Michael Schumacher di Formula 1 GP Italia

3. Kemenangan terbanyak di GP Prancis

5 Rekor Michael Schumacher yang Sulit DipecahkanMichael Schumacher (formula1.com)

Jika ditanya seri mana yang paling disukai oleh Michael Schumacher, mungkin jawabannya adalah GP Prancis. Bagaimana tidak, Schumacher berhasil menorehkan 8 kemenangan di GP Prancis sepanjang kariernya di Formula 1.

Schumacher menjadi yang tercepat di Sirkuit Magny Cours pada 1994, 1995, 1997, 1998, 2001, 2002, 2004, dan 2006. Lewis Hamilton juga punya catatan serupa yang ia lakukan di GP Hungaria dan Inggris.

4. Fastest lap terbanyak

5 Rekor Michael Schumacher yang Sulit DipecahkanMichael Schumacher (formula1.com)

Satu rekor yang sepertinya akan sulit dipecahkan oleh pembalap lain adalah fastest lap terbanyak dalam sejarah Formula 1. Dari 306 balapan yang ia lakoni, Schumacher berhasil membuat 77 fastest lap.

Sementara itu, Lewis Hamilton menjadi peringkat kedua dengan 61 fastest lap dan Kimi Raikkonen dengan 46 fastest lap menghuni posisi ketiga. Juara dunia 2022, Max Verstappen, baru memiliki 21 fastest lap.

5. Hattrick kemenangan terbanyak

5 Rekor Michael Schumacher yang Sulit DipecahkanMichael Schumacher (formula1.com)

Meraih kemenangan di Formula 1 bukanlah hal yang mudah, apalagi jika berhasil meraih hattrick kemenangan. Namun, Michael Schumacher mampu melakukannya sebanyak 22 kali.

Selain Schumacher, hanya Lewis Hamilton dan Jim Clark yang melakukan hal tersebut lebih dari sepuluh kali. Melihat sulitnya meraih hattrick di Formula 1, sepertinya rekor ini akan bertahan cukup lama.

Michael Schumacher punya beberapa rekor yang begitu impresif di Formula 1. Bahkan, kelima rekor tersebut sepertinya akan bertahan cukup lama.

Baca Juga: 5 Momen Tak Terlupakan Michael Schumacher di Formula 1 GP Belgia

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya