7 Pembalap Ferrari yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP Kanada

Michael Schumacher yang terbanyak

GP Kanada pertama kali menjadi tuan rumah Formula 1 pada 1967. Sejak saat itu, GP Kanada tercatat jarang sekali absen menggelar balapan. GP Kanada hanya absen pada 1975, 1987, 2009, 2020, dan 2021. Sebelum digelar di Sirkuit Gilles Villeneuve, Sirkuit Mosport dan Sirkuit Mont-Tremblant lebih dulu menjadi tuan rumah GP Kanada.

Ferrari menjadi salah satu tim tersukses di GP Kanada. Tim yang bermarkas di Maranello, Italia, tersebut tercatat sudah meraup 12 kemenangan. Jumlah tersebut hanya kalah dari McLaren yang memiliki satu kemenangan lebih banyak. Terakhir kali Ferrari menjadi juara GP Kanada terjadi pada 2018 melalui Sebastian Vettel. Termasuk Vettel, berikut tujuh pembalap Ferrari yang pernah menjuarai GP Kanada.

1. Jacky Ickx menjadi pembalap Ferrari pertama yang menjuarai GP Kanada

7 Pembalap Ferrari yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP KanadaJacky Ickx (twitter.com/F1)

Jakcy Ickx menjadi pembalap Ferrari pertama yang berhasil menjuarai GP Kanada. Pembalap asal Belgia tersebut berhasil menjadi yang terdepan di Sirkuit Mont-Tremblant pada 1970. Ickx menjadi pembalap pertama yang mampu meraih kemenangan beruntun di GP Kanada. Semusim sebelumnya, Ickx melakukan hal serupa bersama Brabham.

Ickx mengawali balapan dari posisi kedua di belakang Jackie Stewart yang mengendarai Tyrrell. Sempat berada cukup lama di belakang Stewart, Ickx akhirnya berhasil mengambil alih pimpinan balapan setelah Stewart mengalami masalah mesin pada lap ke-32. Setelah itu, Ickx tak tegoyahkan hingga menyentuh garis finis.

2. Gilles Villeneuve menjadi satu-satunya pembalap tuan rumah yang juara di GP Kanada

7 Pembalap Ferrari yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP KanadaGilles Villeneuve (formula1.com)

Sejak 1968, hanya terdapat satu pembalap tuan rumah yang pernah menjuarai GP Kanada, yakni Gilles Villeneuve. Kemenangan tersebut diraih Villeneuve bersama Ferrari pada 1978. Menariknya, itu juga merupakan kemenangan pertama Villeneuve di Formula 1.

GP Kanada 1978 merupakan balapan perdana yang diadakan di Sirkuit Ile Notre-Dame. Sirkuit tersebut kemudian diganti menjadi Sirkuit Gilles Villeneuve pada 1982 untuk menghormati Villeneuve yang meninggal dunia di GP Belgia pada tahun yang sama. Hingga saat ini, belum ada pembalap Kanada lain yang mampu menjadi juara di Sirkuit Gilles Villeneuve.

3. Rene Arnoux mendominasi GP Kanada 1983

7 Pembalap Ferrari yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP KanadaRene Arnoux (twitter.com/F1)

Rene Arnoux mengoleksi tujuh kemenangan selama berkarier di Formula 1 pada 1978--1989. Jumlah tersebut membuatnya menjadi pembalap Prancis dengan kemenangan terbanyak kedua di bawah Alain Prost. Salah satu kemenangan tersebut datang di GP Kanada 1983 bersama Ferrari.

Arnoux sudah menunjukkan dominasinya di Sirkuit Gilles Villeneuve dengan menyabet pole position. Modal apik tersebut berhasil ia teruskan pada saat balapan dengan raihan kemenangan. Sementara itu, posisi kedua dan ketiga masing-masing diisi Eddie Cheever dan Patrick Tambay.

Baca Juga: 12 Potret Mesra Pebalap F1 Bersama Pasangan Mereka

4. Michele Alboreto juara pada 1985

7 Pembalap Ferrari yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP KanadaMichele Alboreto (formula1.com)

Michele Alboreto memulai GP Kanada 1985 dari posisi ketiga di belakang duo Renault, Elio de Angelis dan Ayrton Senna. Alboreto kemudian berhasil menyalip kedua pembalap tersebut untuk memimpin jalannya balapan. Ia mampu mempertahankan posisi tersebut hingga akhir balapan untuk meraih kemenangan.

Kemenangan tersebut semakin lengkap bagi Ferrari setelah Steffan Johansson merebut posisi kedua. Sementara itu, podium ketiga diraih pembalap Renault, Alain Prost. Itu merupakan satu-satunya kemenangan yang diraih pembalap asal Italia tersebut di GP Kanada.

5. Jean Alesi meraih satu-satunya kemenangan di GP Kanada 1995

7 Pembalap Ferrari yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP KanadaJean Alesi menjuarai GP Kanada 1995. (formula1.com)

Jean Alesi harus menunggu cukup lama untuk meraih kemenangan sejak pertama kali debut di Formula 1 bersama Tyrrell pada 1989. Pembalap asal Prancis tersebut baru bisa meraih kemenangan di GP Kanada 1995 bersama Ferrari. Itu juga merupakan satu-satunya kemenangan yang diraih Alesi di Formula 1.

GP Kanada 1995 sebenarnya didominasi oleh Michael Schumacher yang mengawali balapan dari pole position. Namun, jelang akhir balapan, pembalap asal Jerman tersebut mengalami masalah gearbox. Hal itu membuat Alesi bisa mencuri posisi terdepan untuk meraih kemenangan.

Momen unik terjadi setelah Alesi melintasi garis finis. mobilnya kehabisan bahan bakar yang membuatnya menumpang ke mobil Benetton milik Schumacher hingga parc ferme. Itu menjadi salah satu momen paling ikonik dalam sejarah Formula 1.

6. Michael Schumacher menjadi pembalap tersukses di GP Kanada

7 Pembalap Ferrari yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP KanadaMichael Schumacher (formula1.com)

Michael Schumacher menjadi pembalap tersukses di GP Kanada dengan raihan tujuh kemenangan. Jumlah tersebut sama dengan yang diraih oleh Lewis Hamilton. Menariknya, Schumacher meraih 6 dari 7 kemenangan tersebut bersama Ferrari pada 1997, 1998, 2000, 2002, 2003, dan 2004. Sementara itu, satu kemenangan lain diraih bersama Benetton pada 1994.

Kemenangan yang diraih Schumacher pada 2003 menjadi salah satu yang paling menarik. Hal itu karena posisi kedua diisi oleh sang adik, Ralf Schumacher. Kejadian serupa juga pernah terjadi pada 2001, tetapi kali itu Ralf yang meraih kemenangan. Keduanya masih menjadi satu-satunya saudara yang pernah finis 1-2 di Formula 1.

7. Sebastian Vettel menggapai puncak podium GP Kanada 2018

7 Pembalap Ferrari yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP KanadaSebastian Vettel menjuarai GP Kanada 2018. (formula1.com)

Setelah kemenangan Schumacher pada 2004, Ferrari harus menunggu cukup lama untuk kembali meraih kemenangan di GP Kanada. Mereka baru kembali ke puncak podium pada 2018 melalui Sebastian Vettel. Tampil dari pole position, pembalap asal Jerman tersebut tak tergoyahkan hingga menyentuh garis finis.

Bagi Vettel itu merupakan kemenangan keduanya di Sirkuit Gilles Villeneuve. Sebelumnya, ia pernah merasakan hal serupa pada 2013 ketika masih bersama Red Bull. Vettel menjadi pembalap keempat setelah Jacky Ickx, Nelson Piquet, Michael Schumacher, dan Lewis Hamilton yang mampu menjuarai GP Kanada bersama dua tim berbeda.

Ketujuh pembalap di atas mampu memberikan kemenangan bagi Ferrari di GP Kanada. Jika Charles Leclerc atau Carlos Sainz mampu menjadi juara pada 2024, Ferrari akan menyamai raihan kemenangan milik McLaren.

Baca Juga: Resmi ke Ferrari, 12 Perjalanan Karier Pebalap F1 Lewis Hamilton

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya