6 Pembalap Formula 1 Ini Meraih Podium Pertamanya di GP Australia

Jadi momen tak terlupakan bagi mereka

GP Australia sudah masuk ke kalender Formula 1 sejak 1985. Cukup sering menjadi seri pembuka, GP Australia menjadi saksi bagi beberapa pembalap yang meraih podium pertama mereka.

Meskipun para pembalap itu kemudian mendapat banyak podium dalam kariernya, podium pertama selalu terasa spesial. Berikut enam pembalap Formula 1 yang meraih podium pertama mereka di GP Australia.

1. Jacques Villeneuve

6 Pembalap Formula 1 Ini Meraih Podium Pertamanya di GP AustraliaJacques Villeneuve (formula1.com)

Pada 1996, Williams menggaet juara IndyCar, Jacques Villeneuve, untuk berduet dengan Damon Hill. Pilihan tersebut tak salah karena Villeneuve berhasil mengunci pole position pada balapan pertamanya di Sirkuit Albert Park.

Bahkan, pembalap asal Kanada tersebut sempat memimpin selama 50 lap sebelum kebocoran oli membuat posisi pertama jatuh ke tangan Hill. Debut Villeneuve di Formula 1 diakhiri sebagai runner-up.

2. Kimi Raikkonen

6 Pembalap Formula 1 Ini Meraih Podium Pertamanya di GP AustraliaKimi Raikkonen (formula1.com)

Tampil apik pada musim debutnya bersama Sauber membuat McLaren menunjuk Kimi Raikkonen sebagai pengganti dua kali juara dunia, Mika Hakkinen, pada 2002. Raikkonen pun menjawab kepercayaan McLaren dengan torehan podium ketiga pada balapan debutnya di GP Australia.

Setelah itu, pembalap asal Finlandia tersebut menjadi bintang baru McLaren. Ia beberapa kali bersaing ketat dengan Michael Schumacher untuk memperebutkan gelar juara dunia. Podium tersebut juga merupakan 1 dari 103 podium yang diraih Raikkonen sepanjang kariernya.

3. Lewis Hamilton

6 Pembalap Formula 1 Ini Meraih Podium Pertamanya di GP AustraliaLewis Hamilton (formula1.com)

Lewis Hamilton merupakan salah satu debutan terbaik dalam sejarah Formula 1. Tampil untuk McLaren pada 2007, ia langsung menunjukkan kemampuannya dengan raihan podium kedua di GP Australia.

Hamilton bahkan mengasapi rekan setimnya yang dua kali juara dunia, Fernando Alonso. Ia sukses berada di atas podium dalam 9 balapan pertamanya, termasuk 2 kemenangan. Pada akhir musim, ia hanya berselisih satu poin dari sang juara dunia, Kimi Raikkonen.

Baca Juga: Lance Stroll Terkejut dengan Sikap Charles Leclerc soal GP Australia

4. Nico Rosberg

6 Pembalap Formula 1 Ini Meraih Podium Pertamanya di GP AustraliaNico Rosberg (formula1.com)

Selama kariernya di Formula 1, Nico Rosberg telah meraih 57 podium. Debut pada 2006, ia harus menunggu selama 2 musim untuk meraih podium pertamanya. GP Australia 2008 menjadi saksi ketika Rosberg membawa Williams finis di posisi ketiga.

Musim itu sebenarnya bukan musim yang bagus bagi Rosberg. Pada akhir musim, ia hanya finis di urutan ke-13 dengan koleksi 17 poin. Rosberg mulai langganan berada di atas podium ketika bergabung dengan Mercedes hingga bisa menjadi juara dunia pada 2016.

5. Vitaly Petrov

6 Pembalap Formula 1 Ini Meraih Podium Pertamanya di GP AustraliaVitaly Petrov (twitter.com/vitalypetrov)

Vitaly Petrov merupakan pembalap asal Rusia pertama yang tampil di Formula 1. Selama 3 musim berada di lintasan pada 2010—2012, Petrov hanya sekali tampil di atas podium, tepatnya di GP Australia 2011 saat membela Lotus.

Mengawali balapan dari posisi keenam, Petrov mulai merangsek ke depan hingga akhirnya finis ketiga di belakang Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton. Sayang, momen tersebut tak lagi terulang hingga ia meninggalkan Formula 1.

6. Kevin Magnussen

6 Pembalap Formula 1 Ini Meraih Podium Pertamanya di GP AustraliaKevin Magnussen (formula1.com)

Ditunjuk menggantikan Lewis Hamilton yang hengkang ke Mercedes pada 2014, Kevin Mangussen langsung meraih podium pada balapan pertamanya. Pembalap asal Denmark tersebut sukses mengunci posisi kedua GP Australia 2014 di belakang Nico Rosberg.

Meski debutnya berlangsung gemilang, penampilannya yang tak konsisten membuat McLaren tak memperpanjang kontraknya. Hingga saat ini, itu merupakan satu-satunya podium yang diraih pembalap yang kini membela Haas tersebut.

Podium pertama pastinya terasa berbeda dan tak akan pernah dilupakan oleh sang pembalap. Itu termasuk keenam pembalap di atas yang meraih podium perdana mereka di GP Australia.

Baca Juga: Yuki Tsunoda Tak Puas meski Meraih Poin di GP Australia 2023

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya